Susu dan Madu Manuka dari Selandia Baru yang Ramah Lingkungan

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 23 Okt 2021 18:00 WIB
Bahan Pangan Selendia Baru Berkualitas Tinggi dan Ramah Lingkungan Foto: Dok. NZTE
Jakarta -

Selandia Baru terkenal dengan panorama alamnya yang indah. Hasil pertaniannya juga dikenal berkualitas tinggi serta ramah lingkungan. Dari buah, susu hingga madu manuka.

Makanan bergizi seimbang dengan mutu yang tinggi kini menjadi pilihan banyak orang demi terciptanya pola hidup sehat. Salah satu negara yang menjaga kualitas bahan pangannya adalah Selandia Baru.

Selandia Baru menjamin kualitas bahan makanan yang mereka tawarkan dalam 5 panduan sempurna memilih bahan makanan. Mulai dari keamanan, kelezatan, kualitas premium, bernutrisi, serta etis.

Hal ini dapat tercipta karena Selandia Baru juga didukung dengan faktor kekayaan alam mereka, seperti tanah yang subur, udaranya sejuk, hingga kebersihan lautnya terjaga. Maka tak heran kalau seluruh bahan makanan yang mereka produksi bermutu tinggi.

Bahan Pangan Selendia Baru Berkualitas Tinggi dan Ramah LingkunganBahan Pangan Selendia Baru Berkualitas Tinggi dan Ramah Lingkungan Foto: Dok. NZTE

Baca Juga: Ngeri! Baker Ini Bikin Kue Bentuk Ular Piton Albino yang Mirip Aslinya

Makanan bermutu tinggi dari Selandia Baru tentunya tak hanya dapat dinikmati oleh warga lokal saja, tapi juga ke seluruh dunia. Sampai saat ini, bahan pangan dari Selandia Baru sudah diekspor ke 120 negara, termasuk Indonesia.

"Selandia Baru itu suatu negara yang sudah dipercaya untuk mengekspor produk makanan kita ke 120 negara. Dan semua barang yang sudah diekspor dari New Zealand (Selandia Baru) itu harus memenuhi keamanan ekspor dari negara-negara tersebut," ujar Diana Permana, Trade Commissioner for New Zealand Trade and Enterprise pada jumpa media (21/10).

Indonesia masuk ke dalam salah satu negara yang menjadi sasaran ekspor produk dari Selandia Baru. Paling banyak dari produk diary yang nilai ekspornya mencapai $611 juta (Rp 8,6 triliun).

Bahan Pangan Selendia Baru Berkualitas Tinggi dan Ramah LingkunganBahan Pangan Selendia Baru Berkualitas Tinggi dan Ramah Lingkungan Foto: Dok. NZTE

Produk diary atau produk olahan susu dari Selandia Baru memang dikenal dengan kualitasnya yang tinggi. Peternakan sapi perah di sana memang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitasnya.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bisa Bahayakan Kesehatan Jika Tak Diolah dengan Tepat

Terbukti kini produk susu dari Selandia Baru memiliki emisi karbon yang rendah, berkurang sebanyak 68%. Hal ini bisa didapatkan karena peternakan di Selandia Baru mengurangi logistik pakan ternak, jadi sapi-sapi mereka dibiarkan bebas makan dari rumput alami.

Selain produk susu, bahan pangan dari Selandia Baru yang dapat dinikmati adalah buah-buahannya yang terkenal segar. Seperti kiwi dan apel merah berukuran kecil. Buah-buahan yang diekspor oleh Selandia Baru ini juga yang telah terpilih kualitasnya.

Ada juga madu Manuka yang merupakan varietas madu unggulan dari Selandia Baru. Madu ini mengandung senyawa aktif yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Karenanya banyak yang mengonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh.

Bahan Pangan Selendia Baru Berkualitas Tinggi dan Ramah LingkunganBahan Pangan Selendia Baru Berkualitas Tinggi dan Ramah Lingkungan Foto: detiKFood

Madu Manuka ternyata tak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, tapi bisa diolah bersama makanan lain. Seperti camilan berama Chocolate Honey Kumara yang dibuat oleh Chef Norman Ismail.

Camilan ini terbuat dari ubi merah yang dicampurkan madu Manuka. Ditambahkan tepung sagu, kemudian dibentuk menjadi bola kecil dan diberi isian cokelat. Bola-bola ubi buatan Chef Norman Ismail ini bisa camilan sehat yang enak. Produk-produk Selandia Baru dapat ditemui di banyak supermarket di Indonesia

Baca Juga: Mengapa Orang Kecanduan Minum Kopi ? Ini Alasannya Menurut Ahli



Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Sate Taichan Terenak di Cengkareng"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com