Fast Food Kaki Lima

Burger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang Berlin

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 23 Okt 2021 11:00 WIB
Burger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang Berlin Foto: detikcom
FOKUS BERITA Fast Food Kaki Lima
Jakarta -

Tak kalah dengan burger di restoran ternama, burger di gerobakan kaki lima ini juga punya cita rasa yang khas. Resepnya diadaptasi dari Jerman.

Di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan kamu akan menemukan gerai burger kaki lima. Gerainya berupa gerobak yang diberi nama Berliner Imbiss yang diambil dari bahasa Jerman.

Dalam bahasa Jerman, 'Berliner' berarti orang Berlin, sementara 'imbiss' berarti warung. Jadi, Berliner Imbiss artinya merupakan warung orang Berlin.

Baca Juga: Burger Bener : Cukup Rp 13 Ribu Bisa Makan Burger Enak di Sini

Burger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang BerlinBurger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang Berlin Foto: detikcom

Nama itu diambil karena sang pendiri Berliner Imbiss bernama Wibowo pernah kuliah di Berlin, Jerman. Sejak saat itulah ia terinspirasi untuk mendirikan gerai burger kaki lima dengan resep yang diadaptasi dari Jerman.

Berliner Imbiss kini diteruskan oleh Ali yang masih satu keluarga dengan Wibowo. Kepada detikcom (21/10) Ali menceritakan bahwa Berliner Imbiss sudah ada sejak tahun 1989.

Sejak dulu hingga sekarang gerainya selalu buka di kawasan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Awalnya Berliner Imbiss berdiri dengan menggunakan food truck.

Burger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang BerlinBurger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang Berlin Foto: detikcom

"Dulu pakai food truck mangkal di sini, tapi sekarang mobilnya habis jadi pakai gerobak," ujar Ali.

Mangkal di tengah-tengah komplek membuat suasananya lebih nyaman dan sejuk, karena gerobak Berliner Imbiss mangkal di bawah pohon besar, tepatnya di belakang SMPN 12.

Sebelumnya Berliner Imbiss memiliki dua gerai yang satunya berlokasi di Jalan Pati Unus. Namun, karena tidak ada karyawan akhirnya memutuskan untuk menutup cabang tersebut.

Resep ala Berlin, Jerman itu dilakukan dengan menambahkan bumbu kari bubuk pada menu-menunya. Salah satu menu yang menjadi andalan Curry Sausage plus French Fries (Rp 20.000).

Burger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang BerlinBurger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang Berlin Foto: detikcom


Menu tersebut seperti ala-ala menu platter yang berisikan sosis yang dipotong-potong, kentang goreng, selada dan timun. Kemudian diberi saus, mayonaise dan kari bubuk.

Kari bubuk itu sangat berperan menambah aroma dan rasanya. Aroma karinya sangat kuat dan terasa dalam gigitan pertama. Penambahan kari bubuk itulah yang membuat burger dari Berliner Imbiss berbeda dengan burger kaki lima lainnya.

Selain itu juga ada menu Cheese Burger (Rp 18.000). Yang menarik dari menu ini adalah pattynya yang ternyata dibuat secara homemade. Pattynya seperti daging cincang dengan aroma smokey yang khas.

Burger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang BerlinBurger Gerobakan Kaki Lima Ini Pakai Resep ala Orang Berlin Foto: detikcom

"Kita punya patty homemade, teksturnya juga juicy dan lembut. Kalau roti dan sosisnya itu kita ambil dari supplier," ujar Ali.

Untuk rotinya sendiri menggunakan roti biyosh dengan taburan biji wijen di atasnya. Teksturnya fluffy tetapi tidak hancur, selain itu ada sedikit rasa manis pada rotinya.

Kalau mampir, jangan lupa juga untuk memesan menu Jumbo Hotdog (Rp 18.000). Menu hotdog tersebut menggunakan sosis yang berukuran besar. Adanya bawang bombay yang ditumis memberikan rasa dan aroma tersendiri.

Sosisnya berukuran besar, teksturnya lembut dan ada aroma smokey yang khas. Rasa gurihnya berpadu sempurna saat diberikan kari bubuk yang menjadi ciri khas Berliner Imbiss.

Rasa yang unik dari menu-menu Berliner Imbiss membuat gerai ini menjadi langganan para artis ibu kota. Mulai dari Titi Kamal, Christian Sugiono dan Uya Kuya.

Berliner Imbiss
Jl. Wijaya IX (Belakang SLTPN 12)
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Instagram @berlinerimbiss
Jam buka: Senin - Sabtu (10.00 - 18.00 WIB)

Baca Juga: 5 Burger yang Enak dan Sedang Populer di Jakarta



Simak Video "Berliner Imbiss, Burger dan Hotdog Gerobakan Legendaris Sejak 1989"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Fast Food Kaki Lima

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com