Jelang Maulid Nabi Muhammad, Serabi di Kudus Diserbu Pembeli

Dian Utoro Aji - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 11:00 WIB
Jelang Maulid Nabi Muhammad, Serabi di Kudus Diserbu Pembeli Foto: Dian Utoro Aji
Kudus -

Penjual serabi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah laris manis menjelang hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Serabi buatan Arif ini banyak dicari orang untuk jajanan saat perayaan Maulid Nabi.

Berlokasi di Jalan Kudus - Jepara nomor 97 Kelurahan Purwosari Kecamatan Kota, penjual serabi ini mudah ditemukan. Di lokasi berjualan terdapat tulisan serabi Aminah sebagai penanda.

Penjual serabi, Arif Setiawan (49) mengaku berjualan serabi sudah sejak sekitar sepuluh tahun lalu. Kini usaha yang ditekuni oleh keluarganya sudah menjadi pilihan warga untuk mencari serabi di Kudus.

Jelang Maulid Nabi Muhammad, Serabi di Kudus Diserbu PembeliJelang Maulid Nabi Muhammad, Serabi di Kudus Diserbu Pembeli Foto: Dian Utoro Aji

"Kalau berjualan serabi sudah 10 tahun lebih. Anak saya juga jualan serabi di daerah pabrik di Kudus," terang Arif ditemui di lokasi, Senin (18/10/2021).

Arif mengaku saat menjelang hari raya Maulid Nabi Muhammad SAW, jajanan serabi banyak yang cari. Kata dia serabi digunakan sebagai jajanan saat peringatan maulid tersebut.

"Bulan maulid ramai, dibuat untuk acara pengajian. Setiap hari ada pesan 5 box (kotak) mulai maulid, hari ini juga banyak yang pesan," tutur dia.

Jelang Maulid Nabi Muhammad, Serabi di Kudus Diserbu PembeliJelang Maulid Nabi Muhammad, Serabi di Kudus Diserbu Pembeli Foto: Dian Utoro Aji

Menurutnya sepekan belakangan, adonan serabi di kedainya bisa habiskan 6 kilogram per hari. Padahal biasanya sehari hanya 3 kilogram adonan serabi.

Adapun pembuatan serabi milik Arif tidak jauh berbeda dengan umumnya. Serabi yang ditawarkan terdapat berbagai varian topping. Mulai keju, pisang, nangka, hingga kelapa muda.

"Varian isian inovasi sendiri, pisang nangka, keju, kelapa muda, dan lainnya," jelasnya.

Arif mematok satu porsi serabinya dengan harga Rp 20 ribu per bungkus. Setiap bungkus terdapat 10 biji serabi. Biasanya pembeli kata dia datang dari Jepara, Pati, hingga Demak.

Jelang Maulid Nabi Muhammad, Serabi di Kudus Diserbu PembeliJelang Maulid Nabi Muhammad, Serabi di Kudus Diserbu Pembeli Foto: Dian Utoro Aji

"Harga satu porsi Rp 20 ribu isi 10 biji. Pembeli mereka datang dari Kudus, Jepara, Demak, Pati," tutur dia.

Detikfood tertarik mencoba berbagai varian serabi di sini. Salah satunya varian cokelat. Rasanya gurih manis dan begitu nikmat, terlebih pembuatan serabi langsung setelah dipesan.

Pembeli perlu menunggu sekitar 3 menit untuk bisa mencicipi serabi buatan Arif. Pencinta serabi pastikan mencicipinya ya!

Simak video 'Peringati Maulid Nabi, Wapres Singgung Pembangunan SDM':

[Gambas:Video 20detik]



(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com