Bali Sustainable Food Festival Digelar, Hotel Ini Suguhkan Ikan Kerapu dan Pasta Udang Nikmat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 28 Sep 2021 18:45 WIB
Bali Sustainable Food Festival Digelar, Hotel Ini Suguhkan Ikan Kerapu dan Pasta Udang Nikmat Foto: COMO Hotels and Resorts
Bali -

Untuk pertama kalinya Bali Hotel Association Sustainable Food Festival digelar di pulau dewata. Dua resto hotel ini ikut berpartisipasi dengan menyuguhkan menu organik nikmat dan ramah lingkungan.

Seiring meningkatnya kesadaran akan pola hidup sehat dan ramah lingkungan, banyak orang kini beralih mengonsumsi makanan yang memenuhi kriteria tersebut. Selain itu, sosialisasi tentang pentingnya 'sustainability' atau 'keberlanjutan' akan sumber pangan juga terus digencarkan.

Salah satunya terlihat dari gelaran Bali Hotel Association Sustainable Food Festival untuk pertama kalinya. Di pulau dewata, festival ini berlangsung pada 27 September hingga 16 Oktober 2021.

Sebanyak 30 hotel yang tergabung dalam Bali Hotels Association (BHA) berpartisipasi dalam festival yang bertujuan mengurangi sampah makanan ini. Salah satu kegiatannya adalah menyajikan menu dengan konsep keberlanjutan dan ramah lingkungan.

Bali Sustainable Food Festival Digelar, Hotel Ini Suguhkan Ikan Kerapu dan Pasta Udang NikmatBali Sustainable Food Festival Digelar, Hotel Ini Suguhkan Ikan Kerapu dan Pasta Udang Nikmat Foto: COMO Hotels and Resorts

Menu tersebut berupa menu makan siang yang terdiri dari dua hidangan dengan harga maksimum Rp 200 ribu net per orang. Dan satu lagi adalah menu makan malam terdiri dari tiga hidangan, dengan harga maksimum Rp 350 ribu net per orang.

Seluruh menu harus dibuat dengan 100% bahan lokal Indonesia, minimal 75% menggunakan bahan makanan yang ditanam organik, menghormati prinsip-prinsip perdagangan yang adil, dan seluruh produk laut memiliki sertifikat keberlanjutan dan produk unggas bersertifikat free range yang berarti tidak dikandangkan.

Memeriahkan Bali Hotel Association Sustainable Food Festival, COMO Hotels and Resorts ikut berpartisipasi melalui dua gerainya yaitu COMO Beach Club di COMO Uma Canggu dan Uma Cucina di COMO Uma Ubud. Mereka menyajikan menu-menu berkonsep 'sustainability'.

COMO Beach Club yang lokasinya menghadap laut menawarkan two-course sharing set menu untuk dua orang yang masing-masing dibanderol Rp 180 ribu. Menu pertama adalah ikan goreng kerapu dengan saus asam, manis, dan pedas yang nikmat.

Menu kedua berupa dadar gulung. Kue tradisional ini dibuat lebih istimewa dengan penggunaan kelapa karamel dan sorbet pisang dengan kelapa. Menu ini semakin enak dinikmati bersama Sababay White Velvet seharga Rp 100 ribu per gelas.

Bali Sustainable Food Festival Digelar, Hotel Ini Suguhkan Ikan Kerapu dan Pasta Udang NikmatBali Sustainable Food Festival Digelar, Hotel Ini Suguhkan Ikan Kerapu dan Pasta Udang Nikmat Foto: COMO Hotels and Resorts

Lalu di Uma Cucina yang fokus menyajikan makanan Italia, pengunjung bisa menikmati two-course set menu yang dibanderol Rp 200 ribu per orang. Menu ini terdiri dari pasta tagliatelle gamberi dengan topping udang, tomat cherry, dan parsley.

Untuk menyempurnakan pengalaman bersantap, dessert tartlet menggunakan lemon ricotta dan strawberry akan disajikan. Supaya makin istimewa, pengunjung juga bisa menikmati wine Bali berkualitas di sini.

Kalau tertarik mencicipi rangkaian menu lokal, sehat, dan memiliki konsep berkelanjutan ini, kamu bisa mencicipinya langsung di Como Beach Club dan Uma Cucina. Kontak COMO Beach Club di WhatsApp +6281138209418 atau email ke dining.uma.canggu@comohotels.com. Kontak lainnya, Uma Cucina di WhatsApp +6282147324042 atau email ke dining.uma.ubud@comohotels.com.



Simak Video "Masak Masak: Resep Nasi Lawar Pakai Ayam Betutu"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com