Keren! Di Brebes Ada Warung Gratis yang Tawarkan Makan Sampai Kenyang

Imam Suripto - detikFood Sabtu, 25 Sep 2021 10:45 WIB
Keren! Di Brebes Ada Warung Gratis yang Tawarkan Makan Sampai Kenyang Foto: Imam Suripto
Brebes -

Sebuah warung makan gratis berdiri di pinggir jalan utama pantai utara Desa Kluwut, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah. Di warung ini semua orang boleh makan sepuasnya tanpa bayar alias gratis!

Warung ini dibangun dengan tenda layaknya warung pinggiran. Sebuah spanduk bertuliskan 'warung makan gratis' tampak jelas jika dibaca oleh siapapun yang melintas di jalur paling sibuk ini.

Warung gratis ini buka setiap hari mulai jam 9.00 sampai 17.00 WIB. Meski gratis, menu yang disajikan tidaklah murahan. Menu yang disajikan selalu berganti setiap harinya. Mulai dari gulai kambing, ayam kecap, ikan, telur dan aneka menu tambahan lain. Setiap hari, warung ini menyediakan sekitar 400 porsi makanan.

Keren! Di Brebes Ada Warung Gratis yang Tawarkan Makan Sampai KenyangKeren! Di Brebes Ada Warung Gratis yang Tawarkan Makan Sampai Kenyang Foto: Imam Suripto

Pemilik warung, Umar Sidiq (60) mengatakan, warung makan gratis ini merupakan amanat orang tua agar selalu memberi makan orang lain. Dari amanat itulah, sejak dua pekan kemarin dia mulai membuka warung gratis ini.

Selain itu, kata Umar, di masa pandemi ini, banyak orang yang kesusahan karena adanya PPKM. Paling tidak, lanjut dia, dengan warung ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi.

"Orang tua selalu pesan sering-sering lah memberi makan pada orang-orang karena tidak akan merugi. Setiap kali ada rezeki dilaksanakan amanat itu. Kalau warung ini dibuka sejak dua pekan lalu karena memang dampak pandemi ini sangat hebat. Makanya saya inisiatif untuk membuka warung untuk membantu warga yang mau makan," ujar Umar Sidiq ditemui detikcom di warungnya, Jumat (25/9/2021).

Keren! Di Brebes Ada Warung Gratis yang Tawarkan Makan Sampai KenyangKeren! Di Brebes Ada Warung Gratis yang Tawarkan Makan Sampai Kenyang Foto: Imam Suripto

Biaya warung makan gratis ini, lanjut Umar Sidiq, diambil dari keuntungannya sebagai pedagang. Uang hasil usaha toko obat pertanian, setelah diambil modal dan biaya karyawan, disisihkan sebagian untuk membeli bahan makanan.

Untuk menyajikan menu makanan sebanyak ratusan porsi ini, Umar Sidiq melibatkan beberapa karyawannya. Bahkan dia sendiri ikut terjun langsung memasak makanan yang akan dijajakan.

"Saya dibantu beberapa karyawan. Setiap hari masak tiga kali. Pagi, siang dan sore jam 15.00. Setelah pukul 17.00 warung kami tutup," terangnya.

Meski tiap hari mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit, sama sekali tidak mengganggu usahanya. Bahkan keuntungan usahanya makin bertambah setiap harinya. Maka dari itulah, warung ini akan terus dibuka selama dirinya masih hidup.

Keren! Di Brebes Ada Warung Gratis yang Tawarkan Makan Sampai KenyangKeren! Di Brebes Ada Warung Gratis yang Tawarkan Makan Sampai Kenyang Foto: Imam Suripto

"Tidak ada sedekah yang membuat orang jadi miskin. Saya buktinya, makanya saya janji warung ini akan terus ada selama saya hidup. Kalau bisa nanti anak-anak saya ada yang meneruskan," sambung Umar berharap.

Sejak dibuka, warung makan gratis ini sudah banyak memiliki pelanggan. Mereka kebanyakan tukang becak, pekerja proyek, sopir angkutan dan para petani.

Andri (36) salah seorang karyawan pabrik adalah salah satu pelanggan warung ini. Makan gratis ini, kata dia bisa menghemat biaya makan harian.

"Kalau makan gratis kan berarti bisa mengemat biaya makan. Jadi bisa buat keperluan keluarga," ucap dia.



Simak Video "Pepes Bluluk, Cita Rasa Pepes Tak Biasa dari Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com