ADVERTISEMENT

Dipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati Warga

Pradito Rida Pertana - detikFood
Sabtu, 25 Sep 2021 13:45 WIB
Dipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati Warga
Foto: detikcom/Pradito Rida Pertan

Hal tersebut menyebar dari mulut ke mulut dan banyak yang menghubungi Yuni untuk memesan susu kambing etawa. Untuk itu, dia mengaku pandemi ini menjadi berkah tersendiri baginya bahkan saat ini dia kewalahan memenuhi permintaan susu kambing tersebut.

"Karena pandemi ini malah kebutuhan susu meningkat, karena yang terkena COVID-19 ini membutuhkan susu ini malah sembuh," katanya.

Menurut Yuni, dengan 25 kambing etawa dalam sehari setiap indukan mampu menghasilkan 1,5-2 liter susu segar. Waktu pemerahan dilakukan saat pagi hari dan sore hari.

Dipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati WargaDipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati Warga Foto: detikcom/Pradito Rida Pertan

"Ketika diolah menjadi susu setiap satu liternya hingga dua liter dan setiap liter bisa menjadi sekitar empat botol kemasan dengan ukuran 250 mililiter," katanya.

Sedangkan untuk menghilangkan aroma susu kambing yang cenderung amis, maka susu diberi rasa seperti stroberi, melon, coklat, jeruk, durian, pisang susu, dan mangga.

"Warna susunya juga tidak hanya dominan putih namun menyesuaikan rasa yang ditambahkan dalam susu. Kalau rasa durian ya warnanya susu agak kuning," ucapnya.

Saat ini, di kelompoknya ada tiga inovasi terhadap ternak kambing etawa. Pertama, kata Yuni, adalah breeding untuk kontes, kedua diperah susunya, dan yang ketiga kambing yang kualitasnya buruk dipotong dan dijual dagingnya.

Sedangkan untuk teknis pembuatan susu tersebut, istri Yuni yakni Siska Septi Handayani menjelaskan, bahwa awalnya memerah susu dari kambing etawa. Setelah dirasa cukup, selanjutnya susu dimasak dalam suhu 70 derajat Celcius.

Dipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati WargaDipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati Warga Foto: detikcom/Pradito Rida Pertan

"Susu diperah, dan dimasak sampai 70 derajat lalu didinginkan. Kenapa tidak sampai mendidih karena nanti malah jadi seperti bubur. Nah, selanjutnya bersihkan botol plastik dengan air hangat agar steril lalu tuangkan susu beserta perasa dari pabrik," ujarnya disela-sela meracik susu kambing etawa.

Menyoal rasa, olahan susu kambing etawa yang dilabeli Go Milk ini memiliki beberapa rasa. Menurutnya yang paling digemari adalah susu kambing rasa coklat, stroberi dan melon.

"Kalau rasanya ada rasa vanilla, leci, melon, stroberi, durian, mangga jeruk dan original. Harga perbotol Rp 10 ribu, kalau perliter yang original harganya Rp 25 ribu," katanya.

Menyoal pemasaran, Siska mengaku masih memproduksi sesuai permintaan saja. Kendati demikian, saat ini sangat banyak yang memesan susu tersebut.

"Sementara ini by order, belum pemasaran secara masif," ujarnya.

Siska mengungkapkan bahwa susu kambing ini bisa bertahan cukup lama. Selain itu, susu kambing etawa ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

"Ini (susu kambing etawa) kalau tidak di dalam kulkas bisa tahan 8 jam, kalau di dalam kulkas bisa seminggu, dan kalau di dalam freezer bisa bertahan 2 bulan. Untuk khasiatnya, susu ini biasanya pengobatan paru-paru dan asam lambung," ucap wanita berhijab ini.

Baca juga: Masya Allah! Ini 4 Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW yang Menyehatkan



Simak Video "Melihat Produksi Mie Lethek, Kuliner Khas Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT