Dipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati Warga

Pradito Rida Pertana - detikFood Sabtu, 25 Sep 2021 13:45 WIB
Dipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati Warga Foto: detikcom/Pradito Rida Pertan
Bantul -

Permintaan susu kambing meningkat di tengah pandemi Covid-19 karena dipercaya dapat mengatasi gejala Covid-19. Di Bantul, produsen susu kambing etawa banjir pesanan.

Berawal dari permintaan susu kambing untuk pasien COVID-19, seorang peternak kambing etawa di Pedukuhan Sangkeh RT.41, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul kebanjiran pesanan. Bahkan, saat ini peternak tersebut lebih fokus memproduksi susu kambing etawa dengan aneka varian rasa.

Pengurus Harian Kelompok Peternak Kambing Mendo Mukti, Yuni Kurniawan menjelaskan awal mulanya dia menitipkan kambing etawa untuk dipelihara di Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman. Namun tahun 2018 Yuni mulai fokus untuk mengembangkan susu kambing etawa.

Dipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati WargaDipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati Warga Foto: detikcom/Pradito Rida Pertan

"Awal mula susu itu saya cuma untuk pendapatan harian, habis kontes menjurus ke susu dan sekitar 2018 mulai fokus untuk kambing perah," katanya saat ditemui detikcom di kediamannya, Jumat (24/9/2021).

Selanjutnya, dia mulai mengambil puluhan liter susu kambing etawa setiap pekannya. Susu tersebut untuk konsumsi pribadi dan kebutuhan kontes kambing etawa.

"Awalnya di Cangkringan saya titipkan kambing-kambing saya di Cangkringan sampai saat ini, kambing perah banyak di sana sekitar 30 ekor namanya etawa perah," ucapnya.

"Memang saya bagi hasil sama orang Cangkringan sana, setiap minggu saya ambil susu sekitar 30 liter untuk 1 minggu. Kalau di sini yang saya perah baru 6 ekor," lanjut Yuni.

Anggota Polsek Sanden berpangkat Aiptu ini melanjutkan, usaha susu kambing etawanya mulai berkembang setelah salah seorang warga Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul menghubunginya 6 bulan lalu. Warga tersebut memesan susu kambing etawa milik Yuni.

"Awal mula ada yang WhatsApp (WA) saya, 'Pak gadhah (ada) susu kambing tidak? Saya jawab pripun (gimana). Dan setelah itu saya antar ke Pundong sana," ujarnya.

Dipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati WargaDipercaya Bisa Atasi Gejala Covid-19, Susu Kambing Etawa di Bantul Diminati Warga Foto: detikcom/Pradito Rida Pertan

Sesampainya di lokasi, Yuni menanyakan alasan memesan susu kambing etawa. Setelah berbincang ternyata sang pemesan mengonsumsi susu kambing etawa untuk pengobatan COVID-19.

"Pas mengantarkan 2 liter susu kambing itu saya tanya kok ngonsumsi dan dia jawab kena COVID-19. Saya sempat kaget dan tetap jaga jarak saat itu terus saya sarankan minum susu kambing ini mau tidur sama bangun tidur," katanya.

Alhasil, Yuni mendapatkan laporan dari pemesan jika kondisinya semakin membaik setelah mengkonsumsi susu kambing tersebut. Bahkan, pemesan itu berlanjut memesan susu lagi hingga akhirnya gejala COVID-19 yang diidapnya sembuh.

"Selang 2 hari minum susu itu perut langsung mulas, BAB (buang air besar), dan sehabis itu badan fit dan keringat keluar," ucapnya.

"Terus dilanjutkan lagi sampai 4 liter dan sembuh dia, dan minum terus. Tetangga saya pesan semua, itu kejadian 6 bulan yang lalu masih ingat saya," lanjut Yuni.

Baca juga: 5 Manfaat Susu Kambing, Mencegah Virus dan Sehatkan Paru-paru

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pepes Bluluk, Cita Rasa Pepes Tak Biasa dari Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com