Simak! Ini Tips Siasati Makan Gorengan Sehat

Nurcholis Ma'arif - detikFood Selasa, 07 Sep 2021 20:50 WIB
gorengan Foto: shutterstock
Jakarta -

Gorengan merupakan makanan favorit semua orang, meskipun kerap disalahkan sebagai penyebab berbagai penyakit. Hal ini juga yang membuat orang merasa takut makan gorengan.

Padahal jika diolah dan dikonsumsi dengan baik, gorengan juga bisa jadi makanan yang tak berbahaya. Kandungan minyak berlebih pada gorengan kerap dituding sebagai biang kerok munculnya kolesterol hingga obesitas.

Hal itu bisa diatasi dengan cara mengolah dengan baik dan mengatur porsi makan gorengan, termasuk dengan menggunakan Sasa Tepung Bumbu Bervitamin. Selain itu, dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara tetap sehat untuk yang suka makan gorengan.

1. Batasi Porsinya

Hal paling penting untuk menghindari dampak negatif dari gorengan adalah dengan membatasi porsinya. Meskipun tubuh membutuhkan asupan lemak, tetapi gorengan mengandung lemak dan kolesterol yang terlalu tinggi.

2. Pakai Minyak yang Baru

Untuk membuat gorengan yang lebih sehat, pastikan menggunakan minyak baru. Minyak ini juga hanya dipakai untuk 2 kali proses penggorengan. Kamu juga bisa menggunakan minyak yang sehat, seperti olive oil, canola oil, dan sesame oil.


Minyak yang berwarna gelap bahkan hingga hitam menandakan minyak sudah jenuh sehingga berubah menjadi karsinogenik yang menumpuk zat kolesterol jahat. Ketika minyak ini dikonsumsi secara terus menerus maka akan timbul berbagai masalah kesehatan mulai dari kolesterol hingga kanker.

3. Jangan Langsung Dimakan!

Usai dimasak, gorengan jangan langsung dimakan. Tapi harus ditiriskan dahulu dengan benar agar kandungan minyaknya berkurang.

Jika perlu, manfaatkan tisu dapur yang mampu menyerap minyak lebih banyak. Dengan cara ini, minyak goreng yang kamu konsumsi jadi lebih sedikit.


4. Membuat Gorengan Sendiri

Saat membuat gorengan sendiri, kamu bisa mengetahui kualitas bahan dan minyak yang digunakan sebagai bahan baku. Hal ini tentu berbeda saat kamu membeli gorengan di kaki lima yang kerap menggunakan minyak yang sudah berulang kali dipakai.

Saat membuat gorengan sendiri di rumah, kamu juga bisa memastikan proses pembuatanya lebih terjamin. Misalnya dalam proses penggorengan, cara menggoreng yang tepat adalah menunggu suhu minyak benar-benar panas sebelum memasukkan adonan.

Dengan demikian, gorengan tidak akan menyerap banyak minyak. Selain itu, dengan membuat gorengan sendiri, kamu bisa berkreasi untuk memasak berbagai jenis gorengan yang disukai.

5. Pakai Sasa Tepung Bumbu Bervitamin

Selain itu, cara menyiasati untuk makan gorengan sehat dan enak ialah dengan menggunakan Sasa Tepung Bumbu Bervitamin. Sasa Tepung Bumbu berinovasi sehingga makan gorengan menjadi menyehatkan yaitu dengan adanya vitamin dan mineral (fortifikasi) yaitu Zink, Zat Besi, Vitamin B2 & B9, dan Serat Pangan di dalamnya.

Seperti diketahui, fortifikasi vitamin dan mineral juga penting bagi imunitas tubuh terutama di masa pandemi ini.

Sasa Tepung Bumbu Bervitamin merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia tepung bumbu bervitamin. Teknologi Sasa Platinum Care+ menjaga kandungan vitamin dan mineral tidak hilang setelah proses penggorengan. Hal ini membuat gorengan jadi lebih sehat dan bernutrisi.

Untuk itu, yuk saatnya beralih ke Sasa Tepung Bumbu Bervitamin. Selengkapnya cek di sini.



Simak Video "Gorengan Sehat? #ApasihYangGaBisa "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com