Berita Terpopuler

Peuyeum Halal Meski Beralkohol hingga Fakta Geoduck yang Dimasak Sisca Kohl

Riska Fitria - detikFood Rabu, 01 Sep 2021 09:30 WIB
Kenapa Peuyeum khas Jabar Halal Dimakan, Padahal Alkoholnya Tinggi? Foto: iStock
Jakarta -

Peuyum mengandung alkohol tapi halal dimakan. Ada pula fakta geoduck danmakanan tinggi vitamin B12 yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Di dalam Islam, Allah SWT melarang hambanya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung alkohol. Aturan tersebut tercatat di dalam Al-Qur'an surah (QS Al Baqarah:219). Namun, ada beberapa makanan yang mengandung alkohol tetap dihalalkan untuk dimakan. Padahal kadar alkoholnya tinggi. Salah satunya adalah peuyeum, makanan khas Jawa Barat.

Siska Kohl kembali membuat kehebohan di video TikToknya. Ia memamerkan makan mewah dengan mengonsumsi kerang geoduck. Namun, ada yang membuat salah fokus di video makannya kali ini. Itu sebab kerang geoduck yang bentuknya mirip seperti Mr P. Sebenarnya apa itu kerang geoduck?

Menjaga sistem imun agar tetap naik penting untuk dilakukan, apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti ini. Selain vitamin C dan D, vitamin B12 juga dapat meningkat sistem imun tubuh. Ada banyak makanan dan minuman yang mengandung vitamin B12. Selain dapat meningkatkan imunitas, vitamin B12 juga dapat memproduksi energi.

Berikut tiga berita terpopuler detikFood yang menarik perhatian pembaca kemarin, (31/08):

1. Kenapa Peuyeum Halal Dimakan?

Kenapa Peuyeum khas Jabar Halal Dimakan, Padahal Alkoholnya Tinggi?Kenapa Peuyeum khas Jabar Halal Dimakan, Padahal Alkoholnya Tinggi? Foto: iStock

Peuyeum merupakan makanan khas Jawa Barat. Makanan tersebut berupa tapai yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Dalam proses fermentasi tersebut menggunakan jamur yang disebut Saccharomyces cerevisiae.

Karena proses fermentasi itu yang akhirnya menghasilkan alkohol di dalam peuyeum. Kadarnya mencapai 7-10%. Meski begitu, peuyeum tetap halal untuk dimakan.

Dilansir dari Phinemo, hukum haram dan halal pada alkohol itu tidak berkaitan dengan jumlah kadarnya, melainkan dengan sifat dan efek khamr alias memabukkan yang ditimbulkan.

Baca Juga: Kenapa Peuyeum khas Jabar Halal Dimakan, Padahal Alkoholnya Tinggi?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Eksperimen Es Krim BTS Meal Sisca Kohl Dikritik Netizen"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com