Biru Cantik! Nasi Bunga Telang yang Kaya Khasiat Bisa Dinikmati di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikFood Selasa, 31 Agu 2021 16:00 WIB
Biru Cantik! Nasi Bunga Telang yang Kaya Khasiat Bisa Dinikmati di Jombang Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Kalau nasi kuning dengan campuran kunyit sudah biasa. Kafe di Jombang ini menyajikan nasi dengan paduan bunga telang. Biru cantik, pulen dan kaya khasiat.

Belakangan ini bunga telang atau clitoria ternateayang tumbuh merambat dengan kuntum bunga mirip terompet menjadi tren kuliner. Bunga yang bisa dimakan (edible) ini dikeringkan kemudian diseduh sebagai teh bunga telang. Selain itu dipakai sebagai pewarna alami makanan.

Seperti nasi berwarna biru. Bunga telang kering diseduh dengan air panas kemudian larutannya digunakan untuk memasak nasi. Beras dimasak dengan larutan bunga telang hingga menjadi nasi berwarna biru.

Nasi bunga telang ini populer di malaysia dan Singapura sebagai nasi lemak. Disajikan dengan teri jengki goreng, telur rebus, sambal dan irisan timun. Kadang disajikan dengan ayam goreng atau ikan goreng.

Biru Cantik! Nasi Bunga Telang yang Kaya Khasiat Bisa Dinikmati di JombangBiru Cantik! Nasi Bunga Telang yang Kaya Khasiat Bisa Dinikmati di Jombang Foto: Enggran Eko Budianto

Nasi berwarna biru cantik ini juga bisa dinikmati di Kafe Rumah Merdeka (Rudeka) di Jalan Agus Salim, Kelurahan Jombatan, Jombang. Pemilik Kafe Rudeka Muhammad Alfan Suri (23) mendapatkan bunga telang dengan menanam sendiri di halaman kafe.

Selain wangi, nasi bunga telang buatan Alfan juga gurih dan manis. Karena suami Avinaya Nur (28) ini meraciknya dengan rempah-rempah, seperti kayu manis, cengkeh dan sereh.

"Nasi telang di sini bedanya ada di rempah-rempahnya. Saya tambahkan rempah untuk menimbulkan rasa lebih lengkap, seperti ada manis-manisnya dan sedap," kata Alfan kepada wartawan, Minggu (29/8/2021).

Biru Cantik! Nasi Bunga Telang yang Kaya Khasiat Bisa Dinikmati di JombangBiru Cantik! Nasi Bunga Telang yang Kaya Khasiat Bisa Dinikmati di Jombang Foto: Enggran Eko Budianto

Agar lebih nikmat, Alfan menyajikan nasi bunga telang dengan ayam goreng tepung dan sambal bawang. Harganya pun lumayan ramah di kantong. Cukup merogoh kocek Rp 14.000 per porsi.

Menyantap kuliner unik ini bakal lebih lengkap dengan aneka minuman yang juga dari olahan bunga telang. Antara lain wedang bunga telang dan susu segar bunga telang yang bisa dipesan hangat maupun dingin.

Tidak hanya nikmat, menu andalan Kafe Rudeka ini juga kaya khasiat untuk kesehatan. Bunga berwarna biru itu dipercaya bisa menyehatkan jantung, kulit, memperkuat daya ingat dan mengatasi peradangan. Karena bunga telang mengandung antioksidan.

Biru Cantik! Nasi Bunga Telang yang Kaya Khasiat Bisa Dinikmati di JombangBiru Cantik! Nasi Bunga Telang yang Kaya Khasiat Bisa Dinikmati di Jombang Foto: Enggran Eko Budianto

"Khasiatnya itu yang pertama untuk meningkatkan daya ingat, bagus juga untuk pengelihatan dan kulit. Ada pelanggan kami wanita kalau datang bulan selalu ke sini untuk pesan minuman bunga telang," terang Alfan.

Achmad Riza Wad'ullah (29) merupakan salah seorang penggemar kuliner bunga telang di Kafe Rudika. Selain tampilannya yang menarik, menurut dia nasi bunga telang juga lezat.

"Bentuknya unik kebiru-biruan, rasa nasinya pulen, harum dan gurih. Apalagi susu bunga telangnya yang segar," tandasnya.



Simak Video "Mukbang Seafood Cuma-cuma Bagi Penghapal Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com