7 Kudapan Khas Indonesia yang Bikin Rindu Kampung Halaman

Inkana Putri - detikFood Kamis, 26 Agu 2021 15:16 WIB
Image for kemenpar Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ada banyak hal yang dirindukan dari sebuah destinasi. Wisata kuliner #DiIndonesiaAja menjadi salah satunya! Tak hanya membuat rindu destinasi wisata, kuliner juga terkadang membuat rindu akan kampung halaman. Buat kamu yang rindu jajan kuliner khas Indonesia, kamu bisa throwback lewat makanan berikut. Apalagi kuliner-kuliner ini bisa kamu nikmati dari rumah.

1. Ayam Woku

Image for kemenparDok. detiktravel

Ayam Woku khas Manado, Sulawesi Utara memang kaya akan rasa rempahnya. Cita rasa gurih bercampur pedas tentu akan membuat kamu rindu dengan Manado. Meski sekilas mirip ayam rica-rica, ternyata rasa ayam woku tak sepedas rica-rica. Jadi, buat kamu yang suka ayam dengan cita rasa rempah yang kuat tanpa pedas berlebih, ayam woku bisa jadi kudapan yang cocok. Kini, ayam woku juga bisa kamu dapat di @cetokcetokfood.

2. Bakso Malang

Lezat kuah bakso yang dipadukan dengan siomay, bakwan, dan tahu memang tak ada duanya. Tak heran bakso malang kerap jadi favorit warga Jawa Timur, khususnya Malang. Walaupun dinamakan bakso malang, hidangan ini sebenarnya terinspirasi dari kuliner Tionghoa. Saat ini, bakso malang telah banyak dijajakan dengan gerobak. Bahkan, kamu juga bisa menikmati lezatnya bakso malang instan dari @meat_kuy.

3. Dodol Betawi

Image for kemenparInstagram/@dodolbeko

Bukan cuma asinan, dodol juga jadi kudapan yang sering dirindukan masyarakat Betawi, DKI Jakarta. Berwarna hitam kecoklatan, makanan khas Betawi ini bertekstur kenyal dan memiliki rasa yang manis. Biasanya, dodol Betawi terbuat dari santan, gula merah, dan ketan. Namun, beberapa pembuat dodol kini berinovasi menghadirkan berbagai rasa mulai dari durian, wijen, ketan hitam, dan lainnya. Rindu mencicip kudapan ini? Kamu bisa coba dodol Betawi khas @dodolbeko.

4. Gudeg

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta tanpa mencicip manis dan pedasnya gudeg. Berisi campuran sayur nangka, telur, dan krecek, gudeg memang menawarkan rasa unik tersendiri. Adapun rasa ini dihasilkan dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan daun jati hingga berjam-jam. Apalagi gudeg biasanya disajikan di atas daun pisang sehingga makin beraroma. Buat kamu yang rindu gudeg, kini nikmatnya gudeg bisa dirasakan dari toko @Tharra_Catering dan @gudeg_bukamto.

5. Mie Aceh

Image for kemenparInstagram/@kedaimie_kopiaceh

Kamu tentunya tak asing dengan makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam yang satu ini. Makanan dengan cita rasa pedas dan gurih ini memang jadi favorit banyak orang. Beda dari mie lainnya, mie Aceh memiliki tekstur lebih tebal daripada mie biasa. Biasanya mie ini disajikan dengan kuah sejenis kari pedas dan gurih, daging rusa dan potongan acar bawang merah. Namun, saat ini ada juga mie Aceh yang disajikan dengan daging sapi atau ayam. Kamu kini bisa merasakan kelezatan mie Aceh di @kedaimie_kopiaceh.

6. Pempek

Image for kemenparInstagram/@pempekceknimas

Pempek merupakan makanan khas Palembang, Sumatera Selatan yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang digiling lembut dan dicampur kanji, serta bumbu spesial. Pempek umumnya memiliki beberapa opsi seperti lenjer, kapal selam, adaan, kulit, tahu, hingga pistel. Untuk menambah kelezatan, pempek biasanya dimakan dengan kuah cuko yang dibuat campuran dari ebi, air asam, cabai, dan bawang putih. Rindu nikmatnya menyantap pempek khas Palembang? Kamu bisa lho beli versi frozen-nya di @pempekceknimas.

7. Rendang

Image for kemenparFoto: iStock

Rendang bisa dibilang merupakan kuliner dari Padang, Sumatera Barat yang digemari masyarakat lokal hingga turis mancanegara. Bahkan, makanan ini juga sering dimakan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri saat rindu kampung halamannya. Terbuat dari daging yang dimasak dengan rempah dan bumbu khas, cita rasa rendang membuat lidah siapa pun tergugah untuk mencobanya. Tak bisa ke kampung halaman untuk mencicipi rendang? Jangan khawatir karena kamu bisa membelinya di @omahrendang.

Lezat sekali bukan? Seluruh makanan tersebut tersedia secara online. Jadi, kamu bisa #BeliKreatifLokal dan merasakan nikmatnya kuliner dari berbagai wilayah Indonesia meski di rumah. Namun, pastikan juga kamu tetap menerapkan protokol kesehatan 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama).

Selain itu, ikuti juga program vaksinasi pemerintah guna menciptakan kekebalan imunitas. Terlebih vaksinasi menjadi salah satu program yang juga tengah dijalankan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

"Mari serbu sentra vaksin terdekat dengan mengajak keluarga, kolega, teman untuk kita bersama membantu Indonesia bangkit melalui vaksinasi. Sehingga, roda perekonomian dapat kembali bergerak dan memberi harapan baru masyarakat," ujarnya.

Buat kamu yang ngaku cinta kuliner Indonesia, ikuti juga aktivasi di TikTok melalui program Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja untuk menangkan total hadiah jutaan rupiah dan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia. Follow juga Instagram @pesonaid_travel untuk tahu informasi lengkap tentang kuliner dan destinasi wisata #DiIndonesiaAja.

(ega/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com