5 Jajanan Jadul Ini Bikin Nostalgia Masa Kecil, Mana Favorit Kamu?

Nurcholis Maarif - detikFood Kamis, 05 Agu 2021 12:33 WIB
Donat Gula Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Jajanan jadul memang kadang bikin nostalgia masa kecil. Tak hanya lezat, jajanan jadul yang unik dan beragam juga punya rasa yang enak.

Meski saat ini banyak pilihan kuliner yang menggiurkan, tapi jajanan jadul selalu punya tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Hal itu juga yang membuat jajanan jadul ini tetap eksis dengan mempertahankan bentuknya seperti dulu maupun yang sudah disesuaikan dengan tren.

Nah, buat kamu yang suka dan mau nostalgia dengan jajanan lezat masa kecil, berikut ini jajanan jadul #DiIndonesiaAja yang jadi favorit anak-anak pada masanya, berikut tempat kamu bisa membelinya.

1. Cilok

CilokCilok (Foto: Shutterstock)

Cilok yang merupakan singkatan aci dicolok (dalam bahasa Sunda artinya tepung yang ditusuk) merupakan jajanan jadul legenda selanjutnya yang tak lekang oleh waktu. Penganan asal Jawa Barat itu bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya.

Meski bentuknya sederhana, jajanan yang terasa kenyal dan nikmat di lidah ini bisa menjadi momen nostalgia masa kecil. Kini cilok mudah didapat, misalnya melalui Red Hot Cilok Peppers.

2. Donat Gula

Saat ini, kamu yang lahir di era 90-an mungkin bisa membeli donat atau roti-rotian serta berbagai dessert mahal yang enak dari mal. Namun, kamu dijamin bakal ketagihan juga saat dihidangkan donat gula yang sederhana tapi tak kalah enak.

Penganan yang digoreng dan dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega itu biasanya memiliki bentuk yang sederhana, yaitu berbentuk cincin dengan lubang di tengah atau donat berbentuk bundar dengan berbagai isian dan topping, mulai selai, jelly, krim, dan custard.

Buat kamu yang ingin nostalgia jajanan donat gula, bisa membeli misalnya di Gianduja Patisserie dan Fahma Cakery.

3. Lidi-lidian

Mie LidiMie Lidi Foto: Instagram/@mistermielidi

Lidi-lidian merupakan jajanan legenda yang biasanya mudah didapatkan di warung terdekat. Meski berukuran kecil, camilan berbentuk sapu lidi ini punya cita rasa yang pedas, gurih, dan tentu bikin ketagihan.

Selain rasa, nyemil lidi-lidian bisa memanjakan lidah, mengusir rasa bosan di tengah aktivitas di rumah aja hingga bisa jadi jajanan untuk bernostalgia masa kecil. Kini lidi-lidian juga tak hanya bisa dibeli di warung terdekat, tapi juga melalui kanal platform marketplace. Tentu dengan varian rasa yang lebih banyak.

Misalnya, kamu bisa beli di Mister Mie Lidi yang menawarkan lidi-lidian dengan banyak varian, yaitu original, keju, pizza, jagung bakar, balado, dan pedas.

4. Sosis Gulung

Jajanan jadul selanjutnya yang bisa bikin nostalgia masa kecil ialah sosis gulung. Mungkin kamu akan ingat saat membeli penganan ini saat istirahat jam sekolah waktu SD di kantin sekolah hingga abang-abang yang mangkal di depan sekolah.

Buat kamu yang senang dengan camilan gurih ini, kamu bisa dengan mudah membelinya di foodcourt hingga warung dekat rumah, atau bisa juga bikin sendiri di rumah. Kamu tinggal membeli sosisnya sendiri, misalnya dengan sosis buatan UMKM 7Bite Sausage.

5. Terang bulan

Anak yang lahir di era 90-an tentu tak akan asing dengan terang bulan. Kue yang dikenal sebagai martabak manis di beberapa daerah ini biasanya dijajakan di pinggir jalan atau dijual keliling oleh abang-abang menggunakan sepeda atau motor.

Bentuknya yang khas dan topping yang sederhana membuat terang bulan jadi kudapan yang tak lekang oleh waktu. Kini terang bulan versi modern juga bisa dibeli dengan mudah lewat platform online, misalnya melalui Martabak Asep Mario.

Seluruh jajanan tersebut bisa kamu pesan secara online. Selain toko-toko di atas, kamu juga bisa membeli barang tersebut melalui toko lainnya dengan mengulik-ulik brand lokal di website Beli Kreatif Lokal.

Namun, agar tetap aman, pastikan juga kamu tetap menerapkan protokol kesehatan 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama) saat harus beraktivitas di luar dan ikut program vaksinasi.

Soal kuliner, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat ini juga tengah mendorong kuliner Indonesia. Adapun upaya ini diwujudkan melalui program Indonesia Spice Up The World yang bertujuan meningkatkan peluang Indonesia di industri kuliner dunia. Hal ini mengingat kuliner Indonesia kaya akan rempahnya.

"Indonesia sejak dulu dikenal ke seluruh dunia sebagai negeri penghasil rempah-rempah (spice) dunia. Popularitas inilah yang akan kita gunakan untuk mengenalkan kuliner Indonesia ke seluruh dunia yang dikemas dalam program Indonesia Spice Up The World," ujar Sandiaga.

Yuk #BeliKreatifLokal sekarang! Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76, ikuti juga kompetisi #MelodiKemerdekaan yang berlangsung mulai 27 Juli-20 Agustus 2021 untuk menangkan hadiah saldo uang elektronik. Follow juga Instagram @pesonaid_travel untuk tahu informasi lengkap tentang kuliner dan pariwisata #DiIndonesiaAja.

(ncm/ncm)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com