Krenyes Manis Kacang Kopi Brindil, Camilan Nostalgia Terinspirasi Kacang Gula

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 21 Agu 2021 14:30 WIB
Nikmatnya Kacang Kopi Brindil, Camilan Nostalgia Terinspirasi Kacang Gula Foto: Instagram kacangkopi_brindil
Jakarta -

Mau makan kacang atau minum kopi? Kalau bingung, coba saja ngemil kacang kopi ini. Produk bisnis makanan rumahan di Tangerang ini memadukan nikmatnya kacang dan kopi.

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kacang gula atau ampyang kacang. Camilan manis berbahan kacang tanah dan gula merah ini banyak ditemui di Jawa Tengah.

Terinspirasi dari kacang gula, Mully Mulyawati membuat produk kacang kopi pada tahun 2019. Produk yang dinamai Kacang Kopi Brindil ini berhasil terpilih sebagai salah satu bisnis makanan rumahan yang dipromosikan detikcom pada 17 Agustus 2021.

Kacang kopi tergolong unik karena memadukan dua bahan makanan sekaligus yaitu kacang tanah dan bubuk kopi. "Sebetulnya ini adalah resep dari keluarga saya, saat saya masih kecil dulu," kata Mully pada detikfood (17/8).

Nikmatnya Kacang Kopi Brindil, Camilan Nostalgia Terinspirasi Kacang GulaNikmatnya Kacang Kopi Brindil, Camilan Nostalgia Terinspirasi Kacang Gula Foto: Instagram kacangkopi_brindil

Dahulu sang ibu selalu membuat kacang gula sebagai menu suguhan saat Lebaran. "Di tahun 2019 lalu, resep kacang gula ini saya modifikasi untuk menciptakan rasa yang berbeda," ujarnya.

Ia bereksperimen membuat kacang gula dengan paduan rasa seperti cokelat, butter, dan beragam jenis bubuk kopi.

Mully lantas mengatakan, "Dari sekian macam rasa yang saya coba, akhirnya saya menemukan rasa yang unik. Pas dan enak dengan tambahan kopi."

Untuk membuat kacang kopi, dimulai dari proses membersihkan kacang tanah. Setelah itu dikeringkan dan dicampur dengan bubuk kopi dan gula.

Nikmatnya Kacang Kopi Brindil, Camilan Nostalgia Terinspirasi Kacang GulaNikmatnya Kacang Kopi Brindil, Camilan Nostalgia Terinspirasi Kacang Gula Foto: Instagram kacangkopi_brindil

Mully mengakui bisnis makanan rumahannya begitu terdampak saat pandemi Covid-19. "Sejak pandemi, peminatnya turun sangat drastis sehingga saya kesulitan memasarkannya," kata Mully.

Wanita yang tinggal di kawasan Tangerang ini lantas membaca artikel di detikcom mengenai bantuan promo gratis untuk UMKM. "Saya segera mendaftarkan diri dan bersyukur terpilih," pungkasnya.

Kalau kamu tertarik mencicipi nikmatnya kacang kopi buatan Mully, bisa langsung membelinya via detikcom dengan harga spesial.

Hanya dengan Rp 76 ribu, kamu mendapat dua bungkus kacang kopi masing-masing seberat 250 gram. Caranya mudah, tinggal klik tautan berikut INI.



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Menggugah Dori Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com