Tips Aman Pakai Microwave Bagi Pemula dan Ada Microwave Harganya Rp 76 Ribu

Devi Setya - detikFood Senin, 16 Agu 2021 20:30 WIB
Parade Tebus Barang Serba 76 Foto: detikcom
Jakarta -

Microwave dapat membantu memudahkan proses memanaskan makanan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan microwave terutama bagi pemula.

Microwave berfungsi untuk memasak beberapa jenis makanan dan menghangatkan makanan yang dingin hanya dalam waktu hitungan menit. Makanan yang hangat tentu akan terasa lebih lezat.

Sebelum menggunakan microwave, ada beberapa hal yang harus dipahami agar proses menghangatkan lebih optimal. Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menggunakan microwave:

1. Perhatikan wadah makanan

Memanaskan makanan menggunakan microwave memang tidak membutuhkan wadah khusus namun perlu diperhatikan ketika menggunakan wadah plastik. Beberapa orang ragu memasukkan makanan ke dalam wadah plastik yang akan dipanaskan menggunakan microwave.

Hal ini perlu diperhatikan, lihatlah logo pada kemasan plastik. Ada label yang menjadi tanda kalau wadah plastik aman digunakan dalam microwave. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan wadah yang terbuat dari keramik atau kaca untuk memanaskan makanan dalam microwave.

2. Cara panaskan makanan

Cara menggunakan microwave yang tepat yakni panaskan makanan sampai panas, namun tidak terlalu lama. Dalam hal ini, suhu sangat penting untuk diperhatikan. Panaskan makanan 2-4 menit tergantung porsi dan jenis makanannya.

Microwave umumnya bekerja memanaskan makanan secara konsisten dengan suhu setidaknya 75 derajat Celcius. Jika makanan dalam porsi besar, lakukan pemanasan secara berkala.

7 Mitos Keliru Tentang Microwave yang Tidak Perlu Kamu PercayaTips Aman Pakai Microwave Bagi Pemula dan Ada Microwave Harganya Rp 76 Ribu Foto: Getty Images/mixetto

3. Cara merawat dan membersihkan microwave

Agar microwave tetap awet dan berfungsi normal, kamu harus rutin merawat dan membersihkannya setelah digunakan. Hindari juga membiarkan microwave tetap menyala tanpa ada makanan di dalamnya jadi selalu matikan microwave saat tidak digunakan.

Tips untuk menghilangkan bau yang kuat dalam microwave yakni dengan menggunakan beberapa irisan lemon yang dimasukkan ke dalam semangkuk air lalu panaskan dengan suhu tinggi selama beberapa menit. Bagian dalam microwave juga perlu dibersihkan dengan lap bersih agar sisa makanan tidak mengotori microwave.

Buat detikers yang membutuhkan microwave di rumah, yuk ikutan parade tebus barang serba 76 di detik.com/parade17an. Kamu bisa mendapatkan microwave Samsung senilai Rp 1,3 juta hanya dengan menebusnya dengan Rp 76 ribu saja.

Mau tahu cara ikutannya? Berikut mekanismenya:


1. detikers wajib memiliki akun detikID. apabila belum memiliki, bisa mendaftar di sini.
2. detikers memberikan pantun kemerdekaan pada kolom komentar di bawah artikel ini.
3. Tema pantun berisikan pesan atau harapan untuk Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76.
4. detikers bisa memberikan pantun lebih dari 1 (satu) kali.
5. Apabila detikers memberikan lebih dari 1 (satu) pantun, akan dipilih pantun terbaik.

Syarat dan Ketentuan:
1. detikers bisa memberikan lebih dari 1 (satu) pantun.
2. Pantun tidak mengandung unsur diskriminasi SARA.
3. Pantun yang sudah kamu kirim, akan dikurasi terlebih dahulu oleh tim detikcom sebelum ditayangkan di kolom komentar artikel terkait.
4. Pemenang akan diumumkan pada 17 Agustus 2021 setelah parade tebus barang ditutup pukul 21.00 WIB.
5. Pastikan nomor handphone dan email yang terdaftar adalah valid dan aktif agar bisa dihubungi oleh tim detikcom.
6. detikers yang terpilih akan dihubungi oleh tim detikcom untuk dikirimkan surat konfirmasi pemenang beserta dokumen pendukungnya.
7. Apabila dalam waktu 7 (tujuh) hari dokumen yang diminta tidak diberikan ke panitia, maka kesempatan untuk menebus barang akan dianggap hangus.
8. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Yuk berikan pantun kemerdekaan terbaikmu di kolom komentar. Ada 1 unit microwave Samsung di Parade Tebus Barang Serba 76. Jadi buruan ikut.



Simak Video "Bikin Laper: Kenyal Nikmat Daging Kepala Sapi di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com