5 Ide Bisnis Kuliner yang Mudah & Menguntungkan, Mau Coba?

Inkana Putri - detikFood Senin, 02 Agu 2021 12:36 WIB
bisnis kopi Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Bisnis kuliner memang jadi bisnis idaman, terlebih saat pandemi. Apalagi banyak masyarakat Indonesia yang gemar untuk berburu kuliner. Meski demikian, menggeluti bisnis kuliner bisa dibilang tak selalu untung jika Anda salah memilihnya. Buat Anda yang ingin mulai berbisnis kuliner, berikut 5 bisnis menguntungkan yang dapat dicoba dikutip dari bizterrain.

1. Homemade Snack

Berjualan snack atau makanan ringan buatan sendiri bisa jadi salah satu ide bisnis saat ini. Namun, pastikan Anda menguasai cara membuat makanan tersebut. Anda bisa coba buat makanan yang sedang laris atau booming saat ini seperti makaroni goreng, croffle, tteokbokki, dan lainnya. Cobalah juga untuk menjual makanan yang jarang atau belum dijual kebanyakan orang agar bisnis kuliner mempunyai ciri khas.

2. Street Food

Street food atau jajanan kaki lima menjadi kuliner yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain relatif lebih murah, kuliner ini juga lebih mudah ditemukan. Buat Anda yang baru mau berbisnis dengan modal minim, mungkin street food bisa jadi pilihan. Anda bisa mulai menjual makanan seperti kebab, burger, dimsum atau makanan lainnya.

3. Makanan Manis

Makanan manis kini kian diminati oleh masyarakat. Martabak, donat, korean cake, hingga aneka dessert box menjadi makanan yang kerap dijadikan ide jualan saat ini. Jika Anda memiliki skill khusus untuk membuat kue dan dessert, maka ide bisnis kuliner ini bisa dicoba. Apalagi saat ini ada banyak resep makanan yang bisa ditiru.

4. Makanan Sehat/Organik

Sejak pandemi mewabah di Indonesia, gaya hidup sehat semakin digemari banyak orang. Bahkan, tak jarang orang memulai untuk mengonsumsi makanan sehat atau organik. Situasi ini bisa Anda jadikan peluang untuk bisnis makanan sehat seperti salad, jus, frozen fruits, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan catering makanan sehat atau diet yang sesuai dengan nilai gizi.

5. Kedai Kopi

Kopi menjadi minuman favorit banyak orang. Tak heran bisnis kedai kopi kian menjamur di masyarakat. Bahkan, di tengah pandemi, bisnis kopi botolan menjadi salah satu bisnis yang banyak dilakukan. Namun, bisnis ini tentunya tak bisa dilakukan sembarangan karena persaingan yang ketat. Beberapa hal seperti lokasi bisnis, ide promosi, hingga kualitas kopi yang digunakan harus dipikirkan secara matang.

Itulah lima ide bisnis mudah dan menguntungkan yang bisa Anda coba. Agar bisnis kuliner Anda makin cuan, ikuti webinar 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari Kraft Heinz Food Service bersama detikcom yang menghadirkan berbagai informasi seputar bisnis kuliner dari para pakarnya.

Acara ini nantinya dapat disaksikan pada 5 Agustus 2021 melalui streaming di platform detikcom. Di webinar ini, peserta beruntung juga akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti sesi pelatihan eksklusif coaching dari Ultra Indonesia dan ACP Indonesia.

Selain itu, ada tambahan modal senilai puluhan juta rupiah yang menanti. Menarik bukan? Jadi, jangan sampai kelewatan, segera registrasi di laman ini atau pada formulir yang terlampir di bawah ini.



Simak Video "Cerita Aurelie Moeremans Terjun ke Bisnis Kuliner "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com