Bikin Waktu Ngemil Jadi Menyenangkan untuk Si Kecil, Ini Caranya

Erika Dyah Fitriani - detikFood Jumat, 30 Jul 2021 11:20 WIB
Ilustrasi Anak Makan Camilan Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Di masa pertumbuhannya, Si Kecil sering kali menolak untuk makan atau ngemil karena bosan dengan rasanya atau suasana sekitar saat ia makan. Padahal waktu makan atau ngemil harus jadi momen menyenangkan untuk Si Kecil supaya ia lahap menyantap makanannya, sehingga dapat memaksimalkan pemenuhan nutrisi harian.

Lalu bagaimana menyiasatinya? Caranya mudah kok! Bunda bisa ajak mereka bermain saat menemaninya makan.

Melansir educatall, waktu makan camilan atau snacking time bisa semakin menyenangkan sembari memanfaatkannya untuk merangsang perkembangan mereka. Bunda bisa mengenalkan Si Kecil dengan berbagai stimulus untuk melatih gerak motorik halus Si Kecil serta mengajarkan kemandirian saat ngemil.

Dilansir dari berbagai sumber, Bunda bisa coba 4 cara di bawah ini supaya membuat waktu ngemil semakin menyenangkan.

1. Biarkan Si Kecil Genggam Snack Sendiri

Salah satu cara sederhana untuk membuat snack time jadi menyenangkan adalah membiarkan Si Kecil mengambil dan menggenggam makanannya sendiri. Bunda bisa sediakan beberapa camilan bergizi dengan berbagai bentuk di dalam wadah makan mereka, dan biarkan Si Kecil memilih sendiri camilan kesukaan yang ingin ia makan.

Jangan panik jika Si Kecil bikin berantakan, sebab cara ini justru berguna untuk melatih kemandirian Si Kecil dan bisa membuat mereka menikmati camilan dengan senang.

2. Ajarkan Hitungan Sederhana

Bunda bisa mendampingi Si Kecil saat snack time dan mengajarkan mereka hitungan sederhana dengan cara menyenangkan. Misalnya, menyanyikan lagu soal angka sembari menggunakan camilan yang ada di hadapan Si Kecil untuk dihitung.

Ajak Si Kecil ikut bernyanyi sambil menikmati camilan mereka untuk membuat waktu ngemil jadi momen penuh kegembiraan.

3. Ajak Si Kecil Susun Pola

Selain menghitung, Bunda juga bisa ajak Si Kecil menyusun pola dengan camilan kesukaan mereka. Caranya mudah, sediakan camilan dengan berbagai bentuk, warna ataupun rasa bisa dalam bentuk biskuit ataupun crackers. Lalu, ajak Si Kecil membuat pola sesuai kelompok bentuk, warna, atau rasa dari masing-masing camilan.

4. Bantu Si Kecil Berimajinasi

Terakhir, Bunda bisa menstimulasi anak untuk berimajinasi menggunakan camilan yang ada di hadapan mereka. Misalnya, Bunda bisa kreasikan bentuk dari camilan kesukaan mereka dan biarkan Si Kecil menebak ragam bentuk tersebut sesuai imajinasi mereka.

Salah satu camilan yang bisa Bunda gunakan untuk mengajak Si Kecil berimajinasi ialah Milna Rice Crackers. Inovasi terbaru dari Ahlinya Makanan Bayi ini merupakan snack renyah yang sehat dan aman untuk Si Kecil.

Dengan bentuknya yang pipih dan oval serta mudah digenggam, Bunda bisa memandu anak berimajinasi seolah sedang memegang papan selancar sembari mengenalkannya dengan ragam bentuk. Bunda juga bisa mematahkan crackers tersebut jadi dua, kemudian membuatnya seolah-olah jadi telinga kelinci yang menggemaskan. Dijamin cara ini bakal bikin Si Kecil bisa menikmati camilannya dengan menyenangkan.

Tak hanya menyenangkan waktu ngemil Si Kecil, Bunda juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui Milna Rice Crackers. Sebab, snack yang terbuat dari beras ini mengandung tinggi zat besi dan zink yang baik untuk tubuh Si Kecil.

Ilustrasi Anak Makan Camilan

Selain itu, inovasi snack renyah ini juga bebas gluten sehingga aman untuk dikonsumsi Si Kecil. Rasanya yang beragam pun bakal bikin mereka antibosan dengan camilan ini.

Ingin tahu ada rasa apa saja? Inovasi snack renyah yang sehat dari Milna punya tiga varian rasa yang disukai Si Kecil yaitu Apple Orange, Sweet Potato Carrot, dan Banana Berries. Dengan Milna Rice Crackers, nutrisi tambahan SI Kecil bisa terpenuhi dan Bunda bisa bikin waktu ngemilnya jadi lebih menyenangkan!

(ads/ads)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com