Jadi Mood Booster, Ini 7 Camilan yang Cocok Temani WFH

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFood Jumat, 30 Jul 2021 12:00 WIB
Keripik kentang Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di tengah melonjaknya kasus positif COVID-19, beberapa perusahaan kembali menerapkan kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Namun, hal ini tentu bukan hal mudah, khususnya bagi orang yang terbiasa bekerja di kantor.

Apalagi aktivitas WFH terkadang cukup menguras tenaga dan pikiran, terutama bagi yang sudah berkeluarga. Bagi yang sering tak bersemangat menjalani WFH, jangan dulu khawatir. Coba sediakan camilan yang ada #DiIndonesiaAja berikut ini, siapa tahu jadi mood booster saat WFH.

1. Cilok

CilokdjoedesCilokdjoedes Foto: dok. Instagram/cilokdjoedes

Akhir-akhir ini, cilok atau 'aci dicolok' kerap jadi camilan favorit banyak orang. Meskipun hanya terbuat dari bahan-bahan sederhana, kudapan enak melegenda ini bisa bikin ketagihan. Cilok umumnya terbuat dari tepung kanji atau aci yang dicampur dengan air dan bumbu lainnya seperti bawang putih, kaldu, dan daun bawang. Untuk menambah rasa lezat, cilok sering disajikan dengan sambal kacang, saus, atau kecap. Menariknya lagi, kini cilok telah tersedia dengan berbagai pilihan sambal mulai dari sambal matah, sambal taichan, dan lainnya. Lezat dan pedasnya cilok bisa kamu dapatkan di Cilok Djoedes dan Red Hot Cilok Peppers.

2. Cokelat

Siapa sih yang nggak suka cokelat? Camilan yang satu ini memang jadi favorit mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya enak, cokelat juga bisa bikin mood saat WFH terjaga sehingga bisa lebih produktif dan semangat saat kerja. Buat pencinta cokelat tapi bosan dengan cokelat yang itu-tu aja, bisa cobain camilan khas UMKM Indonesia dari Chocoletters dan Chocobro. Ada berbagai macam jenis olahan cokelat yang ditawarkan mulai dari biskuit cokelat, cokelat kurma, cokelat mete, hingga aneka cokelat dengan topping buah.

3. Keripik

Keripik merupakan salah satu camilan andalan masyarakat Indonesia. Bahkan, beberapa daerah Indonesia memiliki jenis keripik yang berbeda. Seperti keripik balado khas Sumatera Barat, dan keripik pisang khas Lampung. Saat ini, UMKM Snack Kalia menghadirkan aneka keripik nusantara yang bisa dijadikan teman selama WFH. Tak hanya keripik balado dan pisang, ada juga keripik lainnya seperti keripik sumpia.

4. Pie

adapie.bakeryadapie.bakery Foto: dok. Instagram/adapie.bakery

Mau camilan manis yang nggak biasa? Mungkin pie bisa jadi camilan di sela-sela WFH. Camilan yang terbuat dari campuran adonan terigu, tepung, susu, gula, dan bahan lainnya ini dijamin bikin kenyang. Apalagi saat ini ada banyak variasi pie yang bisa dicoba mulai dari apple pie, pumpkin pie, pie cokelat, hingga pie stroberi. Jadi, bisa pilih jenis pie yang disuka untuk jadi camilan WFH. Seluruh varian pie ini bisa didapatkan di Ada Pie.

5. Risol

Buat yang suka ngemil jajanan pasar, risoles atau risol cocok jadi teman WFH. Berasal dari bahasa Belanda, risoles merupakan pastry yang berisi daging. Namun, di Indonesia risol biasanya berisi wortel dan kentang. Sementara untuk kulit risol terbuat dari adonan tepung terigu, sagu, telur, dan garam, yang kemudian dilapisi tepung panir. Menariknya lagi, saat ini risol juga punya berbagai varian seperti beef egg mayo, chicken mushroom, chicken bolognese, hingga rogut ayam. Berbagai jenis risol ini bisa dicoba di Amartha Risoles dan Benaral Kitchen.

6. Roti

rotitatis.bintarorotitatis.bintaro Foto: dok. Instagram/rotitatis.bintaro

Camilan lainnya yang nggak boleh dilupakan adalah roti. Camilan ini cocok buat yang suka lapar di tengah WFH, tapi nggak ada waktu untuk makan berat. Selain buat camilan, roti juga bisa menjadi sarapan sebelum memulai WFH. Buat yang ingin ngemil roti kekinian, RotiTatis Bintaro menawarkan aneka roti sobek dengan bermacam topping yang unik.

Bagi yang suka manis, bisa pilih rasa taro, tiramisu, choco banana, atau chocomaltine. Jika lebih suka roti yang gurih, cobalah varian lainnya seperti rasa abon mayo, baso ayam pedas, spicy roa, atau smoked beef salad.

7. Salad

graciasaladgraciasalad Foto: dok. Instagram/graciasalad

Camilan sehat jadi salah satu camilan terfavorit saat WFH di tengah pandemi saat ini. Salah satunya dengan ngemil salad, yang bisa bikin perut kenyang sekaligus sehat bagi tubuh. Dengan aneka sayuran yang segar dan sehat, ngemil salad tentu juga akan menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan pencernaan.

Bahkan, salad juga bisa jadi pilihan tepat buat yang lagi diet. Dua UMKM lokal, Gracia Salad dan Ngunyah Salad menyajikan aneka salad lezat dan sehat seperti salad buah, beef caesar salad, hingga salad romaine sambal matah. Ada juga sandwich dan chicken veggie roll buat yang ingin makan sayur dengan cara kekinian.

Sudah terbayang gimana lezatnya camilan ini? Tak hanya lezat, seluruh camilan tersebut juga bisa dipesan secara online. Dengan #BeliKreatifLokal ini, kamu juga turut membantu para pelaku industri kreatif Indonesia. Selain rekomendasi di atas, kamu juga bisa memilih toko lainnya dengan mengulik-ulik brand lokal melalui website Beli Kreatif Lokal.

Melansir situs kemenparekraf.go.id, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendorong gerakan Beli Kreatif Lokal. Hal ini guna meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Yang ingin saya garisbawahi kita semua harus membeli produk ekonomi kreatif lokal yang harus di support oleh kita sendiri," ujar Sandi.

"Saya ingin mengajak semua masyarakat bersiap-siap memulihkan kegiatan ekonomi kita. Karena pandemi ini sudah satu tahun, kita butuh kabar baik untuk masyarakat dan ekonomi negara kita," imbuhnya.

Meskipun bisa dipesan secara online, pastikan juga tetap menerapkan protokol kesehatan 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama) saat harus beraktivitas di luar. Ikuti juga program vaksinasi untuk menekan penyebaran virus COVID-19.

Yuk #BeliKreatifLokal sekarang! Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76, ikuti juga kompetisi #MelodiKemerdekaan yang berlangsung mulai 27 Juli- 12 Agustus 2021 untuk menangkan hadiah saldo uang elektronik. Follow juga Instagram @pesonaid_travel untuk tahu informasi lengkap tentang kuliner dan pariwisata #DiIndonesiaAja.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Kulit Pangsit"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com