Jelajah Kuliner Jawa Timur dari Rumah? Coba 5 Rekomendasi Makanan Ini

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 12:00 WIB
Rawon Jawa Timur Foto: Shutterstock
Jakarta -

Jawa Timur sering kali disebut jadi salah satu surganya kuliner #DiIndonesiaAja. Apalagi Jawa Timur punya beragam jenis makanan yang tentunya menggugah selera.

Tak hanya beragam, kuliner di Jawa Timur juga punya cita rasa khas yang tentunya bisa bikin kamu rindu. Buat kamu yang sudah rindu dan ingin jelajah kuliner Surabaya dari rumah, cobalah 5 rekomendasi makanan ini.

1. Ayam Pedas

Terlihat dari namanya, kamu tentu sudah bisa membayangkan betapa pedasnya makanan khas banyuwangi yang satu ini. Namun, kuliner ini bisa bikin kamu jadi ketagihan. Ayam pedas terbuat dari ayam kampung yang diolah bersama kuah pedas. Adapun rasa pedas dari kuah dihasilkan dari campuran cabai rawit dan santan. Sekilas, ayam pedas memiliki rupa seperti ayam opor. Tapi, ayam yang satu ini punya kuah lebih pucat dan rasa pedasnya yang menggoyang lidah. Ingin cicip lezatnya ayam pedas? Makanan yang satu ini bisa kamu dapatkan di Waroeng Kemarang, Banyuwangi.

2. Rawon

rawon dinobatkan sebagai sup terenak se-Asia versi situs TasteAtlasRawon dinobatkan sebagai sup terenak se-Asia versi situs TasteAtlas Foto: Instagram @seasia.co Foto: iStock

Bicara soal kuliner Jawa Timur, kurang pas rasanya jika tak membahas rawon. Menjadi kuliner khas Jawa Timur, rawon memang terkenal dengan cita rasanya yang khas. Terbuat dari daging sapi dengan kluwak, rawon memiliki rasa gurih, manis, dan pedas. Biar lebih lezat, rawon umumnya disantap dengan nasi hangat dan kerupuk. Penasaran dengan enaknya rawon khas Jawa Timur? Kamu bisa coba di Batavia Resto, Malang.

3. Sate Kelapa

Sate kelapa.Sate kelapa. Foto: Shutterstock

Pernah dengar tentang sate daging kelapa atau sate klopo? Seperti namanya sate ini terbuat dari potongan daging sapi yang dicampur dengan bumbu kelapa. Biasanya bumbu kelapa berupa kelapa parut yang dicampur bumbu bawang putih, kunyit, ketumbar, dan daun jeruk.

Bumbu inilah yang membuat sate kelapa menghasilkan aroma dan rasa lezat. Sama seperti sate lainnya, sate kelapa juga disajikan dengan lontong ataupun nasi. Kini sate kelapa bisa kamu cicipi di restoran Tera Bulan, Madura.

4. Sop Merah

Mirip dengan sup tomat khas Eropa, makanan yang satu ini cocok untuk disantap saat cuaca dingin. Sop merah biasanya terbuat dari potongan ayam, sosis, wortel, jamur, tomat, dan campuran bumbu lainnya. Uniknya, sop merah sering disajikan dengan cakue sebagai pelengkap. Bagi kamu yang ingin coba sop unik ini, kamu bisa coba di restoran Botanika, Surabaya.

5. Tahu Telur

Tahu TelurTahu Telur Foto: Shutterstock

Jika Jawa Tengah punya kupat tahu, Jawa Timur juga terkenal dengan tahu telur khas Surabaya. Sesuai namanya, tahu telur biasanya berisikan tahu dan telur, serta sayuran tauge. Namun, yang membuat hidangan ini jadi makin lezat adalah lumuran bumbu kacang dan kecap, serta taburan kucai dan bawang goreng di atasnya. Adapun hidangan ini bisa kamu coba di Kunokini Cafe & Resto, Surabaya.

Sudah terbayang kelezatan kuliner khas Jawa Timur ini? Adapun seluruh restoran di atas telah tersertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) dan menyediakan layanan order online. Jadi, kamu dapat #BeliKreatifLokal dengan lebih aman dan nyaman. Yuk, pesan menu-menu kuliner khas ini dari aplikasi online ponsel kamu, biar bisa dinikmati bareng keluarga #DiRumahAja.

Meski demikian, pastikan juga kamu tetap menerapkan protokol kesehatan 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama) dan ikut program vaksinasi.

Soal kuliner, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat ini juga tengah mendorong kuliner Indonesia. Adapun upaya ini diwujudkan melalui program Indonesia Spice Up The World yang bertujuan meningkatkan peluang Indonesia di industri kuliner dunia. Hal ini mengingat kuliner Indonesia, termasuk Jawa Timur kaya akan rempahnya.

"Indonesia sejak dulu dikenal ke seluruh dunia sebagai negeri penghasil rempah-rempah (spice) dunia. Popularitas inilah yang akan kita gunakan untuk mengenalkan kuliner Indonesia ke seluruh dunia yang dikemas dalam program Indonesia Spice Up The World'," ujar Sandiaga.

Selain membeli produk lokal, buat kamu yang cinta Indonesia, ikuti juga aktivasi di TikTok melalui Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja untuk menangkan hadiah saldo uang elektronik dan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia. Follow juga Instagram @pesonaid_travel untuk tahu informasi lengkap tentang kuliner dan pariwisata #DiIndonesiaAja.



Simak Video "Bikin Laper: Puas Makan di Kedai Khas Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com