Cara Jitu biar Bisnis Tetap Moncer di Tengah Pandemi

Jihaan Khoirunnisaa - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 17:05 WIB
Bisnis kuliner Foto: Shutterstock
Jakarta -

Berbisnis di saat pandemi COVID-19 tentu menjadi tantangan tersendiri. Utamanya bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Situasi pandemi memaksa para pengusaha untuk lebih kreatif dan memaksimalkan peluang dalam menjalankan usahanya. Anda dituntut untuk mencari strategi bisnis yang tepat agar produk semakin laris terjual, dan Anda pun tetap cuan. Dikutip dari beragam sumber, berikut tips jitu biar bisnis Anda tetap moncer meski di tengah pandemi COVID-19.

Go Online

Agar dapat bertahan dan semakin berkembang, bisnis harus mulai beralih ke digital. Anda bisa memanfaatkan platform online yang tersedia, seperti media sosial dan e-commerce. Dengan begitu, cakupan penjualan bisnis semakin meluas karena bisa merambah market yang lebih besar. Selain itu, manfaatkan juga jasa pengiriman online untuk mempermudah agar barang cepat sampai ke konsumen.

Mudah Didapat dan Terjangkau

Saat ini pemerintah tengah memperpanjang kebijakan pembatasan masyarakat. Hal ini membuat aktivitas jadi terbatas. Untuk itu, pastikan produk yang Anda jual mudah diakses oleh konsumen. Anda bisa menambahkan fitur lain yang semakin mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian, seperti menambah opsi pembayaran dan lainnya.

Anda juga harus memperhatikan harga jual. Jangan sampai harga yang dipatok terlalu mahal. Apalagi mengingat situasi ekonomi yang tidak terlalu baik akibat pandemi. Selain itu, bisa juga dengan memasang beragam promo dan diskon untuk menarik calon pembeli.

Tingkatkan Skill Copywriting

Kemampuan copywriting penting dalam dunia bisnis online. Bahkan menjadi kunci sukses memasarkan produk lewat platform digital selain konten. Sebab dengan skill copywriting yang baik, Anda bisa mempengaruhi hingga menarik lebih banyak konsumen.

Tonjolkan Kehigienisan

Di masa pandemi seperti sekarang ini semua orang menjadi lebih aware akan kondisi kesehatan. Oleh karena itu, faktor kesehatan jadi salah satu yang diperhatikan oleh pelanggan. Jika Anda memiliki usaha yang bergerak di sektor kuliner, pastikan setiap produk yang dijual menjamin rasa aman dari sisi kesehatan, mulai dari tempat, para pegawainya, hingga produk makanannya.

Dalam rangka mendukung bisnis kuliner di Indonesia agar semakin berkembang, PT Heinz ABC Indonesia yang diwakili Kraft Heinz Food Service akan meluncurkan program Kraft Heinz Food Service Institute pada 29 Juli 2021 mendatang. Managing Director Kraft Heinz Indonesia & PNG, Steven Debrabandere mengatakan program ini merupakan bentuk dukungan dari Kraft Heinz Food Service bagi pelaku UMKM kuliner di Indonesia.

"Dengan adanya acara ini kami berharap para chef dan pelaku bisnis kuliner, juga masyarakat luas yang tertarik terjun di industri kuliner dapat selalu bergerak maju secara berkesinambungan untuk menuju Indonesia yang lebih baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021)

Steven berharap program tersebut dapat membantu para chef dan UMKM kuliner agar bisa tetap berkembang dan bahkan semakin maju meski di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, Kraft Heinz Food Service juga menawarkan beragam kolaborasi. Salah satunya kolaborasi kreasi menu unik dan menarik yang bisa dijadikan inspirasi bagi pelaku usaha kuliner.

"Kami ingin bisa menjadi partner para Chef dan pelaku bisnis kuliner untuk bisa maju bersama. Karenanya Kraft Heinz Food Service menawarkan kesempatan berkolaborasi dalam bentuk yang sangat beragam, mulai dari kolaborasi menu sampai dengan menyediakan wadah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan," tandasnya.

Diungkapkan Steven, melalui In House Chef Kraft Heinz Food Service menyediakan beragam kreasi menu baru mulai dari menu khas Indonesia hingga menu fusion yang baru dan unik. Menurutnya, ide-ide menu baru ini menjadi lebih mudah karena didukung oleh jaringan Kraft Heinz Food Service International yang berpartner dengan Chef dari berbagai negara.

Selain itu, Kraft Heinz Food Service juga menyediakan kreasi-kreasi menu yang didukung oleh produk ABC sebagai merek dengan beragam saus yang cocok untuk masakan Indonesia dan Asia. Pilihan produknya lengkap, ada kecap manis, kecap asin, minyak wijen, sampai saus sambal dan tomat dengan beragam ukuran. Kraft Heinz Food Service juga dilengkapi dengan Heinz sebagai merek yang sudah terkenal di dunia, untuk kreasi masakan Western (Barat) dan Internasional.

"Dengan adanya acara ini kami berharap para chef dan pelaku bisnis kuliner, juga masyarakat luas yang tertarik terjun di industri kuliner dapat selalu bergerak maju secara berkesinambungan untuk menuju Indonesia yang lebih baik," pungkasnya.

Untuk diketahui, kick-off peluncuran Kraft Heinz Food Service Institute akan ditandai dengan gelaran webinar bertajuk 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' bersama detikcom pada 29 Juli dan 5 Agustus 2021. Di acara ini, para pelaku usaha kuliner maupun calon pelaku bisnis kuliner bisa mendapatkan berbagai insight, pengetahuan dan inovasi seputar dunia kuliner langsung dari para ahli.

Peserta beruntung nantinya akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti sesi pelatihan eksklusif coaching dari Ultra Indonesia dan ACP Indonesia. Ada juga tambahan modal senilai puluhan juta rupiah yang menanti. Menarik bukan? Jadi, segera registrasi di atau pada formulir di laman ini atau yang terlampir di bawah ini.



Simak Video "Sate Taichan Sambal Terasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com