Unik! Bakso di Kudus Ini Pakai Campuran Daun Kopi dan Bubuk Kopi

Dian Utoro Aji - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 14:45 WIB
Unik! Bakso di Kudus Ini Pakai Campuran Daun Kopi dan Bubuk Kopi Foto: Dian Utoro Aji
Kudus -

Di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ada kuliner bakso unik. Adonannya dicampur daun kopi robusta hingga bubuk kopi. Seperti apa ya racikannya?

Kuliner bakso kopi bisa ditemui di kafe yang berada di kawasan wisata hutan pinus Kajar Kecamatan Dawe, Kudus. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Kudus, yakni sekitar 16 kilometer. Tempat ini bisa dijangkau dalam 28 menit dengan mengendarai sepeda motor.

Bakso ini berbeda dari bakso lainnya karena memakai campuran kopi. Jika dilihat sekilas, penampilannya memang tidak jauh berbeda dengan bakso pada umumnya. Tetapi secara detail ada campuran kopi di dalam bakso maupun pangsit yang disajikan di dalam tiap mangkuk.

Penjual bakso kopi, Qinanti Murdiasari mengatakan bakso kopi ini dibuat dari adonan bakso biasa yang dicampur dengan kopi. Kopi yang digunakan berjenis robusta. Bakso kopi ini bertujuan untuk mengenalkan kopi Muria kepada khalayak luas.

panen kopi di lereng muria kuduspanen kopi di lereng muria kudus Foto: Akrom Hazami/detikcom

"Hampir sama ya cuma dicampur dengan kopi, kopinya jenis robusta. Ide itu muncul karena buat bakso kopi biar mengenalkan varian kopi muria," jelas Qinanti ditemui di lokasi, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya, pada bakso kopi terdapat daun kopi robusta di dalam adonan bakso. Kemudian bubuk kopi dicampur pada pangsit. Lalu keduanya disajikan bersama di dalam mangkuk.

"Dicampur satu banding seperempat. Bahannya bakso seperti biasa ada campuran kopi, di dalam baksonya ada campuran daun kopi yang biasanya digunakan sebagai lalapan, dan di pangsitnya ada campuran bubuk kopi," ungkapnya.

"Lalu bakso yang ada daun kopi itu disajikan dengan pangsit yang dibuat dari adonan yang dicampur dengan bubuk kopi," sambung Qinanti.

Menurutnya setiap hari bakso kopi bisa laku 15 sampai 20 porsi. Setiap porsi bakso kopi dipatok dengan harga Rp 15 ribu.

Unik! Bakso di Kudus Ini Pakai Campuran Daun Kopi dan Bubuk KopiUnik! Bakso di Kudus Ini Pakai Campuran Daun Kopi dan Bubuk Kopi Foto: Dian Utoro Aji

"Harganya Rp 15 ribu per porsi. Sehari bisa laku 15 sampai 20 porsi," terangnya.

Salah satu pembeli Roy mengaku penasaran dengan bakso kopi. Menurutnya bakso kopi ini baru ditemuinya.

"Baru tahu ini, rasanya enak seger, dicampur daun kopi dan pangsitnya. Kuahnya segar," terang Roy ditemui di lokasi.



Simak Video "Sedap Nikmat Soto Gentong, Kuliner dari Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com