Laris Manis Saat Pandemi, Ini Cara Memulai Bisnis Frozen Food di Rumah

Jihaan Khoirunnisaa - detikFood Senin, 19 Jul 2021 16:28 WIB
Frozen food Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mengguncang perekonomian dunia, tidak hanya Indonesia. Sejumlah bisnis berjatuhan karena tidak kuat dihantam Corona.

Meski begitu, bisnis makanan beku atau frozen food menjadi salah satu yang kuat bertahan, bahkan semakin melejit. Frozen food kian dilirik karena mudah dimasak dan disajikan untuk keluarga. Buat yang ingin memulai usaha makanan beku ini, perhatikan dulu 5 hal berikut ini, seperti dikutip dari Qoodis.

Lakukan Riset Pasar

Sebelum mulai berbisnis, penting untuk Anda mengetahui target pasar yang dituju. Lakukan riset seputar segmentasi pasar dari produk frozen food yang hendak dijual. Buat daftar yang mencakup semua informasi, mulai dari karakteristik pembeli, kebiasaan belanja, lokasi, hingga kebutuhan pasar mereka. Hal ini karena riset pasar yang matang dapat mempengaruhi kelangsungan bisnis Anda.

Pilih Produk Frozen Food yang Unik

Di masa pandemi ini semakin banyak bermunculan ide bisnis baru. Oleh karena itu, agar Anda bisa bersaing, sebaiknya pilih produk frozen food dengan keunikan sehingga menjadi nilai plus bagi calon pembeli. Apakah nugget, sosis, bakso, siomay, atau camilan beku lainnya yang belum pernah ada. Yang terpenting buat seunik dan selezat mungkin. Dengan begitu produk Anda tidak mudah diikuti oleh pesaing.

Pelajari Persaingan Pasar

Terjun ke dunia bisnis, tentu Anda harus siap dengan yang namanya persaingan. Untuk menyikapi persaingan tersebut, Anda perlu menyiapkan mental. Selain terima fakta bahwa persaingan sejatinya merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah bisnis. Meski begitu, dengan strategi pemasaran dan promosi produk yang benar, Anda sebetulnya punya peluang untuk menjadi yang teratas di industri tersebut.

Hitung-hitungan Modal

Untuk memulai bisnis, tak selalu harus memiliki modal besar. Anda bisa memanfaatkan bahan yang ada di rumah sehingga mengurangi modal untuk membuka usaha. Tak hanya bahan, peralatan juga perlu dimasukkan dalam perhitungan modal usaha, termasuk juga modal untuk kemasan, label, dan lainnya. Pastikan juga kamu telah menghitung harga jual produk, ya.

Urus Lisensi Makanan

Punya bisnis frozen food, sebaiknya Anda mengurus segala perizinan yang diperlukan, seperti izin BPOM atau MUI. Sebab hal tersebut akan semakin membuat konsumen merasa aman saat mengonsumsi produk yang Anda jual. Selain itu, pengurusan izin makanan selain daging juga bisa dilakukan dengan mendatangi dinas perindustrian setempat atau hanya PIRT.

Mau tahu tips agar bisnis bisa awet meski di tengah pandemi? Jangan lewatkan webinar persembahan dari Kraft Heinz Food Service Institute dan detikcom yang sebentar lagi akan digelar.

Webinar ini akan mengusung tema 'Tangguh Hadapi Pandemi, hingga Panen Cuan di Awal Merintis Bisnis dengan Ciptakan Inovasi Baru', dengan menghadirkan narasumber hebat, mulai dari pengusaha sukses hingga para expert di bidang usaha kuliner. Acara ini bisa nantinya bisa disaksikan pada 29 Juli 2021 mendatang lewat streaming di platform detikcom.

Di webinar ini, peserta beruntung juga akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti sesi pelatihan eksklusif coaching dari Ultra Indonesia dan ACP Indonesia. Ada juga tambahan modal senilai puluhan juta rupiah yang menanti. Menarik bukan? Jadi, jangan sampai kelewatan, segera registrasi di laman ini atau pada formulir yang terlampir di bawah ini.



Simak Video "Siasat Usaha yang Viral agar Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com