Keplek Ilat Creative Food Cari Kuliner Solo Kreatif dengan Paduan Tehbotol Sosro

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 29 Jun 2021 10:45 WIB
Keplek Ilat Creative Food Cari Kuliner Solo Kreatif dengan Paduan Tehbotol Sosro Foto: detikcom
Jakarta -

Keplek Ilat Creative Food merupakan kompetisi UMKM boga se-Solo Raya yang diikuti para pengusaha kuliner. Mereka menciptakan menu kreatif dengan paduan Tehbotol Sosro.

Keplek Ilat Creative Food adalah rangkaian acara webinar, workshop, dan kompetisi UMKM boga se-Solo Raya dengan mengkreasikan Tehbotol Sosro sebagai salah satu elemennya. Acara ini diawali dengan webinar seputar usaha kuliner pada Rabu, 2 Juni 2021.

Selanjutnya workshop dan kompetisi dilaksanakan pada Sabtu, 26 Juni 2021 di Rumah Kabudayan nDalem Djojokoesoeman. Ada 60 peserta yang berhasil lolos dalam tahap kurasi. Mereka mengikuti tahap penjurian keselarasan rasa dan tampilan.

Semua acara offline berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan. Proses penjurian dibagi menjadi 3 sesi untuk menghindari kerumunan.

Keplek Ilat Creative Food Cari Kuliner Solo Kreatif dengan Paduan Tehbotol SosroKeplek Ilat Creative Food Cari Kuliner Solo Kreatif dengan Paduan Tehbotol Sosro Foto: detikcom

Ketua penyelenggara Keplek Ilat Creative Food, Dra. R. Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn, mengatakan, "Kami menerapkan protokol kesehatan dengan tes antigen bagi seluruh panitia, peserta, dewan juri, dan kru yang terlibat. Para peserta yang lolos tes antigen, dipersilakan plating untuk penjurian oleh dewan juri."

Dewan juri Keplek Ilat Creative Food adalah Chef Ari Galih dari Jakarta dan Chef Brian Wicaksono serta Bapak Yoseph Danang Sudartanto dari Solo. Acara ini juga mendapat dukungan dari pemerintah Solo yang diwakili Wakil Walikota Surakarta, Drs. Teguh Prakosa.

Lalu ada General Manager PT Sinar Sosro, Denta Anggakusuma yang menyapa para peserta Keplek Ilat Creative Food. Juga pemlik Leker Gajahan, Sulistiyono yang memberikan tips sukses usahanya kepada para pelaku UMKM se-Solo Raya.

Keplek Ilat Creative Food Cari Kuliner Solo Kreatif dengan Paduan Tehbotol SosroKeplek Ilat Creative Food Cari Kuliner Solo Kreatif dengan Paduan Tehbotol Sosro Foto: detikcom

Hasilnya, pemilik usaha Pukis Badran, Renata Zoraifi menjadi juara pertama kompetisi Keplek Ilat Creative Food. Ia membuat kreasi Creamy Tehbotol Sosro (Creatos) yang terlihat modern dengan kemasan cup.

Nantinya Renata bakal bertanding pada kompetisi nasional dengan saingan pemenang dari kota lainnya. Mereka berasal dari Malang, Yogyakarta, Majalengka, Palembang, dan Pontianak.

Lalu untuk juara dua jatuh pada UMKM dengan nama usaha You2me, Murni dengan resep Somat. Bu Murni merupakan pemilik usaha susu sapi murni Boyolali, Shi Jack, yang terkenal di Kota Solo.

Disusul juara tiga yaitu pemilik usaha Bandeng Presto Solo Geo, Vodka Aradhana yang membuat Nasi Liwet Sosro dan Lauk Cuan2 Bandeng Kuah Tehsos. Tampilannya menggiurkan dengan warna serba cokelat khas Tehbotol Sosro.

Keplek Ilat Creative Food Cari Kuliner Solo Kreatif dengan Paduan Tehbotol SosroKeplek Ilat Creative Food Cari Kuliner Solo Kreatif dengan Paduan Tehbotol Sosro Foto: detikcom

Ketiga juara di atas telah melalui tahap penilaian, mulai dari konsep hingga tasting oleh dewan juri. Mereka juga berhasil mendapat hadiah uang tunai masing-masing Rp 25 juta, Rp 15 juta, dan Rp 10 juta.

"Keplek Ilat Creative Food merupakan wahana UMKM boga se-Solo Raya untuk menyalurkan ide kreasi dan kreativitas kuliner dengan Tehbotol Sosro sebagai salah satu elemennya. Kriteria penilaian dewan juri antara lain rasa, tampilan, dan keselarasan Tehbotol Sosro dengan kuliner khas lokal. Selamat kepada para pemenang," pungkas Dra. R.Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn.



Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Sate Taichan Terenak di Cengkareng"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com