Segarnya Kelapa Muda Bakar Rempah yang Unik dan Kaya Manfaat

Uje Hartono - detikFood Senin, 24 Mei 2021 15:00 WIB
Segarnya Kelapa Muda Bakar Rempah yang Unik dan Kaya Manfaat Foto: detikcom/Uje Hartono
Banjarnegara -

Ada minuman unik di Jalan Al Munawaroh, Banjarnegara. Kelapa muda atau degan bakar dicampur dengan aneka bumbu rempah. Bagaimana rasanya?

Kelapa muda biasanya disajikan dingin untuk menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan dahaga. Namun, air kelapa muda ini justru dibakar terlebih dahulu hingga satu jam lebih.

Tidak hanya itu, usai dibakar air kelapa ini direbus dengan campuran berbagai jenis rempah-rempah. Seperti jahe, serai, cengkeh, kayu manis dan kapulaga. Tidak heran dengan campuran aneka rempah ini membuat kelapa muda bakar rempah ini kaya manfaat untuk tubuh.

Salah satunya adalah untuk menangkal masuk angin. Salah satu pembeli kelapa muda bakar rempah, Lukman mengatakan kelapa muda bakar ini sangat cocok untuk menjaga stamina tubuh hingga mencegah masuk angin.

Segarnya Kelapa Muda Bakar Rempah yang Unik dan Kaya ManfaatSegarnya Kelapa Muda Bakar Rempah yang Unik dan Kaya Manfaat Foto: detikcom/Uje Hartono

"Usai minum, badan menjadi hangat. Kalau kita lelah bekerja, begadang cocok kalau minum kelapa muda bakar ini," ujarnya saat ditemui di Jalan Al Munawaroh Banjarnegara, Minggu (23/5/2021).

Meski kaya akan manfaat, rasa kelapa muda bakar rempah ini juga tidak kalah enaknya. Terlebih jika dicampur dengan jeruk, gula aren atau madu membuat rasa kelapa muda ini semakin segar dan enak.

"Selain dicampur dengan rempah-rempah, bisa juga dicampur dengan jeruk atau gula aren atau madu. Sesuai selera," kata pembuat kelapa muda bakar rempah Kristianto Wahyu Agus Nugroho.

Segarnya Kelapa Muda Bakar Rempah yang Unik dan Kaya ManfaatSegarnya Kelapa Muda Bakar Rempah yang Unik dan Kaya Manfaat Foto: detikcom/Uje Hartono

Bahkan, kelapa muda bakar ini bisa disajikan dalam kondisi dingin. Menurutnya, meski dingin di mulut, namun efek dari rempah akan terasa hangat di tenggorokan.

"Sensasinya berbeda kalau dingin. Jadi bisa dimasukkan ke dalam kulkas, nanti saat diminum di mulut dingin tetapi di tenggorokan hangat," ujarnya.

Wahyu menyampaikan, kelapa muda bakar rempah ini juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti batu ginja, darah tinggi hingga diabet, asalkan saat disajikan tanpa menambahkan gula.

"Selain memang bisa menghangatkan badan juga cocok dikonsumsi bagi penderita batu ginjal, darah tinggi dan diabetes. Asalkan untuk penderita diabetes jangan dicampur dengan gula. Untuk satu porsi, ia membandrol harga Rp 18 ribu," jelasnya.



Simak Video "Membantu Tumbuhnya Terumbu Karang Di Pulau Tengah Karimun Jawa"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com