Asyiknya Bukber Makan Gurame Bakar di Atas Saung Tengah Sawah

Mochamad Saifudin - detikFood Senin, 26 Apr 2021 13:30 WIB
Buka Puasa dengan Gurame Bakar di Pondok Ikan Demung -Demak, Jawa Tengah Foto: detikFood/Mochamad Saifudin
Jakarta -

Berbuka puasa dengan suasana berbeda bisa kamu rasakan di sini. Menikmati gurame dan gurame bakar di dalam saung pemancingan di tengah sawah. Semilir asyik!

Pondok Ikan Demung di Demak, Jawa Tengah cocok untuk dijadikan tempat berbuka puasa bareng teman maupun keluarga. Pengunjung bisa menikmati gurame bakar di atas saung pemancingan tengah sawah. Meski masih relatif baru tempat makan dan pemancingan tersebut sudah ramai diburu pengunjung.

Selama bulan ramadhan Pondok Ikan Demung hanya melayani untuk berbuka puasa. Pengunjung bisa menikmati gurame segar dan menu lainnya di atas saung atau gasebo pemancingan. Diiringi auara gemericik air kolam dan udara sejuk persawahan.

Sementara lampu hias saat malam pun memberi suasan meriah. Meski relatif ramai, tempat ini juga telah menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Menurut pemilik Pondok Ikan Demung, Iin Masnia pondok ikan tersebut buka sejak Desember 2020 lalu. Awalnya tempat tersebut merupakan sebuah tempat pemancingan yang kemudian dilengkapi dengan tempat makan.

Buka Puasa dengan Gurame Bakar Nikmat di Pondok Ikan Demung -Demak, Jawa TengahBuka Puasa dengan Gurame Bakar Nikmat di Pondok Ikan Demung -Demak, Jawa Tengah Foto: detikFood/Mochamad Saifudin

Seluruhnya ada delapan saung atau gasebo termasuk gasebo utama. Dia menganjurkan untuk pengunjung yang akan berbuka bersama di tempat tersebut agar pesan dua jam sebelumnya untuk memastikan ketersediaan tempat.

"Mbak-mbak yang di pojok tadi yang bersama keluarga beruntungnya masih ada gasebo di pojok," terang Iin.

Selain gurame bakar Pondok Ikan Demung juga menyediakan menu makanan lainnya. Seperti beragam olahan lele, ayam dan bebek.

"Kalau anak sekolah, SMP-SMA biasanya pesannya ayam. Tapi kalau (pengunjung dari umum) keluarga biasanya gurame atau bebek. Ukurannya pun bisa sesuai pesanan," terangnya.

Buka Puasa dengan Gurame Bakar Nikmat di Pondok Ikan Demung -Demak, Jawa TengahBuka Puasa dengan Gurame Bakar Nikmat di Pondok Ikan Demung -Demak, Jawa Tengah Foto: detikFood/Mochamad Saifudin

Paket gurame dijual seharga Rp 25 ribu. Gurame dibakar dengan balutan sambal kecap lalu disajikan dengan nasi putih, lalapan dan sambal tomat.

"Gurame yang di paket itu ukuran seperempat kilogram. Biasanya juga ada yang pesan ukuran setengah kilogram," imbuhnya.

Pengunjung yang datang untuk berbuka puasa di Pondok Ikan Demung bervariasi. Anak sekolah, pemuda, hingga komunitas pemancing.

"Biasanya komunitas pemancing minta dibakarkan ikan setelah mancing. Dari berbagai wilayah, dari Kecamatan Mranggen, Kabupaten Grobogan, Purwodadi dan lainnya. Di sini juga memiliki delapan kolam ikan," jelasnya.

Selain tempat pemancingan dan makan, juga tersedia paket untuk penikahan. Fasilitas ini sudah ada sejak awal tahun lalu dengan kapasitas dari seribu hingga dua ribu tamu undangan.

"Kami juga menyediakan paket satu dan dua bagi yang ingin mengadakan pernikahan di sini," jelasnya.

"Menu yang saya sukai gurami bakar," jelas satu pengunjung asal kecamatan lain, Kecamatan Dempet, Demak, Sri Lestari (37) usai menikmati buka puasa di Pondok ikan di Dukuh Demung, Desa Kerangkulon, Kecamatan Wonosalam, Demak kepada detikcom, Sabtu (24/4/2021).

Sri bersama anggota keluarganya berenam tersebut, mengaku bahwa tempat makan di tempat tersebut asik, dan menunya yang enak. Selain ikan gurame kesukaannya, tekstur ikannya yang enak, sambal tomat di tempat tersebut membuatnya puas.

"Tadi ke sini bareng keluarga, karena tempatnya nyaman, menunya enak. Ikannya rasanya hmmm. Sambalnya juga mantab, sambal tomat pedas," imbuh Sri.



Simak Video "Buka Puasa ala Timur Tengah di Al Kabsa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com