Uniknya Nasi Goreng Kopi Robusta di Kampoeng Kopi Banaran Semarang

Akbar Hari Mukti - detikFood Senin, 26 Apr 2021 07:00 WIB
Uniknya Nasi Goreng Kopi Robusta di Kampoeng Kopi Banaran Semarang Foto: Akbar Hari Mukti/detikcom
Semarang -

Nasi goreng dengan paduan kopi mungkin terdengar unik. Menu ini bisa kamu nikmati di Kampoeng Kopi Banaran, Bawen, Kabupaten Semarang. Seperti apa ya tampilan dan rasanya?

Nasi goreng biasanya hanya diracik dengan bumbu bawang dan cabai, namun nasi goreng di kabupaten Semarang ini tergolong unik. Nasi goreng diracik bersama bubuk kopi robusta!

"Kami membuat sebuah menu baru bagi para pengunjung yang berkunjung. Mereka bisa memesan nasi goreng kopi khas Kampoeng Kopi Banaran," jelas Manajer F&B Sky View Kampoeng Kopi Banaran, Marsetyo Leonardo, kepada wartawan di lokasi, Kamis (22/4/2021).

Ia menjelaskan, ide pembuatan nasi goreng kopi berasal dari nuansa perkebunan kopi yang terdapat di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang. Pihaknya ingin menciptakan menu makanan yang lain daripada yang lain.

Uniknya Nasi Goreng Kopi Robusta di Kampoeng Kopi Banaran SemarangUniknya Nasi Goreng Kopi Robusta di Kampoeng Kopi Banaran Semarang Foto: Akbar Hari Mukti/detikcom

"Dalam pembuatan nasi goreng ini berangkat dari nuansa kopi di Kampoeng Banaran. Kami menilai kopi bisa disajikan dengan cara yang berbeda serta melalui proses kreatif sehingga kami membuat nasi goreng kopi ini," imbuh Leonardo.

Seperti namanya, nasi goreng kopi merupakan sebuah hidangan nasi goreng yang dicampur dengan bubuk kopi. Makanan tersebut bercita rasa nikmat khas nasi goreng, dipadu rasa pahit yang dihasilkan dari bubuk kopi yang jadi campurannya.

"Rasanya nikmat dicampur karakter pahit dari kopi yang dihasilkan. Untuk menetralkan rasa pahit itu, kami tambahkan mayones dan saus sambal di pinggiran piring," ujarnya.

Cara membuat nasi goreng kopi, jelas Leonardo, sama seperti nasi goreng pada umumnya. Di antaranya nasi, potongan ayam, bawang, cabai, merica, hingga garam dan gula. Adapun kopi yang digunakan dalam memasak merupakan kopi jenis robusta hasil perkebunan di Kampoeng Kopi Banaran.

Uniknya Nasi Goreng Kopi Robusta di Kampoeng Kopi Banaran SemarangUniknya Nasi Goreng Kopi Robusta di Kampoeng Kopi Banaran Semarang Foto: Akbar Hari Mukti/detikcom

Sedangkan cara penyajiannya, menurut Leonardo setelah nasi goreng kopi itu matang kemudian diselimuti telur dadar yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Hal itu agar menambah kenikmatan hidangan tersebut.

Saat ini nasi goreng kopi sudah dapat dipesan pengunjung. Seporsi makanan itu dibanderol harga Rp28 ribu.

"Kami menggunakan kopi robusta khas Kampoeng Kopi Banaran. Serta setelah jadi, makanan itu diselimuti telur dadar untuk menambah kenikmatannya," ungkapnya.

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com