Masak Enak Tanpa Khawatir Diabetes, Begini Caranya!

Yudistira Imandiar - detikFood Rabu, 21 Apr 2021 21:24 WIB
salmon Foto: Shutterstock
Jakarta -

Selama pandemi, semakin banyak orang yang gemar memasak di rumah. Kegiatan memasak menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mengisi waktu luang di rumah.

Sebuah survei di akhir tahun 2020 menunjukkan 51% responden menyatakan dirinya lebih banyak memasak di rumah selama masa pandemi. Dari kelompok responden yang lebih banyak memasak ini, 71% mengatakan mereka akan tetap mempertahankan rutinitas memasak di rumah setelah pandemi berakhir nanti.

Hunter Food Study mengulas, salah satu alasan orang-orang senang memasak di rumah, karena masakan rumah dianggap lebih sehat. Benarkah hal ini?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Public Health Nutrition menunjukkan rutinitas memasak di rumah berperan dalam pembentukan pola makan yang lebih sehat. Diketahui rutinitas memasak di rumah (6-7 kali per minggu) berkaitan dengan asupan kalori, lemak, dan gula yang lebih rendah.

Data lain yang dipublikasikan American Journal of Preventive Medicine menunjukkan kegiatan rutin memasak di rumah berkaitan dengan indeks pola makan sehat yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, tingkat pengeluaran biaya untuk makanan juga lebih rendah pada mereka yang sering masak di rumah apabila dibandingkan dengan mereka yang sering makan di luar.

Pola makan yang lebih sehat ini tentunya akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan, termasuk untuk mencegah diabetes. Penting juga untuk memperhatikan menu yang dimasak. Pilih bahan masakan yang lebih sehat, dan cara masak yang lebih baik.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk masak lebih sehat, seperti dikutip dari American Heart Association.

1. Jadikan masakan lebih berwarna dengan perbanyak sayur dan buah. Tidak hanya membuat masakan tampak lebih menarik, American Heart Association menguraikan pilihan buah dan sayur yang berwarna-warni juga penting untuk membantu memenuhi kebutuhan berbagai macam nutrisi harian.

2. Batasi penambahan garam, kecap, dan saos yang tinggi garam. Sebagai alternatif lebih sehat, pilih produk kecap dan saus yang lebih rendah garam, atau gunakan rempah-rempah untuk memberi rasa pada masakan.

3. Saat memasak dengan daging, pilih bagian yang lebih rendah lemak dan buang bagian kulitnya. Batasi memasak dengan daging merah, ganti dengan alternatif sumber protein yang lebih sehat seperti ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

4. Kurangi cara masak menggoreng agar asupan lemak harian tidak berlebihan. Ganti santan yang tinggi lemak jenuh dengan produk santan yang lebih rendah lemak.

5. Gunakan minyak goreng yang lebih rendah lemak jenuh atau lemak jahat seperti minyak canola, minyak jagung, dan minyak zaitun.

Masak lebih sehat di rumah kini jadi lebih mudah dengan pilihan produk masak yang lebih sehat dari Tropicana Slim. Tropicana Slim Corn Oil atau Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil yang rendah lemak jenuh bisa jadi alternatif untuk menumis atau menggoreng.Tropicana Slim Santan yang lebih rendah garam, bisa diandalkan untuk membuat hidangan penuh cita rasa. Selain itu, sajian penutup mulut yang dimaniskan Tropicana Slim Gula Jawa dan Tropicana Slim Kental Manis yang bebas gula. Jadi, apa menu masak sehat Anda hari ini?



Simak Video "Berbuka Lebih Manis dengan Menu Kue Lemon Kelapa yang Gurih dan Rendah Lemak"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com