Chef Renatta: Penjual Makanan Wanita Representasi Kartini Modern

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 21 Apr 2021 15:30 WIB
Chef Renatta: Penjual Makanan Wanita Representasi Kartini Modern Foto: detikFood
Jakarta -

Hari ini kaum wanita rayakan Hari Kartini. Termasuk Chef Renatta, ia menyebut penjual makanan hingga pemilik warung tegal wanita adalah wakil dari Kartini modern.

Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini, merupakan tokoh wanita sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia. Jasanya dikenang sebagai pelopor kebangkitan dan kemajuan perempuan Indonesia.

Baca Juga: Chef Renatta Tunda Sekolah Kuliner Gegara Luka Bakar, Ini Kisahnya

Setiap tanggal 21 April, Indonesia selalu merayakan hari Kartini untuk mengenang jasa-jasanya. Begitu juga dengan Chef Renatta Moeloek, yang punya pandangannya tersendiri tentang sosok representasi 'Kartini' yang ada di masa sekarang.

"Untuk membuat satu hidangan atau masakan yang terinspirasi dari sosok Kartini, jujur saya belum pernah. Karena jika kita ingin membuat satu masakan, berdasarkan satu tokoh, kita harus mengenal tokoh atau sosok itu lebih dalam," ungkap Chef Renatta pada detikFood (21/04).

Begini Cara Chef Renatta Moeloek Makan Mie Instan dan Bubur AyamChef Renatta Foto: Instagram @renattamoeloek

Tapi menurut chef muda berusia 27 tahun ini, sosok menginspirasi dari tokoh Kartini sebenarnya bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

"In general, untuk saya ibu-ibu rumah tangga pun sudah merepresentasikan sosok Kartini. Karena mereka harus memasak, mengurus rumah, melakukan berbagai pekerjaan," puji chef yang jago membuat hidangan khas Indonesia tersebut.

"Selain ibu-ibu rumah tangga. Seperti pemilik warteg atau warung makan, ibu-ibu ini masak setiap hari berbagai jenis makanan, kemudian makanannya ini dimakan banyak orang. Begitu juga dengan penjual makanan wanita lainnya, bagi saya itu sudah menggambarkan inspirasi Kartini. Sangat women empowerment," lanjut Chef Renatta.

Warteg Mama IyahPenjual Makanan Wanita Foto: dok. detikFood

Chef Renatta sendiri mengaku tidak terlalu pilih-pilih makanan untuk menu bersantapnya setiap hari. Ia tidak masalah menyantap hidangan dari warung makan atau makanan kaki lima.

"Saya tidak terlalu picky untuk makanan. Makan di restoran atau fine dining itu lebih untuk acara spesial, tapi selebihnya saya makan apa saja," lanjutnya sambil tertawa.

Chef Renatta kini tengah disibukkan dengan berbagai proyek baru. Terutama menjadi juri di musim terbaru Masterchef Indonesia yang terlibat dalam berbagai tahapan penjurian.

Kemudian mengembangkan Ruma Dining tempat bergabungnya para chef, dan produk makanan online Enak Dibungkus. Semuanya merupakan racikan makanan tradisional yang akrab di lidah.

Baca Juga: Begini Cara Chef Renatta Moeloek Makan Mie Instan dan Bubur Ayam



Simak Video "Nostalgia Kuliner Tempo Dulu Khas Jateng-Jatim di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com