Chef Renatta Tunda Sekolah Kuliner Gegara Luka Bakar, Ini Kisahnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 12:00 WIB
Chef Renatta Tunda Sekolah Kuliner Gegara Luka Bakar, Ini Kisahnya Foto: Instagram renattamoeloek
Jakarta -

Chef Renatta punya bekas luka bakar di perut hingga kakinya. Kepada chef Arnold Poernomo, chef Renatta ungkap cerita di baliknya.

Menjadi bintang tamu di channel YouTube Arnold Poernomo, chef Renatta jadi perbincangan hangat. Ia menjawab banyak pertanyaan netizen via chef Arnold.

Video keduanyapun sudah ditonton hampir 2 juta kali saat berita ini dibuat, padahal chef Arnold baru mengunggahnya kemarin sore (19/10).

Salah satu yang menarik perhatian adalah kisah di balik luka bakar chef Renatta. Wanita 26 tahun ini menjelaskan penyebabnya yang belum diketahui banyak orang.

"Waktu itu umur 18 tahun," buka chef Renatta. Peristiwa ini terjadi saat dirinya masak di apartemen. Kala itu chef Renatta belum sekolah kuliner ataupun jadi chef.

Chef Renatta kemudian menunjukkan bekas luka bakar yang masih ada di lengan dan kaki kanannya. "Sama di perut," tambahnya.

Chef Renatta Tunda Sekolah Kuliner Gegara Luka Bakar, Ini KisahnyaChef Renatta Tunda Sekolah Kuliner Gegara Luka Bakar, Ini Kisahnya Foto: Instagram renattamoeloek

Ia bilang butuh waktu 1 tahun untuk menyembuhkan luka bakar itu. Penyebabnya adalah kebocoran gas yang terjadi saat ia tengah masak.

Ketika ada ledakan, chef Renatta berusaha melindungi diri dengan bagian kanan tubuhnya. Bagian inilah yang kemudian tersulut api paling parah.

Chef Renatta merasa masih beruntung karena saat itu mengenakan jeans sehingga bagian kakinya tak kena ledakan terlalu parah. "Tapi yang kaki pakai jeans aman," ujarnya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Chef Renatta Moeloek yang Jadi Incaran Netizen

Uniknya chef Renatta mengaku tak trauma dengan kejadian itu. "Sebenernya nggak (trauma), tapi sangat memorable," ungkapnya.

Ia menekankan tak trauma lihat api atau kompor, tapi kalau ada bau gas bocor, chef Renatta langsung waspada. Ia berujar, "Sekarang lebih careful sama gas."

Gegara luka bakar ini, chef Renatta sempat menunda pendidikan kulinernya di Paris. "Gue udah apply (sekolah), harusnya masuknya awal-awal tahun, terus gue kecelakaan," ungkapnya.

Chef bertato ini lantas minta izin untuk menunda waktu masuknya, tapi tidak dibolehkan. "Kita bujuk-bujuklah sampai dokternya ngeluarin surat soal progress penyembuhannya gimana, foto-fotonya, dikirim ke sekolah biar ngerti. Terus yaudah ngerti," lanjutnya.

Chef Renatta harus dirawat sekitar dua bulan di rumah sakit karena luka bakar. Ia bilang peristiwa itu jadi salah satu titik paling stress dalam hidupnya.

Chef Renatta Tunda Sekolah Kuliner Gegara Luka Bakar, Ini KisahnyaChef Renatta Tunda Sekolah Kuliner Gegara Luka Bakar, Ini Kisahnya Foto: Instagram renattamoeloek

"Gue bukan karena merasa karir gue atau hidup gue (berakhir) sama sekali, tapi kalau lo kena luka bakar, lo pasti masuk rumah sakit bagian gedung isolasi. Jadi gue ada di satu ruangan sama belasan orang korban luka bakar yang lain," tuturnya.

"Jadi kalau lo udah berbulan-bulan di situ, tiap hari lo bangun yang lo denger itu ada yang teriak-teriak diganti perbannya. Ada yang lagi nangis-nangis," katanya. Menurutnya hal itulah yang membuatnya depresi.

Meski punya bekas luka bakar yang besar, terutama di bagian perut, chef Renatta mengaku kepercayaan dirinya tidak berkurang. "Nggak (jadi minder sih)," tutupnya.

Terbukti, di Instagram pribadinya, chef Renatta juga pernah mengunggah foto bagaimana bekas luka bakarnya di perut. Ia menambahkan keterangan, "#burnt #scarsarestories."

Baca Juga: Chef Renatta Bikin Kakak Buat Pengakuan tentang Berat Badan



Simak Video "Maknyus! Warung Tenda Ini Sajikan Kuliner Khas Jepang Otentik"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)