William Wongso Luncurkan Pawon Om Will, Lauk Siap Makan Berbumbu Autentik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 10 Apr 2021 13:00 WIB
William Wongso Luncurkan Pawon Om Will, Lauk Siap Makan Berbumbu Autentik Foto: Pawon Om Will
Jakarta -

Pakar kuliner nusantara, William Wongso meluncurkan Pawon Om Will. Berupa lauk tradisional khas Indonesia siap santap yang diracik dengan bumbu autentik.

Puluhan tahun melakukan diplomasi kuliner Indonesia ke mancanegara, William Wongso punya bekal yang sangat cukup untuk memperkenalkan kuliner Indonesia lebih luas lagi. Salah satu caranya dengan meluncurkan Pawon Om Will (POW).

Dalam konferensi pers virtual (8/4), William Wongso menjelaskan lebih jauh soal POW yang merupakan produk lauk kemasan siap makan. Saat ini POW tersedia dalam tiga varian yaitu opor ayam, rendang ayam, dan ayam bumbu bali dalam kemasan 100 gram.

POW dikemas menggunakan teknologi retort yaitu sterilisasi produk pangan dengan pemanasan. Fungsinya untuk membunuh bakteri sehingga POW bisa tahan di suhu ruang sampai satu tahun meski tidak masuk kulkas atau freezer.

William Wongso Luncurkan Pawon Om Will, Lauk Siap Makan Berbumbu AutentikWilliam Wongso Luncurkan Pawon Om Will, Lauk Siap Makan Berbumbu Autentik Foto: Pawon Om Will

Lauk-lauk POW bisa langsung dinikmati tanpa harus dimasak. Karenanya William Wongso juga meyakini produk ini bisa digunakan sebagai cara memperkenalkan kuliner Indonesia kepada dunia.

"Saya kan sering melakukan gastronomi diplomasi ke mancanegara. Saya temukan orang-orang luar negeri yg mau masak masakan Indonesia itu sulit menemukan bahannya. Apalagi di Korea Selatan, ada sekitar 40 ribu TKI yang lembur terus, nggak punya waktu masak, padahal kangen masakan Indonesia. Butuh solusi masakan Indonesia autentik yang praktis seperti ini," kata William Wongso.

Baca Juga: William Wongso Jadi Mentor Rendang Gordon Ramsay, Netizen Pro Kontra

Penulis buku Flavours of Indonesia ini mengembangkan resep POW dengan cermat. Pemilihan bahan baku yang segar dan sehat jadi kuncinya.

William Wongso bahkan tidak menggunakan santan dalam seluruh produk POW. Sebagai alternatif, ia memakai krimer yang komponen utamanya berupa serat pangan dan lemak nabati.

William Wongso mengatakan, "Kenapa pakai krimer? Sebab banyak orang intoleran terhadap santan. Banyak orang juga kekurangan serat, jadi (produk ini) bisa memasok kebutuhan serat (ketika dikonsumsi). Cita rasanya (krimer) juga tidak jauh berbeda dengan santan."

William Wongso Luncurkan Pawon Om Will, Lauk Siap Makan Berbumbu AutentikWilliam Wongso Luncurkan Pawon Om Will, Lauk Siap Makan Berbumbu Autentik Foto: Pawon Om Will

Saat ini POW baru tersedia dalam tiga varian, namun William Wongso mengatakan ke depannya akan ada banyak varian lain. Setelahnya ia menjelaskan alasan dirinya mengemas POW dalam ukuran 100 gram saja.

"Ini bisa dimakan untuk ukuran per orang. Ditujukan untuk sekali makan langsung habis. Kalau mau makan ramai-ramai bisa membuka sekaligus beberapa bungkus," tambahnya.

POW sudah dijual di situs-situs marketplace ternama dan bisa dibeli juga melalui Instagram pawonomwill. Harganya mulai dari Rp 26 ribu hingga Rp 33 ribu per buah. Ada juga kemasan bundling 3 produk seharga Rp 68 ribu.

Baca Juga: Trik Jitu Diplomasi Kuliner Indonesia di Luar Negeri Menurut Pakar

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com