Penggemar Kopi, Warung Kopi Joss Lek Man Pindah Lokasi

Heri Susanto - detikFood Kamis, 08 Apr 2021 17:30 WIB
Kopi Joss Lek Man Pindah Lokasi Foto: detikFood/Heri Susanto
Jakarta -

Warung kopi joss Lek Man dikenal dengan kopi yang dicelupi arang membara. Kini warung kopi ini punya lokasi baru di Selasar Malioboro.

Destinasi kuliner khas Jogja, Kopi Joss, kopi yang menggunakan arang direlokasi dari Jalan Wongsodirjan, utara Stasiun Tugu ke Selasar Malioboro, di Jalan Pasar Kembang Kamis (8/4/2021). Relokasi dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai bentuk revitalisasi stasiun.

"Jalan Wongsodirjan ini rencanakan, akan menjadi pintu masuk penumpang kereta bandara," ujar Kepala Daerah Operasional (Daops) VI PT KAI Asdo Artrivianto diwawamcarai saat relokasi, Kamis (8/4/2021).

Asdo menjelaskan KAI memberikan lokasi baru di Jalan Pasar Kembang, yang mereka namakan Selasar Malioboro. Di lokasi ini menampung 24 Pedagang Kaki Lima (PKL) dari Jalan Wongsodirjan.

Kopi Joss Lek Man Pindah LokasiKopi Joss Lek Man Pindah Lokasi Foto: detikFood/Heri Susanto

"Karena tidak bisa menampung semua, nanti akan dibuat shift. Jadi semua bisa tertampung," katanya.

Wisatawan yang akan menikmati Kopi Joss Lek Man sekarang tinggal berjalan ke selatan sampai perempatan kereta api berjalan ke barat arah pintu masuk penumpang dari selatan.

Kopi Joss Lek Man Pindah LokasiKopi Joss Lek Man Pindah Lokasi Foto: detikFood/Heri Susanto

Putera Lek Man Juwandi mengatakan ia bersama dengan 24 PKL lain harus mengikuti ketentuan pemerintah daerah. Meski, nantinya bakal berdampak pada omset harian mereka yang biasa di hari normal mencapai Rp 1 juta.

"Ya pas normal biasa Rp 1 juta. Kalau pas musim liburan bisa bertambah," katanya.

Juwandi yang merupakan penerus ketiga Kopi Joss. Generasi pertama adalah ayah dari Lek Man yang berjualan di sisi utara Stasiun Tugu sebelum 1965.

"Ada PKI berhenti, sembah jualan lagi tahun 1968," jelasnya.

Kopi Joss Lek Man Pindah LokasiKopi Joss Lek Man Pindah Lokasi Foto: detikFood/Heri Susanto

Tahun 1970, baru Lek Man melanjutkan usaha angkringan. Saat itu, Lek Man berinovasi dengan menambahkan arang yang menimbulkan bunyi "joss" saat dimasukkan ke dalam gelas.

"Saya mulai tahun 2008 melanjutkan Lek Man. Mudah-mudahan dengan pindah ke sini bisa cepat pulih pengunjungnya," katanya.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan sesuai rencana Jalan Wongsodirjan akan diubah searah dari timur untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas penumpang kereta api bandara.



Simak Video "Sekuriti Toko Emas Perampas Uang Setoran Rp 425 Juta Dibekuk, Kaki Didor!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com