Segar Renyah! Ayam Jamur Sambal Pecak di Rumah Jamur Kisaran

Perdana Ramadhan - detikFood Senin, 05 Apr 2021 12:00 WIB
Segar Renyah! Ayam Jamur Sambal Pecak di Rumah Jamur Kisaran Foto: detikcom/Perdana Ramadhan
Medan -

Di rumah makan ini jamur tiram yang segar juicy diolah dengan ikan, kangkung hingga ayam. Ditambah sambal pecak yang pedas menyengat rasanya nampol banget.

Jamur tiram, merupakan salah satu jenis makanan yang poluler di Indonesia. Jamur berpayung lebar dan tebal ini diolah menjadi beragam hidangan. Selain enak jamur ini juga kaya akan serat, vitamin dan mineral penting serta antioksidan.

Di Kisaran, Kabupaten Asahan Sumatera Utara, terdapat sebuah rumah makan yang konsisten menyajikan aneka olahan makanan dengan jamur. segar Namanya Rumah Makan Jamur, yang beralamat di Jalan Budi Utomo Kelurahan Siumbut- Umbut Baru, Kecamatan Kisaran Timur.

Segar Renyah! Ayam Jamur Sambal Pecak di Rumah Jamur KisaranSegar Renyah! Ayam Jamur Sambal Pecak di Rumah Jamur Kisaran Foto: detikcom/Perdana Ramadhan

Rumah makan jamur ini sudah beroperasi sejak Agustus 2012. Sebelum memutuskan untuk menjual aneka makanan serba jamur, sang pemilik bernama Ahmad Rofi'i adalah seorang petani yang melakukan budidaya jamur tiram.

Rofi'i, menekuni budidaya jamur di belakang rumahnya sejak tahun 2008. Hasil panennya jamurnya berlimpah. Iapun terpikir untuk membuka bisnis kuliner aneka makanan jamur dan masih berlangsung hingga kini.

Rumah Makan Jamur miliknya menjadi yang pertama menawarkan aneka menu jamur di kota Kisaran, Asahan. Meski tak seramai dulu, Rofi' mengaku tetap konsisten membuka usahanya setiap hari kecuali hari Jumat. Buka mulai siang hingga tutup pukul 22.00 WIB.

"Kalau dulu bisa habiskan 60-70 kilogram jamur sehari," ujarnya saat berbincang bersama detikcom, Sabtu (3/4/2021).

Segar Renyah! Ayam Jamur Sambal Pecak di Rumah Jamur KisaranSegar Renyah! Ayam Jamur Sambal Pecak di Rumah Jamur Kisaran Foto: detikcom/Perdana Ramadhan

Untuk menu serba jamur yang ditawarkan Rumah Jamur, dipadu dengan beragam kuliner nusantara. Seperti ayam kampung , mujair, lele, sop, tumis kangkung , nasi goreng, mie goreng, hingga minuman jus yang semua menunya dipadukan dengan olahan jamur tiram segar.

Rumah Makan Jamur Kisaran ini tampilan sederhana. Selain dijadikan lokasi usaha, juga dijadikan tempat tinggal oleh pemiliknya. Terdapat beberapa pojok meja lesehan dan bangku tersusun rapi di beberapa bagian.

"Jamur yang kita hidangkan ini masih segar. Langsung dipanen dan dimasak," ujarnya.

Benar saja, ketika detikcom mencicipi tumis kangkung jamur yang disajikan hangat mengepul. Tekstur jamur yang renyah juicy dibalut bumbu pedas l membangkitkan nafsu makan dan menggugah selera.

Segar Renyah! Ayam Jamur Sambal Pecak di Rumah Jamur KisaranSegar Renyah! Ayam Jamur Sambal Pecak di Rumah Jamur Kisaran Foto: detikcom/Perdana Ramadhan

Menu paket favorit yang paling digemari pengunjung adalah ayam jamur sambal pecak. Untuk satu paket disajikan dengan nasi, dan segelas es teh manis hanya Rp 25.000. Rasa gurih daging ayam goreng dipadukan dengan jamur dengan baluran sambal pecak. Sambalnya diracik dengan cabai hijau dan merah, bawang putih rasanya pedas menyengat.

Sementara itu untuk ikan mujair sambal pecak jamur juga tersedia dengan satu paket nasi dan segelas es teh manisnya seharga Rp 46.000. Ada pula paket lele pecak seharga Rp 21.000 ribu. Sementara itu, mie goreng jamur dan segelas es teh cukup Rp 17.000.

Suri Kartika, salah seorang pelanggan tetap di rumah makan jamur mengatakan sangat suka makan jamur karena cita rasa masakan dan kesegaran jamurnya yang tidak berubah.

"Gurih dan segar jamurnya ini dari dulu pertama buka tidak berubah tetap enak. Saya sering makan ke sini sama keluarga," katanya.



Simak Video "Bikin Laper: Autentiknya Mie Sapi Pedas di Wo Ai Mie"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com