Uniknya Pasar Rengrang yang Menjual Beragam Jajanan Pasar Tempo Dulu

Uje Hartono - detikFood Senin, 29 Mar 2021 10:30 WIB
Uniknya Pasar Rengrang yang Menjual Beragam Jajanan Pasar Tempo Dulu Foto: detikcom/Uje Hartono
Jakarta -

Ingin menikmati jajanan tempo dulu? Kamu bisa mampir di Pasar Rengrang, Banjarnegara. Ada urap jagung hingga ondol-ondol yang murah enak.

Berbagai jenis jajanan yang saat ini jarang dijumpai, bisa dinikmati di Pasar Rengrang yang berada Desa Dawuhan Kecamatan Wanasaya. Sebut saja, jajanan ondol-ondol, gethuk, urap jagung, klepon dan masih banyak lainnya.

Pasar yang buka setiap hari Minggu ini memang terbilang unik. Pasalnya, selain menyuguhkan aneka jenis makanan tempo dulu, suasana pun seakan berada di pasar tempo dulu. Bagaimana tidak? Semua penjual mengenakan pakaian lurik khas adat jawa.

Belum lagi uang yang digunakan untuk bertransaksi. Bukan uang rupiah yang biasa digunakan di pasar pada umumnya, namun koin khusus yang dibuat oleh pengelola. Koin yang terbuat dari kayu ini bernilai Rp 2.000 per satu koin. Nantinya, koin ini bisa digunakan untuk membeli aneka ragam jenis makanan tradisional.

Uniknya Pasar Rengrang yang Menjual Beragam Jajanan Pasar Tempo DuluUniknya Pasar Rengrang yang Menjual Beragam Jajanan Pasar Tempo Dulu Foto: detikcom/Uje Hartono

"Satu koin senilai Rp 2 ribu. Tetapi tidak perlu khawatir kalau sudah menukar banyak tetapi tidak habis. Pengunjung pasar Rengrang ini bisa menukar kembali menjadi uang rupiah," kata Supri, pengelola pasar Rengrang saat ditemui di pasar, Minggu (28/3/2021).

Supri mengatakan, pasar yang berada di jalur wisata dataran tinggi Dieng ini dibuka setiap hari Minggu mulai pukul 08.00 WIB hingga sore hari. Biasanya, pengunjung mulai banyak saat siang hari. Menurutnya pengunjung tidak perlu khawatir kepanasan, selain berada di pegunungan, pasar ini terletak di tepi sungai dan di bawah rindangnya pohon bambu.

"Sesuai namanya pasar Rengrang yang artinya berada di lahan bekas sungai yang sudah menjadi daratan. Jadi kami memanfaatkan lahan yang tidak dipakai untuk menjadi wisata," jelasnya.

Uniknya Pasar Rengrang yang Menjual Beragam Jajanan Pasar Tempo DuluUniknya Pasar Rengrang yang Menjual Beragam Jajanan Pasar Tempo Dulu Foto: detikcom/Uje Hartono

Untuk berkunjung ke pasar Rengrang ini, pengunjung harus merogoh kocek Rp 10 ribu. Namun tidak perlu khawatir, sebab di sekitar pasar terdapat taman bermain anak, seperti kolam renang hingga terapi ikan.

"Untuk tiket masuk ke komplek wisata desa dawuhan itu Rp 10 ribu. Di sini, selain pasar rengrang juga ada tempat bermain anak, outbond, dan juga ada wisata adrenaline river tubing," sebutnya.

Ariesta Dewi, salah satu wisatawan mengaku betah berlama-lama saat menikmati jajanan tradisional di Pasar Rengrang. Selain bisa bernostalgia, juga tempatnya nyaman, bisa menikmati suara sungai dan sejuknya udara pegunungan.

Uniknya Pasar Rengrang yang Menjual Beragam Jajanan Pasar Tempo DuluUniknya Pasar Rengrang yang Menjual Beragam Jajanan Pasar Tempo Dulu Foto: detikcom/Uje Hartono

"Tempatnya enak, jadi maunya berlama-lama di sini. Jajananya pun beragam. Banyak pilihannya tetapi rata-rata jajanan jaman dulu," tuturnya.

Pasar Rengrang bisa kamu masukkan ke daftar destinasi wisata kuliner saat berwisata ke Dieng atau jalan-jalan di Banjarnegara di hari Minggu.



Simak Video "Ramainya Jajanan di Pasar Kue Subuh di Blok M"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com