Zangrandi Ice Cream, Toko Es Krim Berusia 90 Tahun Akan Tutup?

Esti Widiyana - detikFood Senin, 22 Mar 2021 10:30 WIB
Zangrandi Ice Cream, Toko Es Krim Berusia 90 Tahun Akan Tutup? Foto: Esti Widiyana /detikcom
Surabaya -

Para pencinta es krim akan kehilangan salah satu gerai es krim tertua di Indonesia. Zangrandi Ice Cream di Surabaya dikabarkan akan tutup dalam waktu dekat ini.

Toko es krim Zangrandi yang berlokasi di di Jl. Yos Sudarso No.15 Surabaya didirikan pada tahun 1930. Hingga kini tempat ini masih digemari banyak orang karena rasa es krim yang klasik.

Zangrandi didirikan oleh sebuah keluarga berkebangsaan Italia bernama Roberto Zangrandi. Es krimnya diracik dengan resep yang diciptakan oleh Nyonya Roberto Zangrandi atau yang populer dengan Mevrouw Zangrandi'.

Mengenai kabar penutupan toko es krim, Public Relation Officer (PRO) Zangrandi Ice Cream, Hanifah Siswanti membenarkan hal tersebut. Namun masih belum dipastikan kapan rencana penutupan itu dilakukan.

Zangrandi Ice Cream, Toko Es Krim Berusia 90 Tahun Akan Tutup?Zangrandi Ice Cream, Toko Es Krim Berusia 90 Tahun Akan Tutup? Foto: Esti Widiyana /detikcom

"Kalau omongan mau tutup memang ada, cuman kapan pastinya belum tahu," kata Hani saat dihubungi detikcom, Minggu (21/3/2021).

Hingga pekan depan, para karyawan masih bekerja di Zangrandi Ice Cream Jalan Yos Sudarso. Sebab, belum pasti kapan ditutup. "Ini belum tahu, belum pasti. Jadi masih belum pasti," ujarnya

Penutupan Zangrandi bukanlah karena dampak pandemi COVID-19. Melainkan sejak penutupan jalan akibat pembangunan alun-alun Surabaya.

"Enggak (karena pandemi COVID-19). Sebenarnya sejak jalan ditutup pembangunan alun-alun. Sebenarnya dampak kita mau tutup bukan sepi," jelasnya.

Diketahui, Zangrandi sendiri hanya memiliki satu cabang resmi di Surabaya. Yakni di dalam Pasar Atom. Sebelumnya ada di Galaxy Mal, namun sudah tutup karena kontrak habis.

Wisata Kuliner Eskrim Zangrandi di SurabayaZangrandi Ice Cream, Toko Es Krim Berusia 90 Tahun Akan Tutup? Foto: Widi Arini/d'traveler

"Di Ngagel beda manajemen tapi masih ada ikatan saudara, tapi kalau es krim sama manajemen itu beda. Dulu memang supply dari Zangrandi pusat tapi mulai per tahun berapa sudah tidak supply dari kita. Kita kalau yang asli di Yos Sudarso sama Pasar Atom," katanya.

Salah satu pembeli es krim Zangrandi, David Pratama merasa kehilangan jika benar-benar akan ditutup. Sebab, selain cita rasa es krim, sejarahnya juga melekat.

"Di sini tempatnya bagus banget, bangunan kuno, kalau tutup kita beli di mana?," tutupnya.

Zangrandi menjadi tempat destinasi wisata kuliner tempo dulu di Surabaya. Selain menikmati beragam es krim yang diracik dengan bahan-bahan alami, tempat ini menjadi sarana bagi pengunjung untuk bernostalgia dan bagian sejarah kota Surabaya.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com