Unik dan Sedap! Sate Karak Asli dan Satu-satunya di Ampel Surabaya

Esti Widiyana - detikFood Rabu, 17 Mar 2021 16:30 WIB
Unik dan Sedap! Sate Karak Asli dan Satu-satunya di Ampel Surabaya Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Sate karak ini terbuat dari jeroan sapi. Bukan hanya bumbunya yang gurih enak tetapi sambalnya juga sedap. Foodies wajib mampir ke sini!

Sate ini terbuat dari potongan jeroan sapi, lalu dilumuri bumbu rahasia dan dibakar. Kemudian disantap dengan nasi ketan hitam dan ditaburi bumbu kelapa di atasnya yang disebut sambal bubul. Itulah gambaran dari Sate Karak khas Ampel, Surabaya.

Saat pertama kali mendengar namanya, orang akan mengira bahwa Sate Karak adalah nasi basi yang dijemur hingga kering, layaknya karak yang biasa diketahui. Namun Sate Karak ini berbeda. Terbuat dari potongan jeroan sapi, seperti usus dan gajih (lemak) yang dihidangkan dengan nasi ketan hitam.

Dari namanya saja sudah unik dan tak biasa. Bahkan Sate Karak ini tak sepopuler sate-sate pada umumnya. Hal itulah yang membuat daya tarik sendiri bagi penikmat kuliner.

Unik dan Sedap! Sate Karak Asli dan Satu-satunya di Ampel SurabayaUnik dan Sedap! Sate Karak Asli dan Satu-satunya di Ampel Surabaya Foto: Esti Widiyana/detikcom

Sate Karak ini rupanya sudah ada sejak lama. Bahkan, kini yang menjual ialah generasi ketiga. Ellis Romlah, cucu dari pendiri sate karak yang kini meneruskan kuliner Sate Karak.

"Sate Karak ini pertama kali didirikan nenek saya sewaktu penjajahan Belanda. Lalu diteruskan oleh ibu saya tapi hanya sebentar. Dan sekarang saya yang melanjutkannya. Dan satu-satunya di Ampel," kata Ellis kepada detikcom, Selasa (16/3/2021).

Nama karak sendiri bukan dari satenya, melainkan pengganti nasi putihnya. Ellis mengatakan, saat menyantap sate jeroan sapi dilengkapi dengan ketan.

Unik dan Sedap! Sate Karak Asli dan Satu-satunya di Ampel SurabayaUnik dan Sedap! Sate Karak Asli dan Satu-satunya di Ampel Surabaya Foto: Esti Widiyana/detikcom

"Memang dari dulu namanya gitu. Kalau nasi hanya karak, tapi bukan nasi basi yg dikeringkan, tapi ketan item. Setelannya (jodohnya) sate menang sama ketan, memang dari dulu gitu. Memang gitu awal mulanya gitu," jelasnya.

Rupanya, Sate Karak ini menjadi langganan dan kesukaan masyarakat keturunan Arab yang tinggal di sekitar Ampel. Sebab, memang hanya satu yang menjual dan satu-satunya yang ada.

Dalam penyajiannya, Sate Karak ini tak seperti sate pada umunya yang selalu diberi bumbu kacang. Tetapi setelah dibakar langsung disantap tanpa tambahan siraman bumbu lainnya. Itulah keunikan pada Sate Karak ini.

Unik dan Sedap! Sate Karak Asli dan Satu-satunya di Ampel SurabayaUnik dan Sedap! Sate Karak Asli dan Satu-satunya di Ampel Surabaya Foto: Esti Widiyana/detikcom

Akan tetapi, orang yang tidak pernah memakannya, biasanya meminta tambahan bumbu kacang di atasnya. Dan jika tidak terbiasa makan dengan nasi ketan dan parutan kelapa, bisa diganti nasi putih biasa. Selain sate karak, Ellis juga menjual sate daging yang dilumuri bumbu kacang seperti sate-sate pada umumnya.

"Cuman sedikit yang meminta itu, biasanya sudah enak kalau ga ditambah bumbu kacang, itu cuma orang-orang yang kepengen aja," ujarnya.

Untuk menikmati Sate Karak tidak mahal, cukup Rp 15.000 per porsi. Warung Sate Karak buka mulai pukul 16.00 - 23.00 WIB. Sementara lokasinya sendiri harus dicari pelan-pelan, karena berada di depan gang dan warungnya tidak besar. Tepatnya di Jalan Ampel Lonceng No. 60, Ampel, Semampir, Surabaya.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com