Ini Rahasia Bumbu Kacang Sate Pak Heri Asli yang Bikin Nagih

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 07 Mar 2021 19:00 WIB
rahasia bumbu sate pak heri asli yang rasanya selalu bikin nagih Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Sate Pak Heri Asli sudah tersohor di kawasan Sabang, Jakarta Pusat. Sate ayam dan kambing di sini diberi racikan bumbu istimewa. Ternyata ini rahasianya!

Memasuki kawasan Sabang, Menteng, Jakarta Pusat, kamu pasti akan disambut aroma wangi dari sate yang sedang dibakar. Kawasan ini memang terkenal sebagai surganya sate di Jakarta.

Sate Pak Heri Asli merupakan salah satu tempat yang sudah terkenal akan kelezatan satenya. Warung sate yang sudah ada sejak 1974 ini selalu ramai setiap hari.

Warung makan ini mudah ditemui, tinggal cari saja yang asapnya terlihat mengepul saat baru menginjakan kaki di Jalan Sabang. Jangan terkecoh, karena Sate Pak Heri yang legendaris itu menyematkan kata 'Asli'.

rahasia bumbu sate pak heri asli yang rasanya selalu bikin nagihrahasia bumbu sate pak heri asli yang rasanya selalu bikin nagih Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Sate Pak Heri Asli menyajikan menu sate khas Madura. Ada sate ayam dengan bumbu kacang legit serta sate kambing dengan bumbu kecap yang manis.

Selain itu, Sate Pak Heri Asli juga mengembangkan menunya dari permintaan pelanggan. Ada sate kulit ayam, sate telur muda, dan ati ampela. Ada juga menu sop iga kambing dan soto ayam.

Menurut Syaiful, pemilik Sate Pak Heri Asli yang paling banyak dipesan oleh pelanggannya adalah sate ayam dan sate telur muda. "Yang banyak dipesan dari sate telur dan sate ayam," ujarnya kepada detikFood (25/2).

rahasia bumbu sate pak heri asli yang rasanya selalu bikin nagihrahasia bumbu sate pak heri asli yang rasanya selalu bikin nagih Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Tim detikFood pun penasaran dengan keistimewaan sate ayam yang disajikan oleh Sate Pak Heri Asli. Benar saja, sate ayamnya memang enak.

Daging ayamnya empuk dan potongannya juga pas di mulut. Paling istimewa lagi racikan bumbu kacangnya yang gurih, agak manis, dan legit ini.

Kamipun mengulik rasa istimewa dari bumbu kacang yang menjadi pelengkap sate ayam ini langsung kepada pemiliknya. Syaiful membeberkan racikan 'rahasia' dari bumbu kacang tersebut.

rahasia bumbu sate pak heri asli yang rasanya selalu bikin nagihrahasia bumbu sate pak heri asli yang rasanya selalu bikin nagih Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

"Sebenernya ini rahasia ya, dari kacangnya memang kita. Sate Madura kan ciri khasnya ada sambel kacang ya, ya ada sedikitlah pake kacang medenya. Perbandingannya satu banding tiga per empat lah," ungkap Syaiful.

Ternyata, rahasia kelezatan dari bumbu kacang yang digunakan sebagai pelengkap sate ayam Sate Pak Heri Asli ini tak hanya berasal dari kacang tanah saja, ada juga campuran kacang mede yang membuat cita rasanya makin istimewa.

Walaupun jumlah kacang mede yang dicampurkan tak begitu banyak, namun rasa gurih dari bumbu kacangnya memang berbeda dari sate lainnya. Bumbu kacangnya juga makin terasa legit dengan paduan rasa manis dari kecap manis.

Sate Pak Heri Asli, sate legendaris di Sabang, Jakarta Pusat Sejak 1974Sate Pak Heri Asli, sate legendaris di Sabang, Jakarta Pusat Sejak 1974 Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Selain dari kacangnya, Syaiful juga mengungkapkan kalau kecap manis yang digunakan dari dua merek berbeda. "Kecapnya kita pake kecap perpaduan ya antara Bebek dan Bango. Jadi, mungkin dari bumbunya itu yang membedakan," ungkapnya lagi.

Bumbu kacang ini tak hanya dilumuri ketika proses penyajian sate ayamnya saja, tetapi juga jadi bumbu utama saat pembakaran. Jadi, ada 2 kali proses pemberian bumbu. Karenanya, rasa sate ayam dari Sate Pak Heri Asli selalu bikin para pelanggannya ketagihan.

Kalau ingin mampir dan mencicipi lezatnya Sate Pak Heri Asli, kamu bisa mengunjungi warungnya di Sabang, Menteng, Jakarta Pusat. Lokasinya berada di depan percetakan, buka pada pukul 10.00-24.00 WIB.

Baca Juga: 20 Sate Ayam Madura Enak Ada di Sini



Simak Video "Bikin Laper: Sate hingga Kremesan Nikmat di Warung Nasi Urang Sunda"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com