Nikmatnya Bakso Bintoro di Surabaya yang Peminatnya sampai Negeri Tetangga

Esti Widiyana - detikFood Senin, 22 Feb 2021 15:00 WIB
bakso bintoro di surabaya Foto: detikFood/Esti Widiyana
FOKUS BERITA Bakso Kekinian
Jakarta -

Bakso Bintoro di Surabaya punya menu favorit bakso keju dan bakso jamur. Peminat bakso ini sampai ke negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Warga Indonesia mana yang tidak suka bakso? Apalagi saat musim hujan, cuaca dingin adalah saat yang tepat untuk menyantap seporsi bakso yang gurih hangat.

Salah satu tempat untuk menikmatinya adalah Bakso Bintoro di Jalan Bintoro, Surabaya. Gerai bakso dengan banyak varian ini cukup terkenal di Kota Pahlawan karena kelezatannya. Ada 5 varian bakso di sini yaitu pentol keju, jamur, kasar, alus dan isi telur puyuh.

Menu Bakso Bintoro yang berdiri sejak tahun 2002 ini memiliki rasa yang berbeda dari bakso lainnya. Cita rasa pentolnya nikmat dan kuahnya yang tidak bening terasa gurih enak.

bakso bintoro di surabayabakso bintoro di surabaya Foto: detikFood/Esti Widiyana

"Di sini yang menjadi favorit bakso keju dan jamur. Kalau musim hujan selalu habis cepat," kata Efendi Tri Irawan (30) salah satu pegawai Bakso Bintoro kepada detikcom, Minggu (21/2/2021).

Karena kelezatannya, penikmat Bakso Bintoro tak hanya dari Indonesia saja. Bahkan tak tanggung-tanggung, bakso yang telah dibekukan bisa dikirim hingga ke mancanegara.

"Biasanya kirim bakso frozen ke luar pulau, biasanya kerabatnya dari luar pulau kesini makan. Paling jauh ke Makassar, Singapura, Malaysia juga pernah. Ada yang pesan sampai 300-500 biji ke luar negeri," jelasnya.

Setiap harinya, Bakso Bintoro bisa menghabiskan 18-24 kilo gram adonan bakso. Jumlah ini sebenarnya menurun semenjak pandemi Covid-19 karena banyaknya peraturan yang membuat omzet menjadi turun.

bakso bintoro di surabayabakso bintoro di surabaya Foto: detikFood/Esti Widiyana

"Sebelum pandemi bisa menghabiskan 36 kilo gram setiap harinya, cuma ada pandemi ini merosot omzetnya," ujarnya.

Pengaruh penurunan omzet saat pandemi COVID-19 sendiri adalah aturan dari pemerintah. Seperti pembatasan jumlah pembeli dan jam operasional. "Kalau sebelum pandemi bisa buka sampai jam 21.00 - 22.00 malam. Karena sering operasi di daerah sini makanya tutup cepet, jam 20.00 sudah tutup," katanya.

bakso bintoro di surabayabakso bintoro di surabaya Foto: detikFood/Esti Widiyana

Untuk menikmati Bakso Bintoro, pembeli tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk setiap porsinya. Sebab, gerai bakso ini tidak mematok harga per porsi, melainkan per biji pentol, tahu, siomay dan gorengan sesuai pilihan pembeli.

Harga pentol berukuran kecil hanya Rp 2 ribu, pentol besar kasar Rp 5 ribu, gorengan, siomay dan tahu seribu rupiah. Bakso Bintoro setiap hari buka pukul 10.00 - 20.30 WIB.



Simak Video "Penampakan Desa 'Miliarder' di Tuban yang Warganya Borong 176 Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)
FOKUS BERITA Bakso Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com