Empuk Berbumbu Rempah Rica-Rica Mentok Lamongan Ini Bikin Nagih

Eko Sudjarwo - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 12:30 WIB
Empuk Berbumbu Rempah Rica-Rica Mentok Lamongan Ini Bikin Nagih Foto: detikcom/Eko Sudjarwo
Lamongan -

Lamongan tak hanya kondang dengan sotonya yang lezat. Ada juga Rica-Rica Mentok ala Lamongan yang pedas dan berempah dan bakal bikin lidah bergoyang.

Salah satu warung di Lamongan yang menyajikan Rica-rica Mentok ini adalah warung milik Teguh Santoso. Di warung yang berada di Simpang Kusuma Bangsa Lamongan kota ini, kamu bisa mendapatkan rica-rica mentok nan pedas yang diracik dengan beragam rempah.

"Proses penyajian rica-rica mentok atau itik ini tidak membutuhkan waktu lama. Bumbu yang sudah siap dimasukkan ke dalam penggorengan," kata Teguh Santoso atau yang akrab disapa Karembo ini di sela-sela kesibukannya melayani pelanggan, Rabu (17/2/2021).

Empuk Berbumbu Rempah Rica-Rica Mentok Lamongan Ini Bikin NagihEmpuk Berbumbu Rempah Rica-Rica Mentok Lamongan Ini Bikin Nagih Foto: detikcom/Eko Sudjarwo

Baru setelah panas, daging mentok atau itik yang sebelumnya sudah digoreng setengah matang dimasukkan menjadi satu dalam penggorengan. Setelah ditambah kemangi, rica-rica pedas dan kaya rempah ini sudah siap untuk disajikan bersama nasi yang hangat.

"Banyak yang pesan rica-rica mentok karena jarang ada di warung-warung lain", ujarnya.

Menurut pelanggan, rasa rica-rica yang pedas dan daging menthok yang lembut membuat orang ketagihan. Untuk menetralisir rasa pedas, pembeli biasanya memesan es beras kencur yang manis dan segar.

"Rasanya enak, pedas, rempah-rempahnya terasa," kata Rika Ratmawati, seorang pecinta kuliner.

Empuk Berbumbu Rempah Rica-Rica Mentok Lamongan Ini Bikin NagihEmpuk Berbumbu Rempah Rica-Rica Mentok Lamongan Ini Bikin Nagih Foto: detikcom/Eko Sudjarwo

Rika mengaku, tekstur daging menthok yang ada di Rica-rica mentok ala Lamongan ini juga lembut empuk. Racikan antara pedas, manis dan gurihnya berpadu sehingga membuatnya ketagihan.

"Tekstur dagung mentoknya juga lembut, mungkin karena cara memasaknya. Saya juga kerap datang ke tempat ini," ujar Rika yang pecinta masakan pedas ini.

Pelanggan lainnya, Dwi mengaku, menyukai Rica-rica daging mentok karena cita rasanya yang khas. Dagingnya empuk berserat seperti bebek tetapi lebih juicy. Daging mentok, paling cocok dimasak rica karena tipikal bumbu rica yang kuat dan pedas.

"Rica-rica mentok ala Lamongan ini juga dagingnya terasa lunak dan lumer saat masuk ke mulut," imbuh Dwi.

Empuk Berbumbu Rempah Rica-Rica Mentok Lamongan Ini Bikin NagihEmpuk Berbumbu Rempah Rica-Rica Mentok Lamongan Ini Bikin Nagih Foto: detikcom/Eko Sudjarwo

Rica-rica khas Lamongan ini tidak sama dengan rica-rica Manado yang memakai banyak cabe merah. Rica-rica Lamongan atau Jawa bumbunya memakai rempah kering berwarna kuning kecokelatan dengan rasa pedas rempah bukan pedas cabe merah.

Sebenarnya, warung yang buka jam 10 pagi hingga 10 malam ini tidak hanya menyediakan Rica-rica Mentok, tapi juga menyediakan rica- rica belut dan rica-rica ayam. Atau jika kamu penyuka kuliner lainnya, juga bisa mencicipi aneka masakan lainnya. "Rica-rica menthok menjadi masakan yang paling banyak dicari," terang Karembo.

Nah, bagi anda pecinta pedas, salah satu kuliner ala Lamongan ini mungkin bisa menjadi destinasi. Paduan pedas, manis dan rempahnya akan bisa memanjakan lidah.



Simak Video "Gurih Empuk Sate Cumi-cumi di Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com