Rela Antre Demi Serabi Sugio yang Empuk Harum Ini

Eko Sudjarwo - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 08:00 WIB
Rela Antre Demi Serabi Sugio yang Empuk Harum Ini Foto: detikcom/Eko Sudjarwo
Lamongan -

Pencinta jajan tradisional wajin mencicipi kue serabi dari Lamongan selatan ini. Rasanya empuk dengan aneka pilihan rasa dan harganya dijamin pas di kantong.

Jajanan tradisional berupa kue serabi ini bisa anda jumpai di Desa/Kecamatan Sugio. Tepat di tepi jalan poros, kios kue Serabi milik Suratmi inipun mudah dijangkau. Kue serabi milik Suratmi inipun disajikan hangat karena diolah dan dimasak langsung di tempat dengan masih menggunakan tungku api kayu. "Sudah 8 tahun menjual serabi dan jajan tradisional seperti ini," kata Suratmi pada wartawan.

Tidak hanya bisa dinikmati di tempat ketika Serabi masih hangat atau panas, serabi olahan Suratmi ini juga dinikmati saat dingin. Tidak hanya olahan serabi tradisional dengan taburan kelapa parut, Suratmi juga bisa memakai topping beraneka rasa seperti cokelat atau keju. "Kalau bukanya ya mulai pagi sampai sore," ujar Suratmi.

Rela Antre Demi Serabi Sugio yang Empuk Harum IniRela Antre Demi Serabi Sugio yang Empuk Harum Ini Foto: detikcom/Eko Sudjarwo

Serabi Sugio inipun mampu menarik perhatian warga. Selain warga sekitar, banyak juga penikmat serabi yang rela datang jauh-jauh hanya untuk menikmati serabi Sugio ini. Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Lamongan, ternyata tidak menyurutkan minat mereka untuk datang.

"Masih pakai cara lama, memasak adonan serabi menggunakan cara tradisional menggunakan kayu bakar di tungku api," imbuhnya.

Proses pembuatan yang lama karena masih menggunakan kayu bakar ini membuat penikmat serabi tak surut, mereka antre sambil melihat proses memasak penganan tradisional ini. Setiap hari, serabi Sugio inipun selalu ramai pengunjung. Tak jarang, penikmat yang datang harus gigit jari karena serabi sudah habis diserbu penikmatnya.

Rela Antre Demi Serabi Sugio yang Empuk Harum IniRela Antre Demi Serabi Sugio yang Empuk Harum Ini Foto: detikcom/Eko Sudjarwo



Salah satu penikmat Serabi Sugio ini, Hari Saktiono mengatakan, ia rela datang dari jauh hanya untuk membeli serabi Sugio. Hari yang berasal dari Kembangbahu ini rela antre sambil mengamati dan menikmati proses pembuatan kue serabi.

"Awalnya saya penasaran karena ramai sempat viral, akhirnya hampir setiap lewat Sugio saya selalu mampir ke sini," kata Hari.

Hari mengaku, harganya yang murah, hanya Rp 2.000 untuk sepasang serabi dan rasanya yang empuk membuatnya rela antre. Hari juga mengaku untuk sekali beli ia bisa membeli hingga puluhan pasang dengan aneka rasa atau topping. "Karena saking viralnya, ada yang sekali antri bisa memesan puluhan hingga ratusan ribu rupiah," akunya.

Pelanggan lainnya, Robi juga mengungkapkan hal yang sama. Ia yang datang dari Sukodadi selalu menyempatkan diri untuk antre jika lewat tempat itu. Robi menyebut, antrean pembeli bisa sampai 1 jam jika ada yang membeli dalam jumlah yang banyak.

Rela Antre Demi Serabi Sugio yang Empuk Harum IniRela Antre Demi Serabi Sugio yang Empuk Harum Ini Foto: detikcom/Eko Sudjarwo

"Harganya murah juga kok mas, kalau yang rasa original hanya Rp. 2 ribu sepasang. Kalau yang pakai topping rasa lain memang harganya beda," lanjut Robi.

Penasaran ingin merasakan legitnya serabi Sugio ini? Silahkan saja langsung meluncur ke Sugio. Tidak hanya bisa merasakan kue serabi, namun anda juga bisa mencicipi aneka jajanan tradisional lainnya seperti cenil, tiwul, gethuk, rangin dan jajanan tradisional lainnya. Dijamin, jajanan tradisional di tempat ini tidak akan membuat kantong kempes tapi malah akan membawa ke kenangan manis masa kecil.



Simak Video "Surabi Kurma, Menu Takjil untuk Berbuka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com