Bar Misterius di Bandung Ini Layani Pembeli Lewat Lubang Tanpa Tatap Muka

Siti Fatimah - detikFood Sabtu, 30 Jan 2021 12:30 WIB
mystic bar di bandung yang misterius karena pakai hand puppet Foto: detikFood/Siti Fatimah
Jakarta -

Kamu bisa beli minuman kekinian di tempat ini tanpa bertemu siapapun. Melalui lubang segiempat kamu hanya melihat boneka tangan. Misterius!

Serba misterius menjadi ciri khas tempat ini. Tidak ada tempat duduk, tanpa pelayan, atau papan menu. Tapi, kamu akan mendapatkan pengalaman membeli minuman di sini yang unik. Apalagi, tempat ini sedang diperbincangkan di media sosial.

Tempat bernama Myst Bar (Mysterious Bar), berlokasi di Gang Suniaraja nomor 8 Kota Bandung. Tampak dari depan hanya sepetak ruangan dengan satu pintu dan dua kotak kecil untuk pengeras suara dan kotak satu lagi untuk ruang kasir dan pelayanan. Warna abu solid yang digunakan di tembok berukuran sekitar dua meter ini pun menambah kesan misterius.

mystic bar di bandung yang misterius karena pakai hand puppetmyst bar di bandung yang misterius karena pakai hand puppet Foto: detikFood/Siti Fatimah

Saat memesan minuman, kamu akan dilayani sosok "harimau" dan "buaya". Mereka menjelma dalam bentuk boneka tangan yang lucu dan menggemaskan. Kedua sosok hand puppet (boneka tangan) itu punya karakter dan namanya masih-masing.

Karakter buaya biasa disebut Mr. B atau Mas Bey dengan sifat yang pendiam dan muncul hanya saat meminta pembayaran dan pengembalian uang. Sedangkan sosok harimau bernama Mr. T (Tiger) yang punya karakter lebih ramah, senyum dan bisa berinteraksi dengan kamu saat memberikan segelas minuman.

Pemilik sekaligus percaik minuman di Myst Bar yang ingin dirahasiakan identitasnya menuturkan, konsep misterius tersebut terinspirasi dari pengalaman sang kakak saat mengunjungi Negeri Gajah Putih.

"Kakak saya nyaranin buka kedai, dan dia dulu sering ke Thailand. Di Thailand itu ATM Bar tempat sejenis tapi tetep kelihatan tempat pembuatannya. Akhirnya dibikinlah konsep yang kita enggak bisa lihat dia (pembeli), dia enggak bisa lihat kita. Terus karena pandemi kali ya, menghindari kontak langsung," katanya kepada detikcom, Jumat (29/1/2021).

Kedai yang baru buka pada 26 Desember 2020 lalu ini sontak mendapat repons yang positif di kalangan masyarakat meskipun mereka tidak menyediakan tempat duduk dan tak ada tatap muka.

"Banyak yang tertarik karena kita pakai boneka tangan, kesan yang ingin ada tempat tongkrongan hilang karena ada boneka tangan itu. Kayanya di dunia yang pake hand puppet cuman kita doang. Mr. Tiger ini tugasnya waiter dan Mr. Buaya tugasnya kasir," ujarnya.

Baik untuk Mr. T dan Mr. B, keduanya diperankan langsung oleh pemilik Myst Bar. Dia pun mengatakan, bukan hanya pembeli yang tidak dapat melihat penjual, tapi penjual pun tak dapat melihat siapa yang memesan minuman di kedainya itu.

mystic bar di bandung yang misterius karena pakai hand puppetmyst bar di bandung yang misterius karena pakai hand puppet Foto: detikFood/Siti Fatimah

"Alasannya simpel, kita melayani dengan sepenuh hati tanpa melihat orang itu tua, muda, jelek, ganteng, buat kita enggak ada bedanya. Yang penting kita kasih yang terbaik aja, jadi cuman bisa dengar lewat suara aja. Sama seperti mbak sekarang," katanya di sela-sela perbincangan.

Konsep misterius ini juga didukung dengan kepribadian pemilik Myst Bar. Sosok pemilik kedai ini mengaku suka bekerja di balik layar dan berkepribadian pemalu.

"Jadi ceritanya begini pas pandemi kemarin, saya bekerja di kapal pesiar, karena tidak ada yang berlayar lagi saya balik ke Indonesia. Enggak ada kerjaan saya ngobrol dengan kakak saya, kakak saya itu kebetulan salah satu yang punya coffeeshop di Bandung dan dia nyaranin buat buka kedai. Cuman saya kan biasa bekerja di belakang yah, nggak bisa melayani. Saya orangnya sedikit enggak ingin dilihat orang terus agak pemalu jadilah konsep kedai yang misterius," jelasnya.

Soal misteri tak hanya dari bentuk kedainya saja, menu-menu minuman yang ditawarkan juga unik. Meskipun bernama bar tapi tak ada minuman beralkohol. Beberapa menu unik seperti Lonely Popcorn, Silent of Tiramisu, dan Stuck on Orange Mimosa.

Rasa yang diperoleh dari minuman Lonely Popcorn yaitu campuran rasa popcorn, ice cream dan soda dalam satu cup minuman beradu menjadi satu. Dari segi harga pun sangat terjangkau yaitu Rp 15 ribu dan Rp 18 ribu.

Dia dan sang kakak berencana akan membuka cabang di kota lain karena banyaknya permintaan dari luar kota.

"Karena banyak yang minta kita mau buka system company yang ngurus kakak saya dengan nama yang berbeda tapi kita branding. Kalau saya pribadi lebih nyaman gini (di Myst Bar saja). Konsepnya sama, tapi yang nanti bisa diserving oleh hand puppetnya langsung jadi lebih happy suasananya," imbuhnya.

"Rencana mulai dari Februari di kota-kota besar, masih tarik menarik kaya Medan, Jakarta, Surabaya, atau Jogyakarta. Sekaligus Februari juga kita buka mysterious menu, hanya untuk pembeli yang ingin merasakan sensasi pesan minuman tapi enggak tau bakal dapat minuman apa," pungkasnya.



Simak Video " Detik-detik Jembatan di Cianjur Ambruk Karena Longsor"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com