Harapan Sandiaga Uno di Hari Chef Nasional dan Ulang Tahun ICA ke-14

Devi Setya - detikFood Senin, 25 Jan 2021 11:45 WIB
Harapan Sandiaga Uno di Hari Chef Nasional dan Ulang Tahun ICA ke-14 Foto: Instagram @dapurica
Jakarta -

Menteri Parekraf Sandiaga Uno memberikan ucapan sekaligus menaruh harapan pada para praktisi kuliner. Hari ini bertepatan dengan Hari Chef Nasional dan ulang tahun ICA ke-14.

Para chef di Indonesia tengah menyambut Hari Chef Nasional yang diperingati setiap 25 Januari. Hari ini juga sekaligus menjadi ulang tahun Indonesian Chef Association (ICA) ke-14. Banyak doa dan harapan yang dilontarkan.

Peringatan Hari Chef Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari, para praktisi di bidang kuliner pun menyambut dengan meriah. Meskipun hari ini semua acara harus digelar online. Lewat virtual meeting, ICA menggelar upacara sederhana yang diikuti oleh puluhan chef dari berbagai daerah di Indonesia.

Harapan Sandiaga Uno di Hari Chef Nasional dan Ulang Tahun ICA ke-14Harapan Sandiaga Uno di Hari Chef Nasional dan Ulang Tahun ICA ke-14 Foto: Instagram @dapurica

Chef Henry Alexie Bloem selaku Presiden ICA didampingi beberapa chef ternama seperti Chef Chandra Yudasswara dan Chef Yongki menyampaikan ucapan secara virtual, Senin (25/1). Di sini juga tersedia nasi tumpeng dan fruit carving sebagai lambang perayaan hari istimewa.

"Saya Henry Alexie Bloem mengucapkan selamat Hari Chef Nasional dan selamat hari jadi ICA ke -14. ICA bisa berdiri 2007 lalu hingga akhirnya bisa menginjak angka 14 tahun. Ucapan bangga syukur kepada seluruh pengurus karena ICA bisa membuat jajaran prestasi yang luar biasa. Hingga saat ini anggota ICA sudah mencapai angka 4479 orang di 22 provinsi di Indonesia dan juga luar negeri," kata Henry.

Lewat acara online ini juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan harapannya kepada para chef di Indonesia. Sandi mengungkapkan kalau sektor kuliner sangat berpengaruh dalam dunia pariwisata.


"Kuliner ini jadi satu sektor yang memajukan pariwisata karena juga membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya. Dan juga kuliner menjadi subsektor yang berkontribusi menyumbang 41 persen pendapatan di sektor pariwisata," ujar Sandi.

Dalam kesempatan ini juga Sandi mengungkap kalau profesi sebagai chef tengah digandrungi sebagai profesi yang seksi dan menarik bagi kaum milenial. Sementara para chef profesional menjadi diplomat dalam konteks gastronomi.

Harapan Sandiaga Uno di Hari Chef Nasional dan Ulang Tahun ICA ke-14Harapan Sandiaga Uno di Hari Chef Nasional dan Ulang Tahun ICA ke-14 Foto: Instagram @dapurica

Sandi juga berharap para chef bisa saling bersinergi dan bekerjasama agar profesi sebagai chef bisa membuka lowongan pekerjaan yang seluas-luasnya. Dengan ini ekonomi bangsa akan ikut maju dan berkembang.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan potong tumpeng oleh Chef Henry yang kemudian diberikan kepada Chef Yongki sebagai salah satu chef senior.

"Semoga ICA lebih banyak berkembang. Kita gali semua makanan Indonesia dari 33 provinsi. Saya berharap masakan Indonesia mendunia lewat ICA. Semoga makanan Indonesia menjadi jaya," ujar Chef Yongki.

Rangkaian acara ulang tahun ICA sekaligus peringatan Hari Chef Nasional ini dilanjutkan dengan aksi demo masak dari beberapa chef ternama. Akan ada aksi masak dari Chef Mutho, Chef Henry Alexie Bloem, Chef Axiang, Chef Chandra, Chef Yongki hingga Sisca Soewitomo.

Beberapa chef dari daerah juga akan menampilkan aksi masak berbagai makanan tradisional Indonesia. Semua demo masak ini bisa disaksikan secara virtual lewat instagram @dapurica.



Simak Video "Masak Masak: Resep Nasi Kepal Bungkus Telur untuk Si Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com