Lewat Probolinggo Bisa Bertemu Siti, Penjual Ikan Asap yang Cantik dan Ramah

M. Rofiq RH - detikFood Senin, 21 Des 2020 10:30 WIB
Lewat Probolinggo Bisa Bertemu Siti, Penjual Ikan Asap yang Cantik dan Ramah Foto: detikcom/M. Rofiq RH
Probolinggo -

Ikan asap yang gurih semerbak disajikan hangat di warung ini. Dilengkapi sambal dan nasi jagung serta dilayani Siti yang berparas cantik. Sedap mantap!

Jika melintas di Jalur Pantura saat libur Natal dan Tahun Baru, tepatnya di Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, banyak terlihat berjejer penjual kuliner menyajikan ikan asap di setiap sisi kanan kiri jalan.

Namun ada yang berbeda, jika mampir untuk mencicipi sajian ikan asap di warung Bu Ju, ikan lautnya yang masih segar - segar yang dibeli langsung dari nelayan setempat, dan sambalnya yang pas sangat memanjakan lidah para penggila seafood.

Baca Juga : 5 Tips Ikan Bakar Tidak Anyir, Cocok Buat Malam Tahun Baru

Lewat Probolinggo Bisa Bertemu Siti, Penjual Ikan Asap yang Cantik dan RamahLewat Probolinggo Bisa Bertemu Siti, Penjual Ikan Asap yang Cantik dan Ramah Foto: detikcom/M. Rofiq RH

Selain itu, ada pemandangan berbeda saat menikmati ikan laut asap dari perairan Pantai Utara Jawa Probolinggo ini. Siti Rofiah (21), anak dari pasangan Muhamad Satu Aksan dan Juhariyah yang berparas cantik manis akan meracik dan melayani pembeli. Dari mengasap ikan laut, membuat sambal, dan memotong sayur untuk lalapan, juga mengoreng ikan laut dilakukan dengan cekatan.

Tentunya harga makanan di sini tidak membuat kantong bocor. Satu porsi ikan asap kecil hanya di jual Rp 10.000, ikan asap berukuran sedang Rp 20.000 dan ikan ukuran besar dihargai Rp 30.000. Sementara nasi bebas mengambil sendiri sesuai kemampuan perut para pembelinya, tinggal pilih ada nasi putih dan nasi jagung.

Di saat pandemi Corona, pembeli yang datang ke Warung Bu Ju, terlebih dulu wajib cuci tangan di wastafel yang sudah di sediakan, guna mengantisipasi penyebaran COVID- 19.

Bripka Rio Prayogo, anggota Patwal Satlantas Polres Probolinggo, setiap selesai menjalankan tugas selalu mampir dan makan lalapan ikan asap di Warung Bu Ju. Mneurutnya rugi kalau melintas di jalur Pantura tujuan Bali tidak mampir dan menikmati ikan asap disini.

Lewat Probolinggo Bisa Bertemu Siti, Penjual Ikan Asap yang Cantik dan RamahLewat Probolinggo Bisa Bertemu Siti, Penjual Ikan Asap yang Cantik dan Ramah Foto: detikcom/M. Rofiq RH

"Setelah melaksanakan tugas, selalu mampir dan makan ikan asap di Warung Bu Satu atau Bu Ju, harganya standar dan rasa sambalnya jos mantab sekali, ikan segar, tentu harganya murah, rugi jika melintas di jalur Pantura tidak mampir untuk menikmati ikan asap disini" ujar Bripka Rio saat dikonfirmasi. Minggu (20/12/2020).

Hal yang sama juga diungkap olah Misnadi warga asal Kabupaten Pasuruan yang sudah lama menjadi langganan ikan asap Bu Ju. Setiap melintas pasti mampir untuk menyantap ikan asap. Menurutnya ikan lautnya segar, sambalnya enak juga penjualnya cantik dan masakannya enak.

"Sudah lama menjadi pelanggan ikan asap Warung Bu Ju, dan setiap melintas selalu mampir, ikan lautnya masih segar dan sambal mantab, pas di lidah, karena saya suka nasi jagung saya pilih nasi jagung, penjual cantik dan masakan enak," jelas Misnadi.

Lewat Probolinggo Bisa Bertemu Siti, Penjual Ikan Asap yang Cantik dan RamahLewat Probolinggo Bisa Bertemu Siti, Penjual Ikan Asap yang Cantik dan Ramah Foto: detikcom/M. Rofiq RH

Menurut Siti Rofiah sudah 2 tahun lebih orangtuanya membuka warung ikan asap. Jelang libur Natal dan Tahun Baru, warung ikan asap banyak dikunjungi para pencinta kuliner ikan asap dari luar kota. Mereka sudah siap banyak stok ikan laut berkualitas bagus. Iapun mengakui jika sering digoda pembeli.

"Sudah 2 tahun lebih buka warung ikan asap di pinggir jalan raya Pantura Dringu, dan saat libur weekend selalu rame pembeli dari luar kota, karena saya jaga kualitas dan rasa, apalagi sebentar lagi libur Natal dan Tahun Baru pasti rame, dan sudah menyediakan stok beberapa jenis ikan laut untuk di asap dengan kwalitas super. Kalau digoda pria sering saat melayaninya," tegas Rofiah di warungnya.

Selain menjual ikan asap, penjualnya cantik yang memiliki sambal rasa istimewa dengan terasi yang dirahasiakan ini, juga menyediakan menu ikan panggang, ikan bakar dan goreng yang tak kalah sedap. Rugi jika tidak mampir saat melintas di Jalur Pantura Kabupaten Probolinggo menuju Bali atau ke Surabaya.

Baca Juga :Nikmatnya Ikan Bakar Sambal Pesisir Bandung yang Pedasnya Nendang



Simak Video "Sensasi Ikan Asap Probolinggo dan Sambal khas Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com