Jadikan Natal Makin Hangat dengan Pilihan Hidangan Ini

Abu Ubaidillah - detikFood Sabtu, 19 Des 2020 10:07 WIB
natal Foto: shutterstock
Jakarta -

Natal yang dijalani tahun ini memang cukup berbeda dibanding Natal-natal tahun sebelumnya. Namun bukan berarti keseruan Natal tak bisa diusahakan, sebab ada banyak cara memeriahkan Natal meski hanya di rumah saja.

Salah satunya adalah dengan memasak atau memesan hidangan khas yang biasa disajikan pada saat Natal dengan bahan dasar bebek, ayam, atau ikan. Lalu apa saja sih hidangan khas Natal yang bisa kamu nikmati untuk merayakan Natal di tahun ini? Berikut adalah beberapa di antaranya yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Ayam Ingkung

Sajian yang satu ini asalnya dari Yogyakarta. Ayam ini dimasak dengan utuh menggunakan bumbu rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, pala, kemiri, jahe, hingga kunyit. Bumbunya dihaluskan terlebih dahulu dan dimasak dengan api sedang bersama santan.

Sajian ini disajikan secara utuh. Sebelum dimasak, kamu harus mengeluarkan jeroannya. Ayam ingkung yang dimasak menghasilkan tekstur daging empuk dengan bumbu yang meresap sempurna. Proses memasaknya sekitar 2-3 jam dan akan makin enak dinikmati bersama nasi hangat, sambal, serta kaldu kuning.

2. Ayam Betutu

Betutu merupakan lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh dan berisi bumbu kemudian dipanggang dalam api sekam. Ada dua versi betutu, yakni betutu dari Gilimanuk dan Gianyar. Racikan betutu di Gilimanuk memiliki rasa yang lebih pedas karena menggunakan cabai dilengkapi bawang putih, cabai rawit, dan garam.

Betutu Gianyar juga punya cita rasa yang lebih gurih dan memakai sekitar 15 rempah. Ada bumbu genep (bumbu lengkap) dan basa wangen (bumbu harum). Betutu Gianyar lebih sulit dibuat karena menggunakan pelepah pinang dan dibakar hingga 12 jam sampai bumbunya meresap sempurna.

3. Ikan Arsik

Ikan arsik adalah olahan ikan mas yang sisiknya masih menempel. Makanan ini dibuat dengan bumbu berupa kunyit, bawang merah, hingga bawang putih yang dicampur supaya bisa meresap sempurna ke dalam daging ikan.

Supaya sajian ini semakin nikmat, tambahkan daun-daunan seperti daun ruku-ruku, mangkokan, hingga bunga kecombrang. Sajian nikmat ini biasa disajikan oleh masyarakat Batak pada perayaan Hari Natal.

4. Sate Bandeng

Sate bandeng juga cocok disajikan pada perayaan Hari Natal. Menu ini bisa dinikmati beramai-ramai dengan seluruh anggota keluarga. Sate ini konon telah ada sejak abad 16 dan berasal dari Serang, Banten.

Cara membuat sate bandeng cukup mudah, kamu tinggal menghancurkan daging bandeng dan mengeluarkan tulang belakangnya tanpa merusak kulit bandeng. Kemudian campurkan bahan-bahan lain seperti parutan kelapa, telur, dan santan. Satu bendeng kemudian dipanggang hingga matang sambil terus dibolak-balik.

Itu dia beberapa hidangan Natal yang biasa disajikan menu bersama keluarga. Kamu bisa beli atau bikin sendiri hidangan-hidangan tersebut dengan resep yang telah banyak tersedia di internet.

Untuk belanja berbagai bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan-hidangan khas Natal tersebut, jangan lupa manfaatkan promo Let's Go Savacation dari BNI yang bakal memberikan berbagai keuntungan dan membuat libur Natal semakin meriah. Kamu bisa memanfaatkan promo Groceries Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 untuk belanja seperti diskon 25% di LotteMart, diskon 10% di Superindo, Free Voucher hingga Rp 150 ribu di GrandLucky, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa tetap menerapkan protokoler kesehatan saat kamu berencana untuk pergi berbelanja ya, supaya savacation kamu tetap aman, nyaman dan menyenangkan.

Selain Groceries Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, ada berbagai promo menarik lainnya yang bisa dimanfaatkan seperti promo untuk belanja furnitur rumah, baju, serta banyak lagi. Mulai dari diskon hingga Rp 1.212.000 dengan Kartu BNI, cashback 70% transaksi e-channel, bebas angsuran pokok menggunakan BNI Fleksi & Griya, serta voucher diskon 75% menggunakan BNI Tabungan Digital. Informasi promo lengkapnya bisa kamu lihat di sini.

(mul/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com