Jajan Tahu Aci dan Tahu Pletok yang Kenyal Gurih Khas Tegal

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 16 Des 2020 16:00 WIB
Jajan Tahu Aci dan Tahu Pletok yang Kenyal Gurih Khas Tegal Foto: detikFood/Sonia Permata
Tegal -

Jika melintasi kota Tegal jangan lupa mampir jajan tahu aci dan tahu pletok yang ikonik. Paduan tahu goreng yang lembut dengan aci yang kenyal cocok untuk ngemil.

Berjarak sekitar empat jam dari Jakarta, kota Tegal punya banyak kuliner tradisional yang enak untuk manjakan lidah. Tak sulit untuk menemukan tempat makan yang menarik. Sebut saja warung sate kambing muda, hingga jejeran warung makan yang menyajikan teh nasgitel (panas legi kentel).

Jajan Tahu Aci dan Tahu Pletok yang Kenyal Gurih Khas TegalJajan Tahu Aci dan Tahu Pletok yang Kenyal Gurih Khas Tegal Foto: detikFood/Sonia Permata

Baca Juga: Penjual Tahu Aci Khas Tegal Tetap Bertahan di Tengah Pandemi

Selain itu kota Tegal juga punya jajanan wajib yang sayang untuk dilewatkan. Jajanan yang satu ini namanya tahu aci dan tahu pletok. Olahan tahu goreng yang punya tekstur kenyal dan gurih.

Lewat Road Trip Jakarta-Bali (14/12), detikFood penasaran untuk mencicipi langsung tahu aci dan pletok ini di Tegal. Salah satu tahu aci dan pletok yang terkenal di sana ada Tahu Murni Putra Nata Jaya, yang jadi pelopor jajanan tahu di kota Tegal sejak dulu.

"Putra Nata Jaya ini buka pertama kali sejak tahun 1986, dijalankan secara bergenerasi. Dari dulu memang fokus jualan tahu aci dan tahu pletok. Produk tahu bisa digoreng langsung atau dibeli versi mentahnya untuk digoreng di rumah," jelas salah satu pelayan di toko Putra Nata Jaya, di JL. AR Hakim Mangunkusumo.

Semua tahu di sini dibuat segar setiap harinya tanpa formalin dan bahan pengawet lainnya. Di sini tentunya paling terkenal produk tahu aci dan tahu pletoknya yang enak.

Jajan Tahu Aci dan Tahu Pletok yang Kenyal Gurih Khas TegalJajan Tahu Aci dan Tahu Pletok yang Kenyal Gurih Khas Tegal Foto: detikFood/Sonia Permata

Meski sekilas terlihat mirip dan sama-sama terbuat dari aci. Tahu aci dan pletok ternyata berbeda. Untuk tahu aci, jajanan yang juga hits di Pemalang hingga Slawi ini bentuknya mirip seperti tahu isi. Menggunakan tahu kuning yang dipotong segitiga yang atasnya diberikan adonan aci (tepung kanji) yang dibumbui kunyit dan kucai.

Sementara kalau tahu pletok menggunakan tahu kulit yang dibelah dan ditambahkan adonan aci lalu digoreng hingga garing. Tampilannya lebih besar karena menggunakan tahu kulit yang panjang. Kedua jajanan tahu ini memiliki rasa yang berbeda.

Seperti tahu aci yang memiliki tekstur tahu lebih lembut. Rasa tahu kuningnya tidak asam dan berpadu dengan adonan aci dan daun kucai yang terasa kenyal mulur di setiap suapan.

Sementara untuk tahu pletok, rasanya lebih gurih dan teksturnya lebih renyah. Bagian luar tahu digoreng hingga garing tapi bagian dalamnya tetap lembut, serta adonan acinya tetap terasa gurihnya dan tidak hambar.

Jajan Tahu Aci dan Tahu Pletok yang Kenyal Gurih Khas TegalJajan Tahu Aci dan Tahu Pletok yang Kenyal Gurih Khas Tegal Foto: detikFood/Sonia Permata

Meski sudah terkenal, tapi kisaran harga tahu aci dan pletok di Putra Nata Jaya tetap terjangkau. Satu buah tahu aci dibanderol harga Rp 1.200. Sementara untuk tahu pletok harganya sekitar Rp. 2.200 per buah. Cocok untuk jadi oleh-oleh hingga teman ngemil di perjalanan.

"Selain dijadikan camilan, tahu ini biasanya dijadikan oleh-oleh khas Tegal ya. Karena kami tahunya tidak pakai pengawet jadi untuk tahu yang belum digoreng itu tahan dua hari di suhu ruangan. Sementara untuk tahu yang sudah digoreng itu tahan sekitar satu hari," pungkas salah satu pelayan di Putra Nata Jaya.

Selain menjual tahu aci dan pletok, Putra Nata Jaya juga menyediakan berbagai cemilan lainnya untuk oleh-oleh. Mulai dari keripik, kerupuk, sambal sampai kacang bogares yang tak kalah hits di sana.

Selain kulineran di Tegal, detikFood juga road trip menyambangi beberapa kota di Indonesia untuk mencicipi kuliner khas di setiap daerah. Seperti makan soto krakasan di Probolinggo, mencicipi nasi pedas hingga ngeteh cantik di Bali, sampai sarapan sego tempong di Banyuwangi. Untuk itu pantau terus kulineran seru detikFood di kota berikutnya.

Baca Juga: Tahu Kemul dan Tahu Acar, Jajanan Tahu Populer di Jateng

Tahu Murni Putra Nata Jaya
JL. AR Hakim No. 100.
Mangkukusuman, Tegal, Jawa Tengah.
Telp: (0283) 351558



Simak Video "Camilan Ikonik Tegal: Tahu Aci dan Tahu Pletok"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com