17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan 'Locavore NOW'

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 04 Des 2020 18:30 WIB
17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan Locavore NOW Foto: detikFood
Jakarta -

Mengusung konsep ekspedisi bahan makanan lokal. 'Locavore NOW' menyajikan belasan hidangan modern dengan bahan makanan dan rempah lokal yang menarik.

Kembali bekerja sama dengan Hotel Raffles Jakarta. Restoran Locavore yang populer di Ubud, Bali kembali hadir di Jakarta. Kali ini Locavore hadir dalam bentuk pop-up restoran di The Dining Room at Raffles Jakarta (TDR).

Baca Juga: Rantang 'Nusantara by Locavore' Bisa Menebus Kangen Masakan Tradisional

Berbeda dengan beberapa kolaborasi sebelumnya. Di pop-up 'Locavore NOW' ini, tim Locavore menyiapkan 17 hidangan spesial yang semuanya dibuat menggunakan aneka bahan makanan lokal.

Semua hidangan di 'Locavore NOW' disiapkan langsung oleh chef sekaligus pemilik restoran Locavore, yaitu Chef Eeelke Plasmeijer dan Chef Ray Adriansyah.

Locavore sendiri terkenal sebagai restoran yang fokus mengolah produk hingga bahan makanan lokal. Lengkap dengan menu makanan sehat yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan 'Locavore NOW'17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan 'Locavore NOW' Foto: detikFood

"Kami menyebutnya sebagai ekspedisi ya. Butuh waktu yang cukup lama untuk menyiapkan semua bahan-bahan makanan yang ada di sini. Untuk rempah dan bumbu kebanyakan kami bawa dari Bali langsung. Namun untuk bahan makanan segar seperti udang, bebek dan daging sapi itu dari Jakarta," jelas Riyan selaku perwakilan dari Locavore kepada detikFood (03/12).

Di sini pengunjung bisa mendapatkan pengalaman makan yang interaktif. Pengunjung diajak langsung untuk mencicipi makanan, lengkap dengan kartu dan jurnal berisi penjelasan bahan makanan yang digunakan dalam menu tersebut.

Hampir semua makanannya dikemas secara modern dan unik. Selain rasanya yang enak, visualisasi makanannya yang menarik menjadi nilai tambah tersendiri.

Misalnya seperti menu Charred Baby Corn. Hidangan pembuka yang satu ini menggunakan jagung muda yang dibakar dengan campuran kopi dan miso. Lalu ditaburi bubuk hitam yang ternyata berasal dari bubuk laron.

Rasanya cukup unik karena perpaduan kopi dan miso, disusul dengan gurih dan aroma harum dari bubuk laron serta manisnya jagung muda.

17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan 'Locavore NOW'17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan 'Locavore NOW' Foto: Locavore/Raffles Jakarta

"Kami sadar bahwa serangga memiliki banyak protein. Kami ingin mencari alternatif protein baru selain dari daging atau ikan. Sehingga kami mulai memasukkan bahan makanan dari serangga, seperti bubuk laron pada hidangan jagung bakar ini contohnya," lanjut Riyan.

Kemudian ada juga Crispy Pumpkin Leaf. Cemilan dari daun labu krispi yang ditaburi bubuk bumbu Bali yang harum. Menurut Chef Ray proses pengeringan daun labu ini memakan waktu 30-48 jam untuk mendapatkan tekstur krispi. Tentunya dengan rasa rempah yang kuat dari bumbu Bali dengan jejak rasa dari kencur hingga cabai.

Sementara Chef Eelke merekomendasikan menu Frangipani Fritter. Yaitu berupa bunga kamboja goreng, yang dilapisi tepung dan disajikan dengan cocolan saus dari bunga marigold atau gemitir yang populer di Bali.

Rasanya cukup unik karena ternyata bunga kamboja memiliki rasa manis, dan tambahan saus marigold yang membuat rasanya semakin kompleks.

Untuk makanan utamanya cukup beragam. Ada menu udang, hati dan otak sapi, sup kepiting, gurita bakar sampai nasi kari yang harum.

17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan 'Locavore NOW'17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan 'Locavore NOW' Foto: detikFood

Seperti menu Beef Heart Pastrami. Menu utama ini disajikan dengan green peppercorns. Irisan daging hati sapi disajikan dengan otak sapi yang dibalut tepung renyah.

Untuk menyeimbang rasanya, Chef Ray dan Chef Eelke sengaja menambahkan green peppercorns atau merica muda. Tekstur otak sapinya sangat lembut dan juicy di bagian dalam. Sementara untuk pastraminya, rasanya dominan gurih dengan tekstur hati sapi yang tipis dan tidak amis.

Selain menu di atas, ada juga menu makanan lainnya yang tak kalah enak. Seperti Hot Tomato, Galuh Rice, Monkey Business, Roasted Duck Breast, Spiced Duck Sausage, Grilled Octopus Kluwak, hingga White Prawns.

Acara ekspedisi bahan makanan lokal ini juga dilengkapi dengan tiga menu dessertnya. Seperti Rice Porridge Manggo, yang tekstur dan rasanya mirip seperti bubur sumsum dengan rasa mangga manis.

17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan 'Locavore NOW'17 Hidangan Berbahan Lokal dengan Sentuhan Modern Disajikan 'Locavore NOW' Foto: detikFood

Kemudian ada gelato dibuat dari cokelat Bali yang legit manis. Tak ketinggalan kue madeleine yang disajikan dengan krim dari kelapa yang gurih lembut.

Semua 17 spesial menu dengan bahan makanan lokal ini bisa dinikmati di 'Locavore NOW' yang ada di TDR at Raffles Jakarta. Pop-up ini berlangsung dari tanggal 4 Desember 2020 hingga 17 Januari 2021.

Kisaran harga per orangnya sekitar Rp 995.000 ++. Tersedia juga menu pairing minuman dengan tambahan harga Rp 495.000++ per orangnya.

Baca Juga: Locavore Sajikan Menu Pancaroba Untuk Foodies Jakarta



Simak Video "Melihat Aksi 'Kuntilanak' Jualan Papeda Keliling"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com