Imbas Corona: McD, Pizza Hut dan KFC, Tutup Gerai, Utang THR dan Rugi

Tim Detikfood - detikFood Selasa, 01 Des 2020 07:39 WIB
collection of junk food Foto: iStock
Jakarta -

Bisnis restoran kena imbas akibat pandemi corona. Termasuk jaringan restoran internasional McD, KFC dan Pizza Hut yang alami kerugian besar.

Bukan hanya restoran atau rumah makan kecil yang alami penurunan omzet selama 8 bulan pandemi corona. Jaringan global restoran cepat saji seperti McD, KFC juga Pizza Hut juga harus alami hal yang sama.

Ketiga brand restoran berjaringan global itu sudah sangat melekat di hati konsumen. Melalui produk burger, ayam goreng hingga pizza ala Amerika. Meskipun demikian mereka harus alami kerugian akibat pandemi virus corona.

Dikutip dari CNBC (28/11) restoran KFC di bawah PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) mengalami kerugian bersih sepanjang tahun ini karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Samapi dengan akhir Juni 2020 lalu, alami rugi bersih mencapai Rp 153,82 miliar.

Padahal di periode yang sama restoran yang terkenal dengan ayam goreng krispi ini masih bisa mengantongi untung sebesar Rp 157,52 miliar.

Kerugian ini juga berakibat perusahaan tak kuat menunaikan kewajiban pembayaran tunjangan hari raya (THR) tahun ini. Hingga memasuki akhir tahun pembayaran THR masih tertunda.

KFC Natal Jepang Imbas Corona, McD, Pizza Hut dan KFC, Tutup Gerai, Utang THR dan Rugi. Foto: Istimewa

Sedangkan Sari Melati Kencana pengelola waralaba Pizza Hut Indonesai juga mengalami rugi bersih Rp 8,63 miliar pada bulan September. Sementara pada periode yang sama tahun lalu yang masih mencatatkan laba bersih Rp 149,24 miliar.

Kerugian ini disebabkan oleh turunan penjualan karena diberlakukan PSBB di berbagai kota. Sementara beban keuangan perusahaan naik. Penjualan per per September turun 9,31% menjadi Rp 2,67 triliun, dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 2,94 triliun.

Nasib yang sama di alami McDonald's Indonesia. Penutupan gerai McDonald's Kuta Beach mulai 29 September yang diduga karena menurunnya jumlah wisatawan di kawasan Kuta, Bali.

Penjelasan mengenai penutupan McD Kuta Beach terlihat dari unggahan akun @barivirall di instagram.

"Sampai Jumpa! McDonalds Kuta Beach akan tutup secara permanen mulai 29 September 2020, pukul 21.00 WITA. Terima kasih telah mengukir cerita bersama McDonalds Kuta Beach selama 20 tahun."

Sebelumnya gerai McDonald's Sarinah yang penuh memori bagi warga Jakarta juga harus tutup di bulan Mei. Kali ini karena gedung Sarinah akan mengalami renovasi total.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)