Nyam! Lobster Asam Manis Pedas Khas Pacitan yang Bikin Nagih

Purwo Sumodiharjo - detikFood Senin, 16 Nov 2020 11:30 WIB
Nyam! Lobster Asam Manis Pedas Khas Pacitan yang Bikin Nagih Foto: detikFood/Purwo Sumodiharjo
Pacitan -

Siapa bilang lobster mahal? Di rumah makan ini losbter segar diolah dengan bumbu istimewa. Pedas manis rasanya dan harganya tak bikin kantong jebol.

Salah satu rahasia kelezatan lobster terletak pada kesegarannya. Selain itu teknik memasak dan membumbuinya juga bikin dagingnya yang tebal gurih makin enak dikunyah.

Nah, buat pecinta kuliner wajib mencicipi lobster asam manis pedas khas Pacitan ini. Seperti namanya, rasa khas dari menu ini merupakan kombinasi asam, manis, dan sedikit pedas.

"Yang jelas bumbunya harus serba tajam. Mulai bawang merah, bawang putih, dan pedasnya merica," kata Prapti (46), pemilik warung di Pantai Warukarung, Pacitan kepada detikcom, Sabtu (14/11/2020).

Nyam! Lobster Asam Manis Pedas Khas Pacitan yang Bikin NagihNyam! Lobster Asam Manis Pedas Khas Pacitan yang Bikin Nagih Foto: detikFood/Purwo Sumodiharjo

Bumbu-bumbu tersebut masih harus dicampur dengan tomat, lengkuas, daun serai, serta daun jeruk. Berikutnya bumbu yang sudah dicampur ditumis dengan menambahkan sedikit air, gula merah, dan kecap manis.

"(Lobster) lalu dimasak sampai matang," tambahnya sembari menyiapkan menu pesanan di warungnya.

Lobster asam manis pedas menjadi salah satu menu favorit di warung milik Prapti. Tak sedikit pengunjung yang memesan jauh-jauh hari sebelum waktu kedatangan. Tentu saja, warung makan Prapti juga menyediakan aneka menu bahari lainnya.

Nyam! Lobster Asam Manis Pedas Khas Pacitan yang Bikin NagihNyam! Lobster Asam Manis Pedas Khas Pacitan yang Bikin Nagih Foto: detikFood/Purwo Sumodiharjo

"Sangat luar biasa. Keringat saya sampai keluar semua ini saking nikmatnya dan saking pedasnya," ucap Agustinawati, seorang pelanggan.

Wanita penyuka kuliner itu mengaku sangat menyukai bumbu khas Kota 1001 Gua. Satu di antara ciri khasnya adalah cita rasa pedas yang cukup berani. Lobster utuh yang disajikan bersama nasi putih dan nasi tiwul juga terasa makin sempurna dengan paduan sayur lodeh Jawa.

"Terus ini juga yang bikin mantap. Sambal cabe merah dicampur bawang putih, garam, dan sedikit minyak kelapa. Di Pacitan namanya 'Sambel Bawang'," ucapnya sembari mencolek sambal di piring.

Nyam! Lobster Asam Manis Pedas Khas Pacitan yang Bikin NagihNyam! Lobster Asam Manis Pedas Khas Pacitan yang Bikin Nagih Foto: detikFood/Purwo Sumodiharjo

Soal harga, kamu tak perlu rogoh kocek dalam-dalam. Untuk lobster ada 3 jenis dan harganya dalam keadaan siap santap. Untuk jenis lobster batu harganya Rp 450.000 per kilogram sudah siap santap. Lobster pasir Rp 650.000/kg. Sedangkan lobster mutiara Rp 850.000/kg.

Untuk makan bertiga hingga berlima, nasi, lobster berikut lauk pelengkap seperti cah kangkung, sambal dan sop ikan harganya Rp. 150.000 dengan lobster 3-4 ekor. Nah, kalau ingin mencicipi lobster bumbu lokal yang segar dan mantap bisa mampir ke warung Prapti ini.



Simak Video "Mukbang Seafood Cuma-cuma Bagi Penghapal Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com