Minuman Susu Kekinian

Slruup! Gurihnya Susu Murni Ijan yang Eksis 70 Tahun di Bandung

Siti Fatimah - detikFood Senin, 09 Nov 2020 13:00 WIB
Slruup! Gurihnya Susu Murni Ijan yang Eksis 70 Tahun di Bandung Foto: detikcom / Siti Fatimah
Bandung -

Di tengah cuaca dingin sangat pas untuk menikmati susu murni yang hangat. Susu murni di Bandung kini punya banyak varian ras, topping dan isian.

Tapi produk susu murni legendaris di Kota Kembang tentu tidak bisa tertandingi soal rasa dan kemurniannya. Salah satu tempat susu murni yang telah populer sejak tahun 1950-an adalah Susu Murni Ijan.

Ijan itu bukan dari nama orang, melainkan nama salah satu jalan tempat berdirinya warung susu murni, di Jalan Pungkur pertigaan Jalan Ijan nomor 4, Kota Bandung. Lokasinya sangat dekat dengan perempatan lampu merah antara Jalan Pungkur dan Jalan Otto Iskandar Dinata.

Slruup! Gurihnya Susu Murni Ijan yang Eksis 70 Tahun di BandungSlruup! Gurihnya Susu Murni Ijan yang Eksis 70 Tahun di Bandung Foto: detikcom / Siti Fatimah

Baca Juga : Minuman Masa Kolonial Kini Jadi Minuman Favorit Milenial

Disebut melegenda karena tidak hanya jualannya yang dilakukan secara turun temurun tapi konsep ruangannya pun sederhana. Hilang kesan kedai kekinian jika melintas ke warung Susu Murni Ijan. Dilihat dari jauh tempatnya seperti kedai tua. Tapi jangan salah, kedai ini selalu ramai pengunjung dan kursi yang tersedia selalu terisi.

Menu susu murni yang tersedia juga bervariasi seperti rasa stroberi, melon dan cokelat yang kekinian. Kini juga ada rasa baru seperti greentea, taro, juga vanila. Selain ada susu murni, mereka juga menjual macam kue basah dan tradisional. Seperti pastel, kue lumpur, pisang molen, pisang keju, pisang cokelat, onde, dan lain sebagainya. Sambil menghirup susu murni bisa ngemil aneka kue basah, mantul!

Salah satu pegawai, Deden yang bekerja sekitar tiga tahun ini juga mengakui eksistensi susu murni Ijen.

Slruup! Gurihnya Susu Murni Ijan yang Eksis 70 Tahun di BandungSlruup! Gurihnya Susu Murni Ijan yang Eksis 70 Tahun di Bandung Foto: detikcom / Siti Fatimah

"Iya dari dulu tidak pernah pindah, tetep di sini. Terus tidak ada cabang juga di tempat lain. Biasanya kalau pagi ramai yang beli susu hangat kalau malam ada yang beli es susu. Tergantung cuaca juga," ujarnya kepada detikcom, Minggu (8/11/2020).

"Rasa susu murni yang paling diminati pembeli ya susu merah (susu stroberi). Alhamdulillah ya selalu ada saja yang beli," tuturnya.

Mengenai asal sumber susu murni ini, di dinding warung terdapat pajangan bertuliskan 'Susu Murni KPBS', yang berarti berasal dari Pangalengan. Seperti diketahui, KPBS (Koperasi Peternak Sapk Bandung Selatan) Pangalengan merupakan salah satu produsen susu murni yang terkenal di Bandung dengan kualitas terbaik dari peternak sapi perah.

Slruup! Gurihnya Susu Murni Ijan yang Eksis 70 Tahun di BandungSlruup! Gurihnya Susu Murni Ijan yang Eksis 70 Tahun di Bandung Foto: detikcom / Siti Fatimah

Selain sudah terkenal lebih dari 70 tahun lalu, Susu Murni Ijan juga dikenal dengan harganya yang murah meriah Rp 5.000 untuk segelas susu murni dan Rp 6.000 untuk susu dengan varian rasa.

Warung susu murni Ijan ini buka setiap Senin-Minggu dengan waktu operasional dari pukul 05.00 WIB pagi sampai 21.00 WIB. Walaupun sederhana, warung Ijan memiliki ruang menarik untuk mencicipi susu murni dari tempo dulu

Baca Juga : Nyusu Yuk! 5 Kedai Susu di Jogja Ini Punya Racikan Susu Enak



Simak Video "Borong Aneka Kurma untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com