Empuk Berempah Bebek Berontak yang Dibalur 15 Bumbu

Sayoto Ashwan - detikFood Kamis, 24 Sep 2020 11:30 WIB
Empuk Berempah Bebek Berontak yang Dibalur 15 Bumbu Foto: Sayoto Ashwan
Kulon Progo -

Bebek Berontak di warung Limasan Tawangsari ini bikin nagih. Dagingnya empuk juicy dengan rasa pedas dari 15 rempah yang jadi bumbunya.

Warung Limasan Tawangsari ini terletak di Janturan, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo. Setiap harinya ada puluhan penikmat kuliner yang singgah untuk menikmati menu ayam dan bebek dan minuman aneka jamu.

"Kita gunakan 15 bumbu rempah, yang menjadikan rasanya nendang," kata pemilik warung makan, Sigit Susetya pada detikcom, Rabu (23/9/2020).

Empuk Berempah Bebek Berontak yang Dibalur 15 BumbuEmpuk Berempah Bebek Berontak yang Dibalur 15 Bumbu Foto: Sayoto Ashwan


Menu bebek berontak, dipilih karena rasanya yang pedas. Lantaran pedas yang tidak cepat hilang membuat penikmatnya akan merasa berontak. Pedasnya menu ini tidak mengandalkan cabai, namun dari beragam bumbu rempah yang digunakan.


Untuk mendapatkan daging bebek yang empuk, Sigit tidak memasak dengan cara merebus atau bacem atau memasak dengan bumbu dan sedikit air. Hal itu menjadi rahasia dari warung ini untuk menghasilkan daging yang empuk dan bumbu meresap sampai ke dalam.

"Keunggulan kita dagingnya pasti empuk dan bumbunya sampai dalam dan pedasnya dari rempah," katanya.

Bagi pengunjung yang merasakan kepedasan, tidak perlu khawatir. Warung ini menawarkan berbagai jenis jamu tradisional. Mulai dari jamu kunir asam, beras kencur sampai dengan jamu asam urat disiapkan di warung ini.

Empuk Berempah Bebek Berontak yang Dibalur 15 BumbuEmpuk Berempah Bebek Berontak yang Dibalur 15 Bumbu Foto: Sayoto Ashwan


Satu porsi makan bebek berontalk dengan minuman satu gelas jamu dipatok dengan harga sekitar Rp25.000. Pengunjung juga akan betah, lantaran warung ini menyediakan pemandangan persawahan yang sejuk dan asri.

"Jadi di sini kita tidak hanya makan, tetapi juga bisa minum jamu. Ini cocok untuk masa pandemi Covid-19," kata Aris Triyanto, salah satu pengunjung.

Menurutnya daging bebek brontak ini tidak alot ataupun lembek. Empuknya pas dan bumbu yang dibalurkan pada daging menjadikan rasanya gurih, pedas nikmat.



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Bebek Bakar Daun Pisang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)