5 Tips Foto Makanan Kece Biar Jualan Makin Cuan

Faidah Umu Safuroh - detikFood Minggu, 20 Sep 2020 13:36 WIB
Foto makanan Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Saat ini bisnis usaha mikro kecil dan menengah menjadi sektor yang terdampak parah saat pandemi. Namun, di antara berbagai jenis usaha di bidang UMKM, bisnis makanan menjadi bisnis yang mampu bertahan dengan baik hingga sekarang.

Tak ayal banyak orang yang mulai melirik bisnis makanan saat pandemi. Jualan makanan secara online pun menjadi inovasi dan pilihan banyak pelaku usaha makanan untuk bertahan. Namun, persaingan bisnis makanan online tidak semudah kelihatannya.

Para pelaku harus memiliki strategi agar dagangannya menarik dan laku saat dijual secara online. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu memberikan tampilan makanan yang menarik. Makanan dengan plating yang tertata rapi jauh lebih menggiurkan untuk dibeli.

Berikut 5 tips foto makanan yang detikFood lansir dari akun Instagram @grabmerchantid. Semoga bisa membantu bisnis makanan makin cuan, ya!

1. Pencahayaan Foto Jelas dan Terang

Pastikan untuk memperhatikan pencahayaan saat memfoto produk makanan. Cahaya alami seperti matahari merupakan pencahayaan terbaik. Namun jika dirasa kurang, bisa ditambah dengan cahaya tambahan dari lampu dan atur sehingga mendapatkan komposisi cahaya yang tepat.

2. Kualitas Foto Jelas, Tidak Pecah atau Blur

Pastikan objek makanan fokus saat difoto jangan sampai goyang dan menjadi blur. Selain itu, perhatikan juga bagian-bagian yang ingin ditonjolkan dari makanan tersebut. Foto burger, misalnya, kameramen bisa mengambil fokus di lelehan keju dan daging yang tebal, sehingga akan tampak lebih menggiurkan.

3. Tidak Ada Bayangan yang Menghalangi Detail Makanan

Hal ini juga penting untuk diperhatikan. Bayangan bisa mengganggu hasil foto makanan. Jadi pastikan tidak ada benda-benda yang menghalangi cahaya dan foto di tempat yang tidak membelakangi cahaya sehingga bayangan tidak akan terjadi.

4. Fokus Terhadap Satu Makanan Saja

Untuk foto produk makanan, akan lebih bagus jika fokus terhadap satu makanan saja dibandingkan menggabungkan beberapa makanan dalam satu frame. Hal ini akan membantu pembeli fokus terhadap makanan yang akan dibeli dan tidak terkecoh dengan makanan atau menu lainnya.

5. Angle Foto Diusahakan 45 Derajat

Angle foto untuk makanan yang paling bagus adalah 45 derajat. Jangan ambil dari atas karena kesan gambar akan menjadi flat dan tidak menarik. Dengan angle 45 derajat, foto makanan akan terlihat lebih sempurna sebab bagian atas hingga bawah akan ikut terfoto sehingga pembeli juga bisa melihat detail makanannya.

Itu dia tips foto menu makanan agar hasilnya bagus dan menarik perhatian banyak pembeli. Selain tips di atas, pastikan penjual juga memperhatikan ukuran foto-foto sesuai kebutuhan di aplikasi ya. Gambar dengan ukuran yang sesuai akan membuatnya tidak terpotong, pas, dan menarik dilihat oleh konsumen.

Para pelaku bisnis makanan juga bisa menjualnya di aplikasi serba bisa Grab. Bergabung di Grab sebagai merchant bisa memperluas pasar, dari yang tadinya hanya satu daerah jadi bisa menjual ke beberapa daerah.



Simak Video "Chef Arnold, Gibran dan Kaesang Kolaborasi Bisnis Kuliner Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)