Tanpa Disadari Ada Segudang Manfaat Memasak di Rumah, Apa Saja?

Nurcholis Maarif - detikFood Sabtu, 19 Sep 2020 11:37 WIB
Cleaning wood cutting board in kitchen sink Foto: iStock
Jakarta -

Memasak di rumah ternyata memiliki manfaat lebih banyak dari yang dikira orang. Manfaat itu berpengaruh untuk pikiran, kesehatan, pasangan, keluarga, dan termasuk keuangan.

Dilansir dari liketocook, ada banyak manfaat memasak dari rumah. Pertama, memasak bisa jadi aktivitas untuk menghilangkan stres yang baik. Buat seorang pekerja yang setiap hari bekerja di kantor, memasak merupakan aktivitas yang dapat menghilangkan ketegangan atau stres yang menumpuk.

Sebab memasak membutuhkan perhatian penuh. Saat menimbang mentega atau gula, atau mengocok telur, akan muncul perasaan lebih tenang.

Manfaat kedua, memasak membuat lebih bahagia. Penelitian menunjukkan memasak bisa menjadi aktivitas terapeutik. Dengan hanya memanggang kue mangkuk atau sesuatu yang sederhana terbukti meningkatkan pola pikir seseorang.

Ketigam, dapat meningkatkan kepercayaan diri. Seperti halnya menyelesaikan sebuah proyek dan menunjukkan hasilnya kepada orang lain, memasak yang membutuhkan waktu yang lama lalu menghidangkannya ke orang lain merupakan prestasi tersendiri.

Keempat, dapat membantu depresi dan masalah mental lainnya. Pada tingkat yang lebih serius, memasak jadi bagian dari pengobatan untuk berbagai kondisi mental karena pasien benar-benar memfokuskan pikirannya pada sesuatu yang positif.

Kemudian kelima dapat membantu pasangan dan keluarga, terutama karena memasak dapat mengumpulkan seluruh anggota keluarga dan waktu yang dihabiskan selama memasak maupun saat menyantap hidangannya.

Selanjutnya, dapat menemukan bahan baru untuk memasak membuat seseorang lebih senang dan lebih kreatif. Sebab semakin berimprovisasi, maka akan semakin lebih banyak belajar sesuatu yang baru. Bila perlu ciptakan menu baru agar lebih kreatif.

Ketujuh, memasak bisa jadi cara untuk menghabiskan waktu saat berkumpul dengan komunitas. Ini artinya memasak bisa membantu bersosialisasi. Paling penting, memasak sendiri lebih sehat dibanding harus membeli makanan siap saji. Ini juga lebih hemat jika harus memesan makanan terus menerus.

Nah, pembatasan sosial yang memaksa masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, jadi momen yang pas untuk lebih sering memasak. Soal bahan-bahannya, tak usah khawatir karena saat ini sudah tersedia belanja secara daring. Misalnya layanan GrabMart dari Grab.

Di GrabMart Anda bisa mendapat bahan-bahan seperti sayuran segar, buah-buahan dan kelengkapan bumbu dapur lainnya. Layanan ini tergolong praktis karean bisa diantar ke rumah. Grab juga telah membekali mitranya dengan protokol kesehatan.

(prf/ega)